Upaya Meningkatkan Jiwa Nasionalisme pada Generasi Z melalui Media Sosial

Heviona Deanty Laura, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Nasionalisme adalah paham kebangsaan dalam bernegara berupa kesetiaan terhadap tanah airnya  yang ada pada setiap warga negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan jiwa nasionalisme pada generasi z melalui media sosial.  Metode di dalam penelitian ini menggunakan metode SLR. Data dalam penelitian ini termasuk data sekunder yang berbentuk frasa, klausa, dan kalimat yang diambil dari buku dan jurnal nasional. Teknik pengumpulan data dengan metode simak dan catat. Data dianalisis dengan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada upaya 1) membuat konten edukatif dan menarik, 2) mengadakan challenge, 3) mengadakan diskusi online, 4) membuat hashtag yang menarik, 5) kolaborasi dengan influencer, yang dapat dilakukan dalam meningkatkan jiwa nasionalisme generasi z.

Kata kunci—nasionalisme, media sosial, generasi z

 

 

Abstract—Nationalism is an understanding of nationalism in the form of loyalty to the homeland that exists in every citizen. The purpose of this research is to find out efforts to increase the spirit of nationalism in generation z through social media.  The method in this research uses the SLR method. The data in this research includes secondary data in the form of phrases, clauses, and sentences taken from books and national journals. The data collection technique used the method of listening and noting. The data were analyzed using theoretical triangulation techniques. The results showed that there were efforts 1) creating educational and interesting content, 2) holding challenges, 3) holding online discussions, 4) creating interesting hashtags, 5) collaboration with influencers that can be done in increasing the spirit of nationalism of generation z.

Keywords— nationalism, social media, generation z


Keywords


nationalism, social media, generation z

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, M. A., Shobahiya, M., Prakosa, B. P., Hidayah, J. N., & Sulistianingsih, E. (2024). Strategi pemasaran digital menggunakan influencer marketing dalam pembuatan video promosi outlet oleh-oleh. MUJAHADA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-17. https://doi.org/10.54396/mjd.v2i1.1219.

Ahyati, A. I., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi bela negara di era teknologi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Journal on Education, 3(3), 236-247. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.371.

Akbar, M. S. F., Fauzi, R., Tsamanyah, Z. A., & Marini, A. (2022). Pengaruh penggunaan gadget dalam kegiatan belajar dan mengajar terhadap pembentukan karakter anak generasi z. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 375-384. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4418.

Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 209-216. http://dx.doi.org/10.21831/civics.v13i2.12745.

Amalia, G., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak sd melalui pembelajaran pkn. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8985-8989. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2408.

Amanda, S. P., Azzahrah, S., & Santoso, G. (2022). Nasionalisme dan patriotisme: peluang dan tantangan di era digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 107-117. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i2.460.

Ambarwati, D. D., & Utina, U. T. (2022). Pengaruh dance challenge pada media sosial TikTok terhadap minat menari remaja Kabupaten Blora di era pandemi Covid-19. Jurnal Seni Tari, 11(1), 22-35. https://journal.unnes.ac.id/sju/jst/article/view/51408.

Annisak, F., & Nasution, A. G. J. (2024). Peran guru pkn dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme pada siswa mi/sd. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1736-1739. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12641.

Arum, L. S., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik generasi z dan kesiapannya dalam menghadapi bonus demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59-72. https://doi.org/10.62108/asrj.v2i1.5812.

Asril, A., Jaenam, J., Syahrizal, S., Armalena, A., & Yuherman, Y. (2023). Peningkatan nilai-nilai demokrasi dan nasionalisme pada mahasiswa melalui pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300-1309. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25109.

Bakti, C. P., & Safitri, N. E. (2017). Peran bimbingan dan konseling untuk menghadapi generasi z dalam perspektif bimbingan dan konseling perkembangan. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1602.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157. https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79.

Dewi, N. K. L. A., Mahardika, A., Santhi, I. R., & SE, M. (2022). Pentingnya pendidikan karakter bagi generasi z pada era society 5.0. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 2, 247-255. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/4437.

