Inovasi Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Rika Sa’diyah

Abstract


abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi media pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah Pendidikan Antikorupsi di lingkungan kampus serta mengidentifikasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran mahasiswa terhadap isu korupsi. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan untuk mengatasi masalah korupsi yang semakin kompleks. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada perguruan tinggi yang telah menerapkan mata kuliah Pendidikan Antikorupsi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen terkait penggunaan media pembelajaran, seperti video edukasi, simulasi kasus, aplikasi interaktif, dan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran inovatif, seperti simulasi digital dan studi kasus interaktif, dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mahasiswa terhadap materi antikorupsi secara signifikan. Selain itu, inovasi media pembelajaran ini juga membantu mahasiswa untuk lebih mudah menginternalisasi nilai-nilai antikorupsi. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan berbasis teknologi untuk mendukung keberhasilan Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi.

   Kata kunci— Inovasi media pembelajaran, Pendidikan Antikorupsi, Perguruan Tinggi

 

 

Abstract— This research aims to explore innovative learning media used in Anti-Corruption Education courses on campus and identify their effectiveness in increasing students' understanding and awareness of corruption issues. The background to this research is the need for more interactive and relevant learning methods to overcome increasingly complex corruption problems. The research method used is qualitative with a case study approach at universities that have implemented Anti-Corruption Education courses. Data was collected through interviews, class observations, and document analysis related to the use of learning media, such as educational videos, case simulations, interactive applications, and group discussions. The research results show that the use of innovative learning media, such as digital simulations and interactive case studies, can significantly increase student engagement and understanding of anti-corruption material. Apart from that, this learning media innovation also helps students to more easily internalize anti-corruption values. The implication of this research is the importance of developing creative and technology-based learning media to support the success of Anti-Corruption Education in Higher Education.

Keywords— Learning Media innovation, Anti corruption education, Higher education

Keywords


Learning Media innovation, Anti corruption education, Higher education

Full Text:

PDF

References


Almerico, G. M. (2014). Building Character through Literacy with Children's Literature. Research in Higher Education Journal, 26, 1-13.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Integrasi Pendidikan Antikorupsi. Jakarta: Kemendikbud

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Narvaez, D., & Lapsley, D. K. (2009). Personality, Identity, and Character: Explorations in Moral Psychology. Cambridge University Press.

Rika Sa'diyah, Kurniawan, dkk., Peningkatan Pemahaman PAK Bagi Aktivis Mahasiswa FAI UMJ, 2020., https://repository.umj.ac.id/6878/

Rika Sa'diyah, Anisah Meidiana, dkk., Kampanye Sosial PAK Melalui Game Semai Bagi Warga Ranting 'Aisyiyah di Kelurahan Cireundeu Tangerang Selatan., 2021., https://repository.umj.ac.id/6825/

Setiyawan, B., & Pratiwi, A. (2022). Peran Pendidikan dalam Mencegah Korupsi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 98-105.

Transparency International. (2023). Corruption Perceptions Index.

Widjaja, E. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Antikorupsi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zico Junius, Rika Sa'diyah, Nanang Tyas, Yusuf Kurniadi, dkk., Bunga Rampai Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi, Media Sains Indonesia, ADPAKI, Juni 2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.