Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa SMP melalui Aplikasi YouTube

Evi Agustina, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa SMP menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan YouTube sebagai media pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa SMP. Penelitian menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan analisis terhadap data sekunder berupa jurnal dan buku terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan video yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, pemanfaatan fitur pendukung seperti subtitle dan pengaturan kecepatan, dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran menyimak. Kesimpulannya, YouTube memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran interaktif yang mampu mendukung keterampilan abad ke-21, seperti komunikasi dan kolaborasi, yang esensial bagi siswa SMP di era digital.

 

Kata Kunci: keterampilan menyimak,  siswa SMP, YouTube

 

Abstract—Listening skills in junior high school students face various challenges, particularly in enhancing student engagement and comprehension. This study aims to explore the use of YouTube as an innovative and technology-based learning medium to improve students' listening skills. The research utilized the Systematic Literature Review (SLR) method, analyzing secondary data from relevant journals and books. The findings reveal that selecting videos aligned with students' comprehension levels, utilizing supportive features such as subtitles and speed adjustments. In conclusion, YouTube offers immense potential as an interactive learning medium, supporting 21st-century skills such as communication and collaboration, which are essential for junior high school students in the digital era.

 

Keywords: listening skills,  junior high school students, YouTube


Keywords


listening skills, junior high school students, YouTube

Full Text:

PDF

References


Adji, W. S., Ansari, M. I., Bashith, A., & Albar, M. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran IPS Jenjang MI/Sd di Platform youtube pada Materi Keragaman Agama di Indonesia. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 57. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4362

Ahmad, A., Hajar, S., & Almu, F. F. (2018). Peningkatan keterampilan menyimak cerita anak melalui media animasi audio visual siswa kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.44

Apriastuti, N. N. A. A., Rasn, I.W. & Putrayasa, I. B. (2019). Bentuk, fungsi dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas iunggulan smp pgri 3 denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 48-58. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/2989

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Harianto, a., & Putra, A. (2022). Konten kreator youtube sebagai sumber penghasilan (telaah kritis hukum ekonomi syari’ah). Al-Hukmi : Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Keluarga Islam, 3(2), 243-262. https://doi.org/10.35316/alhukmi.v3i2.2325

Hermes, C. D., Saragih, K. W., & Saragih, E. (2022). Peranan kerjasama guru pkn dengan orangtua siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Hutabayu Raja Kabupaten Simalungun. Jurnal Moralita: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 1-8. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Hermes+siswa+smp&btnG= - d=gs_qabs&t=1731505002366&u=%23p%3D-FwN9RIQSi4J

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1248

Ilham, M. & Wijiati, I. A. (2020). Keterampilan berbicara pengantar keterampilan berbahasa. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Indriana, F., & Salam, R. (2022). Peran guru ips dalam penerapan program sekolah ramah anak untuk mengembangkan karakter siswa smp negeri 33 semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(1), 30-38. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i1.54175

Jabnabillah, F., Aswin, A., & Fahlevi, M. (2023). Efektivitas situs web pemerintah sebagai sumber data sekunder bahan ajar perkuliahan statistika. Jurnal Sustainable, 6(1), 59-70. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3373

Jannah, A., Widayati, W., & Kusmiyati, K. (2017). Bentuk dan makna kata makian di terminal purabaya surabaya dalam kajian sosiolingui. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 43-59. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.758

Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di sekolah dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132

Joko, T. (2018). Implementasi manajemen organisasi siswa intra sekolah sebagai strategi dalam pengembangan kepemimpinan siswa smp negeri 2 sukadana. Jurnal Lentera Pendidikan, 3(1), 71- 86. http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v3i1.824

Kardian, A. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan menyimak puisi dengan menggunakan metode course review horay. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 11(1), 15–22. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.25

Magfirah, N. (2021). Peranan video youtube sebagai alternatif media pembelajaran di masapa pandemi. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 51-58. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.29

Mangole, K. D. B., Himpong, M., & Kalesaran, E. R. (2017). Pemanfaatan youtube dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat di desa paslaten kecamatan remboken minahasa. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(4), 1-15. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/18359

Mariska, T. & Hasanudin, C. (2023) Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar melalui Buku Cerita Bergambar. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1), 814-820.https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1758

Maryanti, Y. & Fitri, I. (2022). Pengaruh metode mendongeng wayang kulit terhadap keterampilan menyimak anak. RaudhatulAthfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 120-138. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.

Masruuroh, L. (2024). Youtube sebagai Media Fundraising bagi Fundraiser Islami. Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 105–126. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.24

Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). Keterampilan menyimak pada anak usia dini melalui metode berbicara. Japra: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(1), 1-14. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5308

Milala, D., Walujan, M., & Pangalila, T. (2024). Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tumoutou Social Science Journal, 1(1), 15-20. https://doi.org/10.61476/eydc9b25

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159. http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i1.588.g566

Mustaghfiroh, V., & Listyaningsih, L. (2022). Strategi Sekolah dalam Menginternalisasikan Nilai Karakter Gotong Royong pada Siswa di SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 382–397. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p382-397

Mutoharoh, T., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Cahyo, H. (2022). Pemanfaatan aplikasi youtube untuk media pembelajaran. Jubah Raja: (Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran), 1(2), 97-102. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2883

Najib, M. A. ., & Maunah, B. (2022). Inovasi pendidikan di era digital (studi pelaksanaan pembelajaran di jenjang sd-smp kabupaten tulungagung). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i1.2462

Prasista, N., Garancang, S., Munawwir, A., & Lukita, R. (2023). Peran Media Youtube dalam Pembelajaran Daring pada Materi Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Al Asma : Journal of Islamic Education, 5(2), 67-79. https://doi.org/10.24252/asma.v5i2.40715

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Rahayu, L., S, Zukhaira, Z., & Amrullah, N. A. (2021). Pengembangan metode pembelajaran keterampilan menyimak bahasa arab berbasis kooperatif tipe jigsaw. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 10(2), 96-108. https://doi.org/10.15294/la.v10i2.51941

Septya, J. D., Widyaningsih, A., Khofifah, I. N., & Harahap, S. H. (2022). Pembelajaran menyimak berbasis pendidikan karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365-368. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2616

Shalahuddin, M. & Suyanto, S. (2024). Layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama untuk membantu siswa terisolasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam, 4(1 ), 149–174. https://doi.org/10.15642/jkpi.2014.4.1.149-174

Suhardi, D. (2012). Peran smp berbasis pesantren sebagai upaya penanaman pendidikan karakter kepada generasi bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 316 -327.

Syafril, S., & Zen, Z. (2017). Dasar dasar ilmu pendidikan. Depok. Indonesia: Kencana.

Triyadi, S. ( 2015). Efektivitas penggunaan media audio-visual untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran pendidikan bahasa indonesia. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(2), 231-236. https://doi.org/10.35706/judika.v3i2.215

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Via, I. & Padang, A. T. (2021). Pentingnya tata tertib untuk membentuk disiplin belajar siswa SMP. KAIROS: Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi dan Ilmu Sosial, 1(1), 79-94. https://ojs.uph.edu/index.php/KAIROS/article/view/3164


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.