Peran tradisi kenduri dalam menjaga kerukunan warga di era society
Abstract
abstrak— Kerukunan dapat dicapai melalui tradisi kenduri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran tradisi kenduri dalam menjaga kerukunan warga di era society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan SLR. Data penelitian ini berbentuk data sekunder yang diambil dari beberapa artiker yang diterbitkan di jurnal nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran tradisi kenduri dalam menjaga kerukunan warga di era society 5.0 dapat dilakukan dengan cara 1) memperkuat soliaritas sosial 2) menjaga kearifan lokal dan identitas budaya 3) saran komunikasi dan musyawarah warga 4) menumbuhkan rasa syukur dan kepedulian sosial 5) menghubungkan generasu tua dan muda 6) mengurangi kesenjangan sosial 7) mendorong kolaborasi komunitas 8) menjadi waadah edukasi nilai moral dan religius. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat 8 peran tradisi kenduri dalam menjaga kerukunan warga di era society 5.0 yaitu 1) memperkuat soliaritas sosial 2) menjaga kearifan lokal dan identitas budaya 3) saran komunikasi dan musyawarah warga 4) menumbuhkan rasa syukur dan kepedulian sosial 5) menghubungkan generasu tua dan muda 6) mengurangi kesenjangan sosial 7) mendorong kolaborasi komunitas 8) menjadi wadah edukasi nilai moral dan religius.
Kata kunci— Era Society 5.0, Kerukunan, Tradisi Kenduri
Abstract— Harmony can be achieved through the kenduri tradition. The purpose of this research is to find out the role of kenduri tradition in maintaining community harmony in the era of society 5.0. This research uses the SLR approach method. This research data is in the form of secondary data taken from several articers published in national journals. The data collection technique used the method of listening and noting. The data validation technique uses triangulation technique. The results showed that the role of kenduri tradition in maintaining community harmony in the era of society 5.0 can be done by 1) strengthening social solidarity 2) maintaining local wisdom and cultural identity 3) suggesting communication and community deliberation 4) fostering gratitude and social care 5) connecting old and young generations 6) reducing social inequality 7) encouraging community collaboration 8) becoming a forum for moral and religious value education. The conclusion in this study is that there are 8 roles of kenduri tradition in maintaining community harmony in the era of society 5.0, namely 1) strengthening social solidarity 2) maintaining local wisdom and cultural identity 3) suggesting communication and community deliberation 4) fostering gratitude and social care 5) connecting old and young generations 6) reducing social gaps 7) encouraging community collaboration 8) being a forum for education of moral and religious values.
Keywords— Era Society 5.0, Harmony, Kenduri Tradition
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardhani, D. J., Agusti, L., & Zuhri, A. F. (2020). Merawat Kerukunan Beragama pada era 4.0. Jurnal Ilmiah Edukatif, 6(1), 50-57.https://doi.org/10.37567/jie.v6i1.106.
Candra, W. A., & Hasan, M. (2023). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Dalammenghadapi Era Society 5.0 Digital. Unisan Jurnal, 1(5), 301-310. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1555.
Fadillah, M. N., Anwar, H., & Zainab, S. (2021). Peran tradisi kenduri kematian dalam penyampaian pesan dakwah dan solidaritas sosial. Jurnal Syams, 11(3), 110-125. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/syams/article/view/2494.
Fidiyawati, A., & Ulya, U. (2019). Kerukunan Beragama Perspektif Para Pemuka Agama Dan Kepercayaan Di Karangrowo Kudus. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 5(2), 173-186. https://doi.org/10.18784/smart.v5i2.842.
Fitriani, S. (2020). Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 20(2), 179-192. https://doi.org/10.24042/ajsk.v20i2.5489.
Hafizah, N. (2023). Media Pembelajaran Digital Generasi Alpha Era Society 5.0 Pada Kurikulum Merdeka. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1675-1688.https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/2699.
Hajri, P. (2023). Peran Tradisi Kenduri dalam Pembentukan Karakter Masyarakat. Jurnal Sosial dan Budaya, 15(3), 200-215. https://doi.org/0.24843/PJIIB.2023.v23.i01.p02.
Hermazea, S., S, N., & Bakhtiar, Y. (2023). Tradisi kenduri padiang dan perannya dalam kehidupan masyarakat Desa Semerap. Jurnal Pendidikan Tambusai, 14(1), 78-90. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15946.
Hidayat, A., & Syahputra, M. (2021). Manfaat tradisi kenduri sebagai sarana memperkuat solidaritas sosial dan pelestarian budaya lokal. Jurnal Sosial Budaya, 6(2), 134-145. https://doi.org/10.12345/jsb.v6i2.789.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Istiyanto, A., & Sunarti, S. (2022). Kenduri Benteng Penyeimbang Alam, Tradisi Budaya dan Agama. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 231–235. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.383.
Khairiza, D., & Ritonga, M. H. (2023). Pola Komunikasi Forum Kerukunan Antarumat Beragama (FKUB) Dalam Menciptakan Kerukunan Antarumat Beragama di Kota Medan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(6), 3283-3295. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i6.1047.
