Peran Zoom dalam Memfasilitasi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Daring
Abstract
abstrak—Tujuan dari penelitian ini ingin meningkatkan peran zoom dalam memfasilitasi komunikasi efektif dalam pembelajaran daring. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan artikel secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian bahwa terdapat 1) Zoom Memungkinkan Komunikasi Sinkronis yang Efektif. 2) Fitur Chat Mendukung Komunikasi Tambahan yang Inklusif. 3) Fitur Screen Sharing Mempermudah Komunikasi Instruksional. 4) Zoom Menciptakan Lingkungan Komunikatif yang Responsif. Yang dapat dilakukan sebagai peran zoom dalam memfasilitasi komunikasi efektif dalam pembelajaran daring. Simpulan didalam penelitian ini bahwa terdapat 4 upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aplikasi zoom dalam memfasilitasi komunikasi di pembelajaran daring.
Kata kunci— Peran zoom, komunikasi efektif, pembelajaran daring.
Abstract—The aim of this study is to enhance the role of Zoom in facilitating effective communication in online learning. This research employs the Systematic Literature Review (SLR) method. The data used in this study are secondary data in the form of words, phrases, or clauses obtained from nationally published journals and books. Data collection techniques include observation and note-taking, while theory triangulation is used for data validation. The findings reveal four key points: (1) Zoom enables effective synchronous communication, (2) the chat feature supports inclusive supplementary communication, (3) screen sharing facilitates instructional communication, and (4) Zoom creates a responsive communicative environment. These serve as Zoom’s roles in supporting effective communication in online learning. The conclusion of this study highlights that there are four strategic efforts that can be implemented to enhance Zoom’s function in facilitating communication in online learning.
Keywords— The Role of Zoom, Effective Communication, Online LearningKeywords
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Problematika pembelajaran daring dalam perspektif mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 100-115. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.5340
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Genta Mulia, 12(2). file:///C:/Users/HP/Downloads/4.1+Mira+Juliya%20(2).pdf
Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Roblematika pembelajaran daringdi masa pandemi covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.447
Megantari, A. T., Nurlaeli, A., & Ma’sum, S. R. (2025). Strategi kepemimpinan kepala Madrasah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Islam era digital di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bekasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 697-704. https://doi.org/10.36835/jipi.v23i2.50
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129-135. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didakti…
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi COVID 19 bagi mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal basicedu, 5(1), 367-375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis efektifitas pembelajaran daring (online) untuk siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang pada saat pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-7. https://www.academia.edu/download/64275703/Analisis_Efektifitas_Pembelajaran_Daring.pdf.
Jahrir, A. S., & Tahir, M. (2021). Impact of zoom Application media as online learnig media during the covid-19 pandemic. Klasikal: Journal of education, language Teaching and science, 2(3), 9–18. https://doi.org/10.52208/klasikal.v2i3.64
Engko, C., & Usmany, P. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online. Jurnal Akuntansi, 6(1), 23-38. https://doi.org/10.30598/jak.6.1.23-38
Setyorini, E (2022). Efektifitas pemanfaatan zoom meeting terhadap bekerja dari rumah ada masa pandemi covid-19. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(1), 11-20. https://doi.org/10.51878/academia.v2i1.1076
Sukawati, S. (2021). Pemanfaatan zoom meeting dan google classroom dalam mata kuliah inovasi pembelajaran berbasis lesson study. Semantik, 10(1), 45-54. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54
Ramdani, A. K., Arifin, Z., & Fathurrohman, N. (2021). Pemanfaatan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di SMPN 1 Karawang Barat. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(02). https://doi.org/10.54069/attaqwa.v17i02.140
Wulandari, T. A. (2020). Pemanfaatan aplikasi zoom cloud meeting sebagai media e-learning dalam mencapai pemahaman mahasiswa di tengah pandemi covid-19. Jurnal Common, 4(2), 171-190. https://doi.org/10.34010/common.v4i2.4436
Wisman, Y. (2017). Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2039
Handayani, T. (2011). Membangun komunikasi efektif untuk meningkatkan kualitas dalam prosesbelajar mengajar. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(02), 273-302. https://doi.org/10.19109/td.v16i02.64
Asriadi, A. (2020). Komunikasi efektif dalam organisasi. Retorika: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 36-50. https://doi.org/10.47435/retorika.v2i1.358
Miftah, M. (2019). Strategi komunikasi efektif dalam pembelajaran. Jurnal Teknodik, 12(2), 084–094. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.473
Iswari, F. (2022). Strategi komunikasi efektif guru dalam pembentukan karakter siswa SMPN 64. Gandiwa Jurnal Komunikasi, 2(1), 12-19. https://doi.org/10.30998/g.v2i1.1033
Rahayu, F. R. (2023). Strategi komunikasi efektif guru dalam membentuk kepercayaan diri siswa di MTs YPK Cijulang. Jurnal Pelita Nusantara, 1(1), 116-123. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.128
Nasukah, B., Sulistyorini, S., & Winarti, E. (2020). Peran komunikasi efektif pemimpin dalam meningkatkan kinerja institusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 81-93. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/index
Maulia, S. (2023). Peran komunikasi efektif guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). file:///C:/Users/HP/Downloads/2310-Article%20Text-8096-1-10-20230812%20(1).pdf
Yanti, S. (2019). Peran komunikasi efektif dan efesien dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(1), 51-59. Retrieved from https://www.jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/70.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Fitriya, D., Magdalena, I., & Fauziah Fadhillahwati, N. (2021). Konsep pembelajaran daring di erapandemi COVID-19. Cerdika: Jurnal ilmiah Indonesia, 1(3),182-188.
Hidayat, M. T., Hasim, W., & Hamzah, A. (2024). Pembelajaran daring selama pandemi Covid-19: solusi atau masalah baru dalam pembelajaran? Journal Civics AndSocial Studies, 4(2), 47–56. https://doi.org/10.31980/journalcssv4i2.129.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Nasukah, B., Sulistyorini, S., & Winarti, E. (2020). Peran komunikasi efektif pemimpin dalam meningkatkan kinerja institusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 81-93. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/index
Sosiawan, E. A., & Ratnawati, R. (2023). Model komunikasi pembelajaran pedagogik pada Sekolah Menengah Pertama dalam pembelajaran daring Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 21(1), 163-176. https://doi.org/10.31315/jik.v21i1.6475
Mutaalimah, N. (2024). Penggunaan teknologi dalam mendukung pendidikan inklusif.
Sihombing, R. M., Sinaga, P. C., Seliqua, S., & Joharis, M. (2021). Manfaat aplikasi Zoom Meeting terhadap proses pembelajaran daring siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tiga Runggu. In Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, 3(1), 321-326 FBS Unimed Press. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43421/1/Fulltext.pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.