Fahimah, M., & Ainiyah, I. R. (2023). Minat Beli Produk Fashion: Penggunaan hashtag dan review produk pada aplikasi TikTok. Jurnal Ecoment Global, 8(2), 79-87. https://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/download/2780/2001.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678.

Hayati, L. (2018). Konsep diri anak-anak pengguna aktif media sosial. Society, 6(2), 58-64. https://doi.org/10.33019/society.v6i2.65.

Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Juanda, H. (2017). Media sosial sebagai penyebarluasan informasi Pemerintah Aceh. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam,1(1). http://dx.doi.org/10.22373/jp.v1i1.1988.

Kurniawan, H., Damaringtyas, C. P., Leryan, L. P. A., Melati, M. N. M., Nugraha, A. C., & Christiyanto, N. A. (2023). Edukasi sejarah publik melalui media sosial pada era 4.0 bagi siswa sma di Yogyakarta. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(1), 24-31. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.5995.

Kurniawaty, J. B., & Widayatmo, S. (2024). Nasionalisme di era digital: tantangan dan peluang bagi generasi z Indonesia. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 3(2), 42-50. https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v3i2.3039.

Kusumawardani, A., & Faturochman, M. A. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, 12(2). https://doi.org/10.22146/bpsi.7469.

Nainggolan, V., Rondonuwu, S. A., & Waleleng, G. J. (2018). Peranan media sosial instagram dalam interaksi sosial antar mahasiswa fakultas ilmu sosial dan politik UNSRAT Manado. ACTA Diurna Komunikasi, 7(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/22022.

Perangin-angin, L. L., & Zainal, M. (2018). Partisipasi politik pemilih pemula dalam bingkai jejaring sosial di media sosial. Jurnal Aspikom, 3(4), 737-754. http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i4.210.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Putra, G. L. A. K., & Yasa, G. P. P. A. (2019). Komik sebagai sarana komunikasi promosi dalam media sosial. Jurnal nawala visual, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i1.1.

Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1),18-29. https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704.

Rahayu, S. T. W., & Saputra, A. E. (2024). Penyuluhan peningkatan kesadaran bela negara bagi generasi z melalui media sosial. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1219-1226. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/584.

Sari, N. Z. P., Luthfi, D. M., Daulatil, E. A., Daniswanto, A. M. K. S., Oktavia, K. N., & Putri, S. J. (2024). Media sosial dan penguatan nasionalisme dalam tren dan implikasinya era digital. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(5). https://doi.org/10.62281/v2i5.339 .

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan literasi digital di kalangan usia muda di Kota Bandung. Pedagogia, 16(2), 146-156. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327.

Sudharta, I. B. P. A., & Meilantari, N. L. G. (2024). Kepribadian introvert tokoh Hakobiya dalam anime Akudama drive: kajian psikologi sastra. Jurnal Daruma: Linguistik, Sastra dan Budaya Jepang, 4(02), 1-15. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/daruma/article/view/7738.

Surono, K. A. (2017). Penanaman karakter dan rasa nasionalisme pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka di smp n 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1). https://doi.org/10.15294/ijc.v6i1.12527.

Ulum, M. T., & Yuhertiana, I. (2024). Studi literatur: relevansi perilaku keuangan dan nilai-nilai bela negara pada generasi z. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 7(4), 7728-7738. https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10075.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Venia, M., Marzuki, F., & Yuliniar, Y. (2021). Analisis faktor yang mempengaruhi perilaku impulse buying (studi kasus pada generasi z pengguna e-commerce). Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 929-941. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1158.

Wirmando, W., Anita, F., Hurat, V. S., & Korompis, V. V. N. (2021). Dampak penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying pada remaja. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(3), 117-122. https://doi.org/10.56742/nchat.v1i3.19.

Yenianti, I. (2019). Promosi perpustakaan melalui media sosial di perpustakaan IAIN Salatiga. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 223-237. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.223-237.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.