Peran Menyimak Estetika dalam menanggapi Pembacaan Puisi Cinta di kalangan Remaja

Maya Dwi Puspitasari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Menyimak estetika berperan penting dalam menanggapi pembacaan puisi cinta di kalangan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengerti, memahami, dan memperhatikan dalam pembacaan puisi cinta di kalangan remaja. Metode di dalam penelitian ini menggunakan SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal yang terbit secara nasional. Teknik pengumpulan data dengan Simak dan catat. Teknik validasi data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran menyimak estetika dalam menanggapi pembacaan puisi  cinta di kalangan remaja dapat dilakukan dengan cara 1) Menghargai keindahan Bahasa 2) Memahami nuansa emosional  3) Mengidentifikasi pesan moral dan filosofis. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat tiga peran menyimak estetika dalam menanggapi pembacaan puisi cinta di kalangan remaja.

Kata kunci—Menyimak Estetika, Pembacaan puisi cinta, Remaja.

 

Abstract—interpretation Paying attention to aesthetics plays an important role in responding to the reading of love poetry among teenagers. The aim of this research is to understand, understand and pay attention to the reading of love poetry among teenagers. The method in this research uses SLR. The data in this research uses secondary data taken from books and journals published nationally. Data collection techniques include listening and taking notes. The data validation technique uses data triangulation. The research results show that the role of listening to aesthetics in responding to the reading of love poetry among teenagers can be done by 1) Appreciating the beauty of language 2) Understanding emotional nuances 3) Identifying moral and philosophical messages. The conclusion of this research is that there are three roles of aesthetic listening in responding to the reading of love poetry among teenagers

Keywords—Aesthetic Listening, Reading love poetry, Teenagers.


Keywords


Aesthetic Listening, Reading love poetry, Teenagers.

Full Text:

PDF

References


Amanah, S., Mahendra, A. M. ., & Silaen, J. . (2023). Peran Konseling Keluarga dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3406–3409. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11542.

Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.

Ari, K. (2008). Musikalisasi puisi. Yogyakarta: Hiakayat

Daeng, K., Amir, J., & Hamsa, A. (2010). Pembelajaran Keterampilan Menyimak. Makasar: Penerbit UNM.

Dermawan, D., Halimah, leli. & Iskandar, S. (2006). Dasar teknologi informasi dan komunikadi. Bahan balajar mandiri. Bandung: UPI Press.

Fatimah, S., & Antika, F. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi 4.0. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683 – 1688. https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Hurlock, A. B.(1998). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang tentang kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayati dan Soedjarwo, Jakarta :Erlangga.

Kosasih, E. (2012). Dasar – dasar ketrampilan bersastra, Bandung: Utama Widiya.

Kumalasari, F., & Ahyani, N. L. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal psikologi pitutur, 1(1).

Misnawati, M. (2023). Linguistik Cinta. Badan Penerbit STIEPARI Press, 1-68. https://doi.org/10.61132/nakula.v1i5.313.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2 (3).

Nurhayati, Syambasril, & Ramdani, D. (2016). Pembelajaran Menyimak Berita di kelas VIII SMP LKIA Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 1–10. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14170/12679.

Piaget, J. (2021). Strukturalisme. Jakarta: Yogyakarta Obor Indonesia, 1995.

Pradopo, R. (2014). Pengkajian puisi, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pratomo, C., & Gumantan, A. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar pendidikan olahraga pada masa pandemi Covid-19 SMK SMTI Bandarlampung. Journal Of Physical Education, 2(1), 26 – 31.

Rachmawati, F. (2008). Dunia dibalik kata (pintar membaca). Yogyakrta :Grrraaa Aji Paramadina.

Santrock, J.W., Yussen, S.R. (1988). Child development. Iowa:Wm. C Brown Publisher.

Restu, Y., & Yusri. (2013). Studi tentang perilaku agresif siswa di sekolah. Jurnal Ilmiah konseling, 2(1), 243–249. Retrieved from https://unp.ac.id/index.php/konselor/article/viewFile/1074/932.

Sari, D. R., & Ramdani, D. (2013). Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak pada Siswa Kelas VII Semester I MTSN Sintang. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 2(3), 1-8.

Suhananto, S. (1981). Pengantar apresiasi sastra. Surakarta: Widya Duta.

Sukma, E. (2019). Literasi membaca puisi guru SD. Jurnal inovasi pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar, 3(1), 65. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106325.

Suparno, B. A., Muktiyo, W., & Susilastuti DN, S. D. (2016). Media Komunikasi Representasi Budaya dan Kekuasaan. UNS Press. https://doi.org/10.61132/nakula.v1i5.313.

Tarigan, H. G. (1986). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa (edisi revisi).Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan, H.G. (1990). Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Widianti, T., Djuanda, D., & Gusrayani, D. (2016). Meningkatkan ketrampilan menyimak dengan menerapkan model pembelajaran quantum dalam membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar (penelitian tindakan kelas dikelas IV SDN Sindang V kecamatan Sumedang Utara kabupaten Sumadang). Jurnal pena ilmiah. 1(1). http.//dx.doi.org /10.23819//pi.vlil.3049

Wijayanti, I. (2023). Poetry writing skills for grade IV SDIT ALIF students using the acrostic technique. LADU: Journal of Languages and Education, 3(4), 171–177. https://doi.org/https://doi.org/10.56724/v3i4.217.

Yuniar sih, N., & Julaeha, S. (2021). Peranan pemuda milenial dalam pembangunan Desa Sukaluyu Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Prosiding konferensi nasional penelitian dan pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1(1), 1406 – 1416.

Yuniarti, L. (2023). Kajian Stilistika: Analisis Gaya Bahasa Puisi ‘Aku Ingin’Karya Sapardi Djoko Damono Dalam Pembelajaran Sastra. Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 71-76. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v3i2.1701

Zulkifli. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.