Desain Aplikasi Bataba (Kata Baku dan Tidak Baku) menggunakan Website Kodular

Novia Adinda Aji Ramadhani, Rani Ayuni Fi'ana, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstract—Applications are software created to meet the needs of their users. This research aims to determine the design stages of the Bataba application design (standard and non-standard words) using a modular website. This research uses a research method in the form of using the System Development Life Cycle method or what is commonly known as SLDC, then the waterfall model is also used in this SLDC research method. The design of the Bataba application (standard and non-standard words) using this modular website has 4 stages in the design, namely: 1) System analysis, 2) Design, 3) Implementation and testing, and 4) Maintenance.


Keywords


Application, Standard Word, Codular

Full Text:

PDF

References


Agung, B. (2024). Pemanfaatan smartphone dalam pendidikan. Bogor: Guepedia.

Anggrawan, A., Herawati, B. C., Datya, A. L., Angellia, F., Kuntarto, G. P., Hidayat, S., Nurfatma, M., Umami, I., Miranda, E., Gunawan, I. P. (2023). Komputer & Masyarakat (Teori dan Penerapan Komputer Masyarakat Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Arnaz, A., Wahyuni, Y., Khairudin, K., & Fauziah, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berupa Aplikasi Android Menggunakan Kodular Pada Materi Relasi dan Fungsi Untuk Siswa Kelas VIII SMP. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 185-193. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v6i2.226.

Awalia, L. M., Pratiwi, I. A., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu, 5(5), 3940-3949. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1354.

Bumi, K. R. R., & Nurpulaela, L. (2023). Perancanagn dan implementasi aplikasi sistem monitoring kadar glukosa darah dan tingkat dehidrasi berbasis Internet Of Things (IOT). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(3), 1913-1917. https://doi.org/10.36040/jati.v7i3.6956.

Devianty, R. (2021). Penggunaan Kata Baku Dan Tidak Baku Dalam Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 121-132. http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v1i2.1136.

Kartika, Y., Husnidar, H., & Hayati, R. (2023). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Digital berbasis Android Menggunakan Kodular pada Mata Kuliah Geometri. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 103-109. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2206

Latifah, A., & Wathon, A. (2024). Manfaat Aplikasi Komputer Terhadap Program Kehadiran Anak. Sistim Informasi Manajemen, 7(1), 235-257. https://oj.lapamu.com/index.php/sim/article/view/209

Liana, W., & Putra, S. H. (2023). Sistem Informasi Agenda Kegiatan Pam Obvit Polda Sumut Dalam Meningkatkan Efisiensi Jadwal Kerja. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2707-2717. http:/10.33395/jmp.v12i2.13351.

Munsi, M. F., Ismawar, I., & Kushardiyanti, D. (2024). Penyuluhan Kata Baku dan Tidak Baku pada Siswa SMPIT Sabilulhuda Kota Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 6(1), 42-50. http://dx.doi.org/10.24235/dimasejati.v6i1.14649 .

Ningrum, V. (2019). Penggunaan Kata Baku Dan Tidak Baku Di Kalangan Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional" VETERAN" YOGYAKARTA. Jurnal skripta, 5(2). https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.398.

Nurhayati, A. N., Josi, A., & Hutagalung, N. A. (2017). Rancang bangun aplikasi penjualan dan pembelian barang pada koperasi kartika samara grawira prabumulih. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 7(2), 13-24. https://doi.org/10.34010/jati.v7i2.490

Privana, E. O., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menulis Kata Baku dan Tidak Baku pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 22-25. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/arti.

Rasuli, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Kata Baku Dan Tidak Baku dengan Media Flash Card pada Siswa Kelas VI SDN Semaye Tahun Pelajaran 2018/2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(2). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v3i2.764.

Rohayah, S., Sasmito, G. W., & Somantri, O. (2015). Aplikasi Steganografi Untuk Penyisipan Pesan. Jurnal Informatika Ahmad Dahlan, 9(1), 10.26555/jifo.v9i1.a2038.

Rosiadi, I., & Kurniawan, A. W. (2023). Pengembangan pembelajaran materi lompat berbasis aplikasi untuk guru mata pelajaran PJOK Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Batu. JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 275-284. https://joker.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/37.

Syifani, D., & Dores, A. (2018). Aplikasi Sistem Rekam Medis Di Puskesmas Kelurahan Gunung. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 9(1), 22-31. https://doi.org/10.24853/justit.9.1.22-31.

Umam, N. (2022). Pengaruh kebiasaan menulis menggunakan kata baku di media sosial terhadap keterampilan menulis mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 127-134. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6980.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.