Peran Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa pada Konsep Pola Bilangan

Era Hesti Fitriani Hesti Fitriani, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Permainan congklak merupakan permainan tradisional yang tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia dengan nama yang berbeda-beda, tetapi juga mengandung nilai simbolis dan budaya yang mencerminkan warisan leluhur. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji permainan congklak dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa pada konsep pola bilangan. Metode di dalam penelitian ini adalah metode SLR dengan memanfaatkan data sekunder. Data yang dikumpulkan menggunakan metode  simak dan catat serta teknik triangulasi sebagai validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan congklak memiliki peran 1) melatih kemampuan prediksi dan perencanaan langkah, 2) membangun pemahaman pola dan urutan, 3) mengembangkan kemampuan analisis dan evaluasi, 4) meningkatkan kemampuan berhitung, serta 5) meningkatkan kemampuan berpikir reflektif. Simpulan ini adalah bahwa ada lima peran dari permainan congklak yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa pada konsep pola bilangan.

Kata kunci—berpikir logis, pola bilangan, permainan congklak

 

Abstract—Congklak is a traditional game that is widely played across various regions of Indonesia under different local names. Beyond its recreational purpose, it holds symbolic and cultural values that reflect ancestral heritage. The purpose of this study is to explore the role of congklak in enhancing students’ logical thinking skills within the context of number pattern concepts. This research employs a Systematic Literature Review (SLR) method utilizing secondary data. Data were collected through observation and note-taking techniques, with triangulation used for data validation. The results of the study indicate that congklak plays several important roles: (1) developing prediction and planning skills, (2) fostering understanding of patterns and sequences, (3) enhancing analytical and evaluative thinking, (4) improving arithmetic abilities, and (5) strengthening reflective thinking skills. The conclusion is that congklak contributes to five key aspects that support the development of students’ logical thinking abilities in relation to number patterns.

Keywords—logical thinking, number patterns, and the congklak game


Keywords


logical thinking, number patterns, and the congklak game

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, D. (2008). Matematika: kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Agustin, E., & Wintarti, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi pola bilangan. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 10-23. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m.

Ahmad, T. Y. (2022). Pengaruh media congklak dan motivasi terhadap keterampilan menghitung perkalian pada siswa kelas iii di sdn 1 limboto kab. Gorontalo. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Alamanda, D. T., Cahyani, V., Novianti, D. N., Hiyah, A., Haryono, Z., Suhendi, M. H., Nashrudin, M. A. M., Bekti, S. G., Jaman. M. B., Hananto, D. K., Fauziah, I. N., Kristi, N., Nawawi, M., Nulhakim, R. F., Xeonn, M. R., Hermawan, A., Ismail, U. H., Marina, I., Mellysaputri, H., Rismayanto, R., & Romdhona G. C. (2024). Aplikasi game theory dalam bisnis (Analisis permainan menggunakan permainan). Sumedang: CV. Mega Press Nusantara.

Amaliah, I. N. (2021). Barisan Aritmatika dan Geometri sekolah. Jombang: lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Andriawan, B. (2014). Identifikasi kemampuan berpikir logis dalam pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. MATHEdunesa, 3(2). 42-48. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n2.p%25p.

Anggraini, A. (2018). Keefektifan pembelajaran elektronik (E-Learning) sebagai pengganti perkuliahan konvensional untuk meningkatkan kemampuan analitis mahasiswa. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 95-105. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1101.

Annastasia, A. (2021). Congklak. Jakarta timur: Kanak.

Annisa, A. A., & Fatmahanik, U. (2023). Efektivitas model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) berbasis stem terhadap kemampuan berpikir logis siswa pada pembelajaran ipa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1), 30-43. Retrieved from https://etheses.iainponorogo.ac.id/31777/1/EFEKTIVITAS%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20CONTEXTUAL%20TEACHING%20AND%20LEARNING%20A5.pdf.

