Peran Persatuan dalam Kegiatan Gotong Royong di Kalangan Generasi Z
Abstract
abstrak—Generasi Z tumbuh di era digital dengan kecenderungan gaya hidup individualis, sehingga keterlibatan mereka dalam kegiatan sosial seperti gotong royong menjadi tantangan tersendiri. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran persatuan memengaruhi partisipasi Gen Z dalam kegiatan gotong royong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat, sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil kajian menunjukkan bahwa 1. Gen Z memiliki kesadaran akan pentingnya persatuan. 2. memiliki karakter yang lebih mandiri dan berbasis digital. 3. Media sosial berperan sebagai alat utama koordinasi.4. Gotong royong dipahami sebagai bentuk kolaborasi sukarela, bukan kewajiban. Media sosial juga menjadi sarana utama mereka dalam membangun koordinasi dan semangat persatuan. 5. Gaya hidup digital yang tertutup menjadi tantangan. Kesimpulannya, persatuan tetap berperan penting dalam mendorong keterlibatan Gen Z, namun diperlukan pendekatan yang kreatif, sesuai minat, dan berbasis teknologi agar nilai gotong royong tetap relevan dan diterima oleh generasi ini.
Abstract— Generation Z grew up in the digital era with a tendency towards an individualistic lifestyle, so their involvement in social activities such as mutual cooperation is a challenge in itself. This article aims to examine how the role of unity influences Gen Z's participation in mutual cooperation activities. The method used in this study is the SLR method. The data in this study uses secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and books nationally. The data collection technique uses the listening and recording technique, while the validation technique uses theory triangulation. The results of the study show that 1. Gen Z is aware of the importance of unity. 2. has a more independent and digital-based character. 3. Social media acts as the main tool for coordination. 4. Mutual cooperation is understood as a form of voluntary collaboration, not an obligation. Social media is also their main means of building coordination and a spirit of unity. 5. A closed digital lifestyle is a challenge. In conclusion, unity still plays an important role in encouraging Gen Z involvement, but a creative, interest-based, and technology-based approach is needed so that the value of mutual cooperation remains relevant and accepted by this generation
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, R., Azahra, I. N., & Qolbi, S. A. N. (2025). Efektivitas Metode Simak-Respons dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak pada Siswa SMP Kelas VII. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 225-234.
Palupi, MT, & Endahati, N. (2021). Kesantunan berbahasa di media sosial online: tinjauan deskriptif pada komentar berita politik di facebook. Jurnal Skripta , 5 (1). https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.125.
Siregar, C. (2014). Pancasila, Keadilan Sosial, dan Persatuan Indonesia. Humaniora, 5 (1), 107–112. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2988.
Asy-Syawi, T. M. (1997). Syura bukan demokrasi. Indonesia: Gema Insani Press.
Santoso, AB, & Dawwas, R. (2022). Upaya Penanggulangan Disintegrasi Nasional dalam Menjaga Persatuan Indonesia. Ujian: Jurnal Hukum, 1 (1), 20-26. https://doi.org/10.37729/eksaminasi.v1i1.1186.
Suratman, E., & Sugiono, S. (2023). Implementasi ajaran kasih dalam mewujudkan sila persatuan Indonesia di tengah-tengah kemajemukan. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 6(1), 17-35. https://doi.org/10.47457/phr.v6i1.302.
Dewi, J., Shokib Rondli, W., & Fajrie, N. (2023). Nilai-Nilai Persatuan Yang Terkandung Dalam Film Animasi Adit Dan Sopo Jarwo Episode Upacara Kemerdekaan Indonesia. Inovatif: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial , 3 (5), 10391–10400.
Hamid, Solihin I., dkk. “Implementasi Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Model Role Pembelajaran Playing di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu, vol. 5, tidak. 6, Des 2021, hlm. 5731-5738, doi: 10.31004/basicedu. V 5i6.1602.
Sianturi, Y. R., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari dan sebagai pendidikan karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222-231.
NurWulan, H., Widiyawati, L. T., Muhamad, A. M., & Anbiya, B. F. (2024). Aktualisasi Nilai-Nilai Persatuan Menurut Qs. Ali-Imran Ayat 103 Dalam Konteks Keindonesiaan. At-Thullab: Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 6(1), 1461-1474. https://doi.org/10.20885/tullab.vol6.iss1.art1
Setyawan, B. W., & Nuro’in, A. S. (2021). Tradisi Jimpitan Sebagai Upaya Membangun Nilai Sosial dan Gotong Royong Masyarakat Jawa. DIWANGKARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya Jawa, 1(1).
Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Dosen: Jurnal Pendidikan, 11 (2), 225–238. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724
Unayah, N. (2017). Gotong royong sebagai modal sosial dalam penanganan kemiskinan. Sosio Informa, 3 (1). https://doi.org/10.33007/inf.v3i1.613.
Rolitia, M., Achdiani, Y., & Eridiana, W. (2016). Nilai Gotong royong untuk memperkuat solidaritas dalam kehidupan masyarakat kampung naga. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1). https://doi.org/10.17509/sosietas.v6i1.2871.
Brahmana, E. B., Rochayanti, C., & Susilo, M. E. (2009). Nilai-nilai gotong-royong dalam tari mbuah page analisis semiot. https://doi.org/10.31315/jik.v7i1.8.
Mooduto, M. N., & Otaya, L. G. (2023). Insersi Nilai Gotong Royong Melalui Profil Pelajar Pancasila. Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 100-110.
Istiqomah, F., Faiz, M., & Rosmilawati, I. (2024). Memaknai Kearifan Lokal dalam Kegiatan Gotong Royong untuk Membentuk Budaya Positif Siswa SD Negeri Kebaharan 1 Kota Serang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9 (2), 457-465. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.837.
Hanifa, S., Anggraeni Dewi, D., & Saeful Hayat, R. (2024). Analisis Fenomena Degradasi Budaya Gotong Royong. Jurnal Intelektual Indo-MathEdu, 5 (1), 820–829. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.704.
Maulida, M., Anggraini, F., & Hasanah, U. (2025). Membangun Karakter Masyarakat Melalui Kegiatan Gotong Royong di Gampong Lam Duro. Desultanah: Journal Education and Social Science, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.69548/d-jess.v3i1.40.
Ismail, D. H., & Nugroho, J. (2022). Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1300-1307. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.566.
Nabila, LN, Utama, FP, Habibi, AA, & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan, 4 (1), 28–36. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113.
Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J. F. E., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2024). Pendidikan karakter Gen Z di era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Wijiastuti, P., Azahro, H., & Edward, A. (2025). Analisis Kesadaran Ancaman Phising Di Social Media Terhadap Gen Z di Indonesia Rentang Umur 12-27 Tahun Menggunakan Metode Likert. Jurnal Informatika Utama, 3(1), 82–93. https://doi.org/10.55903/jitu.v3i1.267.
Hanafie, AH, & Andi Haslindah. (2025). Penerapan Metode Swot Dan Qspm Dalam Strategi Pemasaran Buket Bunga Terhadap Generasi Gen Z. Jurnal Manajemen Rekayasa Dan Inovasi Bisnis, 3 (2), 65–76. https://doi.org/10.62375/jmrib.v3i2.553.
Lukmaditia, N. I. P., Mighfar, S., & Wahjono, S. I. (2024). Analisis Prilaku Gen Z Pada Lingkungan Kerja Di Era Globalisasi. SIMPOSIUM RISET EKONOMI, 1, 156-159.
Sakitri, G. (2021). "Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi!". Forum Manajemen, 35 (2), 1-10. Retrived from https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php.
Rusli, T. S., Kemala, R., & Nazmi, R. (2024). Pendidikan Karakter Gen-Z: Tips dan Trik Mendidik Karakter Gen-Z bagi Pendidik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ardiansyah, A., Nisa, K., & Amrin, A. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Perspektif Islam Pada Gen Z Di Era Globalisasi. Fikrah: Journal of Islamic Education, 7(2), 171-184.
Irfan, M. (2016). Crowdfunding sebagai pemaknaan energi gotong royong terbarukan. Share: Social Work Journal, 6(1). https://doi.org/10.32507/fikrah.v7i2.2453.
Zaman, SN (2024). Survey Deloitte: Kekhawatiran Gen Z dalam Hidup. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4 (1), 54–62.https://doi.org/10.37481/jmh.v4i1.658.
Idris, M. (2013). Hubungan Antara Gaya Hidup Modern dan Prinsip Individualisme Terhadap Perilaku Belajar Fisika SMA Negeri 17 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1 (2), 93-106. https://doi.org/10.24252/jpf.v1i2.1100.
MUBAROK, H., & WIDIYONO, A. (2024). Analisis pembiasaan disiplin siswa terhadap dimensi gotongroyong pada profil pelajar pancasila. Pendidikan: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 4 (4), 420-429. https://doi.org/10.51878/educational.v4i4.3752.
Batara, AS, Syafar, M., palutturi, sukri, & stang, stang. (2018). Pentingnya Kolaborasi Stakeholder Dalam Mewujudkan Terminal Sehat di Sulawesi Selatan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 1 (1), 17-20. https://doi.org/10.56338/mppki.v1i1.129.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.