Peran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam Menumbuhkan Jiwa Patriotisme pada Siswa Sekolah Menengah
Abstract
PPKn adalah mata pelajaran yang membentuk sikap dan keterampilan sebagai warga negara. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuhkan jiwa patriotisme pada siswa sekolah menengah. Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data dalam penelitian ini termasuk data sekunder yang berbentuk frasa, klausa, dan kalimat yang diambil dari buku dan jurnal nasional. Teknik pengumpulan data dengan metode simak dan catat. Data dianalisis dengan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peran 1) Mengajarkan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara 2) Melatih sikap patriotisme dalam kehidupan sehari-hari dan 3) Mengembangakan karakter warga negara yang baik yang dilakukan oleh peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuhkan jiwa patriotisme pada siswa sekolah menengah. Simpulan penelitian ini adalah terdapat tiga peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuhkan jiwa patriotisme pada siswa sekolah menengah.
Kata kunci—Jiwa Patriotisme, Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, Siswa Sekolah Menengah
Abstract—PPKn is a subject that shapes attitudes and skills as citizens. The purpose of this study is to determine the role of pancasila and citizenship education in fostering the spirit of patriotism in high school students. The method in this research uses the SLR method. The data in this study include secondary data in the form of phrases, clauses, and sentences taken from books and national journals. The data collection technique used the method of listening and noting. The data were analyzed using theoretical triangulation technique. The results showed that there is a role of 1) Teaching the values of Pancasila as the basis of the state 2) Training patriotism in everyday life and 3) Developing the character of a good citizen carried out by the role of Pancasila and citizenship education in fostering the spirit of patriotism in high school students. The conclusion of this study is that there are three roles of Pancasila and citizenship education in fostering the spirit of patriotism in secondary school students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, L. U., Suastra, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2013). Pengelolaan pembelajaran Ipa ditinjau dari hakikat sains pada smp di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal pendidikan dan pembelajaran ipa Indonesia, 3(1), 1-11. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/750.
Awaliyah, F., Aisiyah, A., Putra, F. E., & Santoso, G. (2022). Peradaban patriotisme dan nasionalisme; generasi muda sebagai landasan pembangunan karakter bangsa. Jurnal pendidikan transformatif, 1(3), 62-72. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i3.306.
Bahan, S., Nadziroh, N., & Chairiyah, C. (2021). Pengembangan media pakapin dalam pembelajaran tematik muatan PPKn pada siswa kelas II SD Pangudi Luhur St. Aloysius Sedayu. Trihayu: jurnal pendidikan Ke-SD-an, 8(1). 1259-1263. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11134.
Basuki, A., Adi, S. U., Yulianto, Y., Yudha, R., & Aditia, R. (2024). Manajemen penggelolaan peran kodim 0705/Magelang dalam meningkatkan nasionalisme dan animo masuk tni pada generasi muda di Magelang. Jurnal mahatvavirya, 11(2), 107-122. https://ojs.akmil.ac.id/index.php/mahatvavirya/article/view/224.
Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran pembelajaran Pkn SD dalam membentuk karakter moral siswa untuk mempersiapkan masa depan bangsa. Jurnal basicedu, 5(6), 5258-5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621.
Dewi, N. R., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran value clarification technique (vct) tipe percontohan terhadap hasil belajar siswa pada muatan PPKn kelas IV SDN 3 peresak tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal inovasi penelitian, 1(7), 1465-1474. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.265.
Dwiyanti, M., & Hidayat, A. (2023). meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan model baiman pada muatan PPKn kelas V SDN Alalak Selatan 1. Jurnal kiprah pendidikan, 2(3), 285-297. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i3.196.
Edi, C. (2014). Pilihan penggunaan metode pembelajaran PPKn angkatan 2010 di Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal inspirasi pendidikan, 4(1), 370-377. https://doi.org/10.21067/jip.v4i1.380.
Elida, N. (2012). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran think-talk-write (ttw). Infinity journal, 1(2), 178-185. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.p178-185.
Febriani, P. S., & Sarino, A. (2017). Dampak cara belajar dan fasilitas belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal manajerial, 16(1), 163-172. https://doi.org/10.17509/manajerial.v16i1.10584.
Firdaus, H. (2023). Menanamkan sikap cinta tanah air melalui pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar sebagai pilar patriotisme bangsa. Pendas: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 8(2), 1525-1534. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9491.
Hanifa, S., & Dewi, D. A. (2021). Kesadaran patriotik di Kalangan Mahasiswa. Jurnal pendidikan Indonesia, 2(04), 757-763. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.141.
Herdiansyah, R. F. P., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Membangun karakter siswa sekolah dasar melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal pendidikan tambusai, 5(3), 7176-7181. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2108.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Isnaini, H. (2019, October). Pembelajaran memahami karya sastra sebagai bagian pembelajaran kritik sastra pada siswa sekolah menengah atas. In prosiding seminar nasional pendidikan, 1(1), 1089-1094. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/155.
