Upaya meningkatkan Kesadaran, Toleransi dan Partisipasi melalui Pendidikan Kewarganegaraan

Ika Lestari, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstract— Awareness, tolerance, and participation are important foundations in building an inclusive and harmonious society. The purpose of this research is to explore efforts that can be made to enhance public awareness of tolerance and participation in social life. The method in this research uses SLR. The data in this research uses secondary data taken from books and journals. The data collection technique uses the observation and note-taking method. The data validation technique uses triangulation. The results of this study indicate that there are efforts 1) to enhance tolerance in community life. 2) to increase participation in the democratic process. 3) to raise awareness about the importance of social interaction, which can be applied to improve awareness, tolerance, and participation through civic education. Conclude in this research that there are 3 efforts that can be applied to enhance awareness, tolerance, and participation through civic education.


Keywords


Awareness of tolerance and civic education

Full Text:

PDF

References


Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 103-109. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i2.3610.

Arliman, L. (2020). Tantangan pendidikan kewarganegaraan pada revolusi 4.0. Ensiklopedia Social Review, 2(3), 333-339. https://doi.org/10.33559/esr.v2i3.647.

Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, Arifiyanti, F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Anti-Corruption Education as an Effort to Form Students With Character Humanist and Law-Compliant. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1772.

Effendi, M. R., Alfauzan, Y. D., & Nurinda, M. H. (2021). Menjaga Toleransi Melalui Pedidikan Multikulturalisme. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 43-51. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.175.

Ernis, Y. (2018). Implikasi Penyuluhan Hukum Langsung terhadap Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 18(4).https://doi.org/10.56393/decive.v3i8.2047

Hadisaputra, P. (2020). Implementasi pendidikan toleransi di Indonesia. Dialog, 43(1), 75-88. https://doi.org/10.47655/dialog.v43i1.355.

Hidayah, Y., & Hamonangan, RP (2023). Rekognisi dan Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Konteks Pendidikan Bela Negara Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai , 7 (3), 25635–25643. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10694

Humaeroh, S., & Dewi, D. (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi dalam pembentukan karakter siswa. Journal on Education, 3(3), 216-222. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381.

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membangun karakter bangsa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84–92. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419.

Japar, M., Irawaty, I., & Fadhillah, D. N. (2019). Peran Pelatihan Penguatan Toleransi Sosial Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 94-104. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.8204.

Muda, K., & Tohar, S. N. A. M. (2020). Definisi, konsep dan teori toleransi beragama: Definition, concept and theory of religious tolerance. Sains Insani, 5(1), 194-199. https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol5no1.179.

Norlaila, N., Diman, P., Linarto, L., Poerwaka, A., & Setyoningsih, R. A. (2022, May). Representasi Nilai-Nilai Sosial Dalam Karungut. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya 1(1), 125-136. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.149.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705. https://www.academia.edu/download/78110722/pdf.pdf.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Safitri, AO, Dewi, DA, & Furnamasari, YF (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk pribadi yang berkarakter pada anak sekolah dasar. Jurnal Basicedu , 5 (6), 5328–5335. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1632.

Sakman, B. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan Dan Degradasi Moral Di Era Globalisasi. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 14(4), 01–08. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2511.

Sulaeka, B., & Susanto, R. (2023). Peran dan strategi guru dalam penanaman nilai toleransi sebagai upaya meminimalisir terjadinya bullying antar sesama siswa di sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1), 137-143. http://dx.doi.org/10.29210/023223jpgi0005.

Surhayanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegraan Dalam Mmembina Sikap Toleransi antar siswa . Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan sosial Politik , vol 1 no 2, 192-203.https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2833

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Wawaysadhya, W. (2022). Toleransi; Eliksir sosial yang padat syarat. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 611-618. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6658

Widiyanto, D. (2017). Penanaman Nilai Toleransi dan Keragaman Melalui Strategi Pembelajaran Tematik Storybook pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 28-36. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i2.4265

Wiratomo, GH, Wahono, M., & Kristiono, N. (2017). Model Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Oleh Guru PPKn Jenjang SMP di Kota Semarang. Integralistik, 28(2), 119-130. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5086.

Wulandari, Z. R., Azzahra, N., Wulandari, P., & Santoso, G. (2023). Memperkuat Jiwa Kewarganegaraan di Era Digital dengan Pendidikan Kewarganegaraan yang Komprehensif. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 415-424. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i2.354.

Yuniarti, V. (2016). Aplikasi Manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MAN Malang 1. Sinteks: Jurnal Teknik, 5(1).https://doi.org/10.21831/jump.v3i2.45799


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.