Ariyanti, S. N., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan siswa Smp kelas VIII dalam menyelesaikan soal pola bilangan berdasarkan kemampuan penalaran Matematik. Journal On Education, 1(2), 390-399. https://core.ac.uk/reader/268404870.

Azan, K., Pratama, Y., Fadhilaturrahmi, F., Nuhdi, A., Ritonga, M. W., Anugrah, I. R., Boangmanalu, I. A., Hardi, V. A., Ariefianto, L., & Ariana, N. P. A. (2021). Kapita Selekta Pendidikan. Riau: DOTPLUS.

Badriyah, B. (2016). Ensiklopedia Rumus Matika SMP kelas 7, 8, 9. : Pustaka Ilmu Pustaka.

Casrudin, C. (2024). Belajar harus menyenangkan; Senarsi pembelajaran berbasis budaya. Lamongan: Nawa Literasi Publishing.

Fatmawati, F., Sari, N. R., & Dewi, N. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis Adobe Flash pada materi pola bilangan siswa kelas VIII Mts Al-khairiyah Pipitan kota Serang. Tulisan Ilmiah Pendidikan, 10(2), 48-62. 10.54438/tulip.v10i2.219.

Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 91. https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1517.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta 14(1) 20-29. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kemampuan+evaluasi+dalam+matematika+&btnG=#d=gs_qabs&t=1750482810942&u=%23p%3DcSfvwnjs8-gJ.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Humairo, V. M., & Amelia, Z. (2020). Peningkatan kemampuan berhitung awal melalui modifikasi bentuk permainan congklak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 19-30. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.589.

Indriani, A., Zahwah, Z., & Syutaridho, S. (2025). Memahami cara belajar dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan. Pentagon: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 75. https://doi.org/10.62383/pentagon.v3i2.523Indriani.

Islahati, H. Z., Kusdayati, R. T., & Saluky, S. (2021). Implementasi bilangan bulat pada permainan Tradisional Congklak. Nurjati Journal of Mathematics and Mathematical Sciences (NJMMS), 1(2), 117. Retrieved from https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/njmms/article/view/9177.

Lily, N. M., Khotimah, N., & Maarang, M. (2023). Efektivitas permainan tradisonal congklak terhadap kemampuan berhitung anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 296-308. 10.37985/murhum.v4i1.214.

Mamoh, O. (2017). Meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui pembinaan berpikir logis dalam pembelajaran pada siswa SMP. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, 455-464. Retrieved from https://proceedings.ums.ac.id/knpmp/article/view/2264/2218.

Mubarokah, H. R., Pambudi, D. S., Lestari, N. D. S., Kurniati, D., & Jatmiko, D. D. H. (2023). Kemampuan berpikir komputasi siswa dalam menyelesaikan soal numerasi tipe akm materi pola bilangan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 343-355. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kemampuan+berpikir+komputasi+siswa+dalam+menyelesaikan+&btnG=#d=gs_qabs&t=1751292905214&u=%23p%3DKuxjz5UYuOwJ.

Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika pada materi pola barisan bilangan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 34-41. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.266.

Nafsia, A., Natal, Y. R., Mola, M. E., & Go’o, R. (2023). Pendampingan permainan teradisional congklak pada siswa kelas 1 sdk piga untuk menstimulus perkembangan fisik motorik. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(2), 583. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i2.1145.

Nataliya, P. (2015). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343-358. https://doi.org/10.22219/jipt.v3i2.3536.

Nuzulah, A., & Septiyana Wieka. (2025). Pembelajaran Matematika realistik berbasis Etnomatematika Tenun Suku Baduy pada materi Pola Bilangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(3), 176–185. Doi: https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i3.375.

Pamungkas, A. S., Setiani, Y., & Pujiastuti, H. (2017). Peranan pengetahuan awal dan self esteem matematis terhadap kemampuan berpikir logis mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 61-68. https://journal.unnes.ac.id/nju/kreano/article/view/7866.

Prasetyaningrum, E. Y. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa SDN Kletekan Kabupaten Ngawi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 92. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/linguista.

