Memahami Peran Penting PPKn dalam Membentuk Generasi Berakhlak Mulia dan Berwawasan Kebangsaan

Elyasya Putri Alhidayah, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstract— The important role of Civic Education (PPKn) is in teaching society to think critically and act democratically. This study aims to examine the effect of PPKn in developing a morally upright and nationally aware generation. This study used a Systematic Literature Review (SLR) as its methodology. The secondary data that was used came from books, journals, and articles. Techniques for gathering data include observation and note-taking methods. Data validation is conducted using triangulation techniques. The results of this study aim to explore: 1) national insight, 2) importance of national insights, 3) the benefits of national insight, 4) the role of Pancasila and Civic Education. The conclusion of this study identifies five approaches to understanding the role of PPKn in shaping a morally upright and nationally aware generation.

 


Keywords


Pancasila Education, Role of Education, National Insight

Full Text:

PDF

References


Adrian, A (2024). Penanaman nilai moral pancasila di lingkungan sekolah berbasis agama prinsip kebhinekaan.jurnal on education.06(02).1-7. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/5069

Anugrah, A. Rahmat, R. (2024). Pendidikan karakter dalam perspektif kurikulum pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. jurnal pendidikan dan pembelajaran Indonesi,4(1). https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.403

Aryani, A. (2024). Pengembangan jiwa wawasan kebangsaan yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi AI. jurnal ilmu pendidikan , politik dan sosial Indonesia,1(03).1-7. https://doi.org/10.62383/aktivisme.v1i3.343

Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Yuherman, Y. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300-1309. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25109.

Bravelly, B. 2022).implementasi program pembinaan wawasan kebangsaan bagi generasi muda. jurnal administrasi publik ,1(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/download/40305/36093

Danniarti, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Wawasan Kebangsaan pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 7 Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 187-202. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1468.

Dinie, D. (2021).Peran pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter moral generasi mempersiapkan masa depan bangsa.jurnal basicedu.05(06).1-8. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621

Endang, E. (2023). Peran pendidikan dalam membentuk akhlak dan etika dalam masyarakat. Jurnal pendidikan profesi guru agama Islam. 03(05).1-15. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.403

Gelgel, I. P., & Hadriani, N. L. G. (2023). Memupuk wawasan kebangsaan yang pluralistik di kalangan generasi muda dalam menghadapi tantangan global. Pariksa: Jurnal Hukum Agama Hindu, 6(2), 41-50. https://doi.org/10.55115/pariksa.v6i2.2773.

Hakim, H. B. A. (2014). Wawasan Kebangsaan Kelompok Salafi di Nusa Tenggara Barat: Studi Kelompok Salafi di Pondok Pesantren Daarusy-Syifaa’. Harmoni, 13(2), 70-86. https://jurnalharmoni.kemenag.go.id/index.php/harmoni/article/view/127.

Hasibuan, R. S., Syuhanda, A., Fachrurrozy, M., Efendi, S., & Idris, F. (2022). Wawasan Kebangsaan untuk Kaum Milenial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(281-321. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=wawasan+&btnG=#d=gs_cit&t=1731246823747&u=%2Fscholar%3Fq%3Dinfo%3AtTc5FsXAC8EJ%3Ascholar.google.com%2F%26output%3Dcite%26scirp%3D7%26hl%3Den

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf

Japar, J. 2019). Media dan teknologi pembelajaran ppkn. Jurnal jakad publishing. 1(01).1-81. https://books.google.co.id/books

Kurniawan, E., Wijayanti, T., & Pramono, D. (2022). Kajian Implementasi Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Kota Semarang. Jurnal Riptek, 16(2), 161-169. https://riptek.semarangkota.go.id/index.php/riptek/article/view/171.

Luh, L. (2022).Sumber belajar Pendidikan Kewarganegaraan Mengenai negara Kesatuan Republik Indonesia di sekolah dasar. Jurnal kewarganegaraan. 6(2). https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3096/pdf

Norlaila, N., Diman, P., Linarto, L., Poerwaka, A., & Setyoningsih, R. A. (2022, May). Representasi Nilai-Nilai Sosial Dalam Karungut. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya. 1(1), 125-136. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.149

Novembri, R. (2022). Implementasi Nilai Kemanusiaan bagi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pijar: Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 16-21. https://doi.org/10.56393/pijar.v2i1.1126.

Nyoto, N., Nyoto, R. L. V., Renaldo, N., & Purnama, I. (2022). Peran Pemuda Mengisi Kemerdekaan Bangsa Melalui Pemantapan Wawasan Kebangsaan. JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 65-73. https://doi.org/10.35145/judikat.v2i2.2813.

Nyoto. N, (2024).mengisi kemerdekaan bangsa Melalui pemantapan wawasan kebangsaan. Jurnal pengabdian masyarakat, 2(2).1-9 https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JUDIKAT/article/view/2813/1019

Purwastuti, L. A., (2010). Model pendidikan berwawasan kebangsaan bagi anak usia dini sebagai sarana integrasi bangsa. Jurnal kependidikan, 40(01)1-20. https://doi.org/10.21831/jk.v40i1.516

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Putri, M. F. J. L., Putriani, F., Santika, H., Mudhoffar, K. N., & Putri, N. G. A. (2023). Peran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 1983-1988. https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5576.

Rahma, A. N. (2013). Analisis tindak tutur ilokusi dalam dialog film animasi meraih mimpi. Surabaya, Indonesia: Doctoral dissertation, Universitas Airlangga.

Rahmat., (2024). Pendidikan karakter dan perspektif kurikulum pendidikan dan kewarganegaraan. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Indonesia. 04(01).1-13. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.403

Rasyid, R. A. (2024). Pengembangan sikap positif dalam kesadaran sosial untuk membangun kohesi Di Masyarakat. Jurnal pendidikan dan ilmu sosial. 05(02).1-10. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v5i2.271

Retnasari, L., & Hidayah, Y. (2019). Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Warga Negara Muda di Era Globalisasi melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi (Studi pada Mahasiswa PGSD UAD). Jurnal Basicedu, 4(1), 79-88. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=menumbuhkan+sikap+nasionalisme+warga+negara+di+era+globalisasi+melalui+pendidikan+Kewarganegaraan+di+perguruan+tinggi&btnG=.

Rifda, E. F., Syaiful, A. (2018). Urgensi pengembangan kurikulum pendidikan Islam berwawasan kebangsaan. Jurnal pemikiran Islam. 23(2).1-20. https://doi.org/10.32332/akademika.v23i2.1246

Rizal, (2022). Integrasi nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam kurikulum pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Jurnal bhineka tunggal Ika. 09(02). -231. https://scholar.archive.org/work/icglwslidndcbc7ixu6w4apcvu/access/wayback/https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/download/19413/pdf

Sabitul, K. (2020). Penanaman nilai pendidikan karakter berwawasan kebangsaan pada mahasiswa melalui pembelajaran menulis. Jurnal ilmiah wahana pendidikan, 6(04).1-9. https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP

Sari., (2023).profil pelajaran Pancasila Dalam pengembangan kreativitas pembelajaran ppkn. jurnal serunai Pancasila dan kewarganegaraan.12(01).1-10. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jg/article/view/796/514

Sofyan, F. S., & Sundawa, D. (2015). Hubungan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan peningkatan wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 185-198. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1455.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.