Jamaludin, J., Alanur, S., N., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan nilai profil pelajar pancasila melalui kegiatan kampus mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal cakrawala pendas, 8(3), 698-709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553.
Jannah, A., Widayati, W., & Kusmiyati, K. (2017). Bentuk dan makna kata makian di Terminal Purabaya Surabaya dalam kajian sosiolinguistik. Jurnal ilmiah fonema: jurnal edukasi bahasa dan sastra Indonesia, 4(2), 43-59. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.758.
Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran pendidikan pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal citizenship: media publikasi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 5(1), 1-25. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.23179.
Manurung, A. D. R. (2024). Pancasila sebagai sumber patriotisme dan nasionalisme kebangsaan. Jurnal persatuan nasional, 1(1), 37-45. https://jurnalpersatuannasional.id/index.php/jpnasional/article/view/10.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 2(2), 219-226. https://search.crossref.org/?q=jurnal+pendidikan+manajemen+perkantoran.
Muhammad, I., & Juandi, D. (2023). Model discovery learning pada pembelajaran matematika sekolah menengah pertama: a bibliometric review. Euler: jurnal ilmiah matematika, sains dan teknologi, 11(1), 74-88. https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.20042.
Mukhlis, A. (2016). Pembelajaran tutor sebaya: solusi praktis dalam rangka menyongsong pembelajaran sastra yang menyenangkan bagi siswa SMP. Jp-bsi (jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia), 1(2), 68-72. https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.93.
Patrecia, S. P., Irawan, D., & Amalia, F. A. (2024). Pengaruh jiwa patriotisme, kompetensi dan pengalaman terhadap kinerja bumdes di Mojokerto dengan mekanisme insentive sebagai variabel mediasi. Review of applied accounting research (raar), 3(2), 91-105. http://dx.doi.org/10.30595/raar.v3i2.20132.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Putri, N. E., Nirwana, H., & Syahniar, S. (2019). Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah atas. Jpgi (jurnal penelitian guru Indonesia), 3(2), 98-102. http://dx.doi.org/10.29210/02268jpgi0005.
Raharjo, R. (2020). Analisis perkembangan kurikulum PPKn: dari rentjana pelajaran 1947 sampai dengan merdeka belajar 2020. PKn progresif: jurnal pemikiran dan penelitian kewarganegaraan, 15(1), 63-82. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901.
Ramadani, T., Ahadin, A., & Fitri, A. (2024). Penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di Kelas IV SD Negeri Karang Anyar Kab. Nagan Raya. Cendikia: jurnal pendidikan dan pengajaran, 2(11), 91-108. https://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/3740.
Ramadhani, M. H., Musadad, A. A., & Pelu, M. (2018). Hubungan antara sikap toleransi dan pemahaman sejarah pergerakan nasional dengan patriotisme siswa. Candi: jurnal pendidikan dan penelitian sejarah, 18(2), 69-81. https://jurnal.uns.ac.id/candi/article/view/42749.
Rizqullah, T. M., & Najicha, F. U. (2022). Pengimplementasian ideologi pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jurnal kewarganegaraan, 6(2), 2630-2633. https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3072.
Samidi, R., & Kusuma, W. J. (2020). Analisis kritis eksistensi nilai patriotisme dalam pendidikan kewarganegaraan. Harmony: jurnal pembelajaran ips dan pkn, 5(1), 30-39. https://doi.org/10.15294/harmony.v5i1.40284.
Scristia, C. H., Hiltrimartin, C., & Santoso, B. (2018). Analisis konsepsi guru-guru matematika sekolah menengah tentang hakikat masalah matematika dalam pendekatan students centered learning (studi kasus dalam pembelajaran matematika di SMA Kota Palembang). Jurnal pendidikan matematika, 12(1), 79-88. file:///C:/Users/ACER/Downloads/Analisis_Konsepsi_Guru_Guru_Matematika_S.pdf.
Sugiman, A. M. R. (2017). Penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme melalui materi sikap semangat kebangsaan dan patriotisme dalam Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada pembelajaran PKn di SMAN 1 Pundong. Academy of education journal, 8(2), 174-199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370.
Syafi’i, I., Naimah, I., Ardiansyah, M. F., & Rif’ah, S. N. (2024). Bela negara sebagai tonggak peradaban jiwa patriotisme generasi muda era 5.0. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 6(1), 371-379. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5315.
Triswantono, D. R., & Antari, E. D. (2023). Peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menghadapi arus globalisasi. Journal of contemporary issues in Primary Education, 1(1), 8-15. https://doi.org/10.61476/hb6r6f85.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Widiastuti, N. E. (2021). Lunturnya sikap nasionalisme generasi milenial terhadap pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Indonesian journal of sociology, education, and development, 3(2), 80-86. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i2.44.
Wiwin, W., Maesaroh, W., Manalu, S., & Setiabudi, D. I. (2024). Hakikat pendidikan karakter pada siswa sekolah. Sindoro: cendikia pendidikan, 2(4), 101-110. https://doi.org/10.9644/sindoro.v2i4.1703.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.