Pratiwi, P. A. C. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Tebak Gambar Profesi Berbasis Adobe Flash. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 416-424. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29421.

Puspamurti, D. Y., Ratnawati, I., & Sidyawati, L. (2023). Permainan Tradisional anak dalam Penciptaan desain motif Batik Tulis sebagai busana outer kekinian. Journal of Language Literature and Arts, 3(12), 1828-1847. https://doi.org/10.17977/um064v3i122023p1828-1847.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 1552-1561. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Putri, A. K., & Kurniawati, W. (2024). Meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan media congklak siswa kelas IV MI Al-Hadi II. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 16(1), 17-26. https://doi.org/10.31603/edukasi.v16i1.10966.

Rahmasari, S. M., Wardono, W., & Waluya, B. (2024). Analisis kesulitan siswa Sekolah Menengah Pertama dalam menyelesaikan soal cerita Matematika pada materi pola bilangan. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (411-416). https://proceeding.unnes.ac.id/prisma.

Rizal, D. A. (2024). Panduan berpikir logis. Yogyakarta: IRCiSoD.

Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai teknik belajar matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 144-150. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID.

Rukajat, A., & Makbul, M. (2022). Strategi meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini melalui media pembelajaran Pohon Hitung. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1386-1397. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.383.

Safari, Y., & Qia, S. Z. (2025). Penerapan soal Kombinasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 4(6), 3308-3316. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i6.19026.

Sari, N. I. P., Subanji, S., & Hidayanto, E. (2018). Diagnosis kesulitan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan. Jurnal Kajian dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 64-69. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm.

Sesrita, A., & Yarmi, G. (2023). Dampak permainan Tradisional Congklak terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1502-1512. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=dampak+permainan+tradisional+congklak+terhadap+kemampuan+literasi+&btnG=#d=gs_qabs&t=1751293675902&u=%23p%3D9oQldBPobIEJ.

Shoimah, R. N., Syafi’aturrosyidah, M., & Hadya, S. (2021). Penggunaan media pembelajaran konkrit untuk meningkatkan aktifitas belajar dan pemahaman konsep pecahan mata pelajaran Matematika siswa kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1-18. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/mida/article/view/4055/2417.

Siregar, T. (2025). Integrasi etnomatika dengan kearifan budaya lokal. Kuningan: Goresan pena.

Subekti, E. E. (2011). Menumbuh kembangkan berpikir logis dan sikap positif terhadap matematika melalui pendekatan matematika realistik. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v1i1.62.

Suharna, H. (2018). Teori berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Sumarsono, R. N. (2022). Permainan Tradisional Nusantara. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Surat, I. M. (2016). Pembentukan karakter dan kemampuan berpikir logis siswa melalui pembelajaran matematika berbasis saintifik. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 57-65. https://doi.org/10.59672/emasains.v5i1.20.

Suryadi, L., Pratiwi, N. E., Ardhy, F., & Riswanto, P. (2022). Penerapan data mining prediksi penjualan mebel terlaris menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (K-Nn)(Studi Kasus: Toko Zerita Meubel). JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 7(2), 174-184. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+prediksi+dan+perencanaan+langkah&btnG=#d=gs_qabs&t=1750393808978&u=%23p%3DFUm0p7ARii4J.

Syaharuddin, S., Pramita, D., & Sirajuddin, S. (2019). Pengenalan operasi tambah kurang melalui permainan congklak bagi siswa sekolah dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 01-06. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.900.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran, 2(1), 370-378. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wahyuddin, W., Satriani, S., & Asfar, F. (2021). Analisis kemampuan menyelesaikan soal high order thinking skills ditinjau dari kemampuan berpikir logis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 521-535. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3480.

Wijaya, R. V., Fitri, V., Valerie, C. Maxvellius, M. (2023). Anomali homo ludens dalam lorong waktu. Jakarta: PT. Pustaka Obor Indonesia.

Yuliansyah, Y. (2018). Pro UN Matematika SMK/MAK kelompok akuntansi dan pemasaran. Banjarbaru: Suka ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.