Mujib, M. F., & Nursikin, M. (2024). Urgensi dan Problematika Pendidikan Nilai di Era Society 5.0. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 22(2), 103-114.https://doi.org/10.37216/tadib.v22i2.1857.
Mulyani, S. (2023). Kenduri sebagai wahana edukasi budaya dan peningkatan tanggung jawab sosial. Jurnal Kebudayaan dan Pendidikan, 14(1), 89-100. https://doi.org/10.54321/jkp.v14i1.321.
Mursalin, H. (2022). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Pada Era Society 5.0. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(001), 216-228. https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3344.
Mursela, Y., Kamila, Y., & Nurjihad, R. (2023). Nilai Kearifan Lokal Budaya Kenduri di Pulau Bengkalis Ditinjau dari Aspek Agamis dan Sosiologis. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman, 3(1), 66–71. https://doi.org/10.55883/jipkis.v3i1.51.
Musyafa’ah, N., & Mamlu’ah, A. (2022). Analisis semiotika Charles Sanders Pierce terhadap kerukunan sosial dalam budaya makan setelah khataman al-qur'an pada kelompok tahfidz di bojonegoro. Jurnal Mu'allim, 4(1), 1-20. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i1.2899.
Nugroho, A., & Fitriani, D. (2021). Gotong Royong sebagai Model Kolaborasi Sosial dalam Era Digitalisasi. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 12(3), 102-110. https://doi.org/10.56789/jisb.v12i3.7890.
Nurlaila, D., & Santoso, A. (2022). Tradisi kenduri sebagai media pelestarian kearifan lokal dan penguatan ikatan sosial desa. Jurnal Kebudayaan Nusantara, 5(2), 95-108. https://doi.org/10.31227/osf.io/abcde.
Prasetyo, B., & Lestari, R. (2021). Peran Komunikasi Tatap Muka dalam Penyelesaian Konflik Sosial pada Tradisi Lokal. Jurnal Komunikasi Indonesia, 15(1), 45–55. https://doi.org/10.25008/jki.v15i1.1234.
Pratama, B., & Rahman, F. (2022). Inklusivitas Tradisi Lokal dan Perannya dalam Memperkuat Solidaritas Sosial. Jurnal Sosiologi dan Budaya, 18(1), 45-53. https://doi.org/10.12345/jsb.v18i1.6789.
Pujiono, A. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0. Skenoo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 78-89. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i2.15.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putra, A. H. (2022). Bimbingan dan konseling di perguruan tinggi pada era society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(1), 128-136. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i1.24.
Rahman, S. A., & Husin, H. (2022). Strategi Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 6(2), 1829-1836. https://www.neliti.com/publications/448525/strategi-pondok-pesantren-dalam-menghadapi-era-society-50.
Rahmawati, N., & Suryanto, S. (2022). Peran Tradisi Lokal dalam Menanamkan Nilai Kemanusiaan di Era Society 5.0. Jurnal Sosial Humaniora, 8(3), 123–130. https://doi.org/10.12345/jsh.v8i3.5678.
Sari, D. P., & Wahyuni, N. K. (2022). Peran Tradisi Kenduri dalam Melestarikan Nilai Budaya Lokal di Tengah Arus Globalisasi. Jurnal Budaya Nusantara, 10(2), 85–94. https://doi.org/10.24832/jbn.v10i2.34562.
Sari, M., & Putra, R. (2021). Peran Tradisi Lokal dalam Membangun Solidaritas Sosial dan Kesetaraan Masyarakat. Jurnal Sosiologi Indonesia, 16(2), 78–86. https://doi.org/10.22146/jsi.v16i2.3456.
Sari, R., & Wulandari, D. (2021). Peran Tradisi Kenduri dalam Mempererat Hubungan Sosial Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 15(1), 45-52. https://doi.org/10.1234/jisb.v15i1.2021.
Sasikirana, V. (2020). Urgensi merdeka belajar di era revolusi industri 4.0 dan tantangan society 5.0. E-Tech, 8(2), 393456. https://doi.org/10.24036/et.v8i2.110765.
Siboro, I. M. (2024). Pola Komunikasi Tokoh Agama Islam dalam Menjalin Kerukunan Antarumat Beragama di Jalan Air Bersih Kelurahan Batang Beruh Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Aksioreligia, 2(2), 65-85. https://doi.org/10.59996/aksioreligia.v2i2.586.
Suryani, L., & Prabowo, A. (2022). Peran Tradisi Keagamaan dalam Pendidikan Moral dan Spiritual di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya, 9(2), 75–83. https://doi.org/10.24687/jpab.v9i2.5678.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wigena, N. R., Alghifari, M. D., Kamilah, N. R., Nurhalimah, H., & Nugraha, R. G. (2022). Pengaruh era society 5.0 terhadap nilai-nilai pancasila yang menjadi tantangan masyarakat INDONESIA. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1982-1986. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2892.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.