Urgensi Menyimak Kritis dalam Peningkatan Minat Baca Tulis pada Kalangan Siswa Sekolah Dasar

Johan Syahputra, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Menyimak kritis merupakan kegiatan menyimak ungkapan seseorang dengan penuh penalaran dan ketelitian. Menyimak kritis digunakan sebagai materi yang relevan pada saat ini. Pada penelitian ini menyimak kritis diterapkan untuk meningkatkan minat baca tulis pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR. Data di dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk kata, frasa, atau klausa yang diambil dari jurnal dan buku secara nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat, sedangkan teknik validasi menggunakan triangulasi teori. Hasil dari penelitian ini adalah : 1. Meningkatkan kemampuan berfikir kritis. 2. Meningkatkan kemampuan berbahasa. 3. Memotivasi siswa lebih banyak membaca. 4. Kebiasaan membaca & menulis yang teratur.  5. Mengembangkan kemampuan sintesis dan interpretasi siswa. Simpulan dari penelitian ini terdapat 5 urgensi menyimak kritis dalam peningkatan minat baca tulis pada siswa sekolah dasar.

Abstract—Critical listening is the activity of listening to someone’s expressions with full reasoning and accuracy. Critical listening is used as material that is relevant at the time. In the research, critical listening was applied to increase interest in reading and writing in elementary school students. The method used in this research is the SLR method. The data in this research uses secondary data in the form of words, phrase or clauses taken form national journals and books. Data collection technique use listening and note-taking techniques, while validation techniques use theoretical triangulation. The results of the research are: 1. Improve critical thinking skills.  2. Improve language skills.  3. Motivate students writing habits.  4. Regular reading & writing habits.  5. Develop studentssynthesis and interpretation abilities. The conclusion from this research is that there are 5 urgencies for critical listening in increasing interest in reading and writing in elementary school students.


Keywords


Critical listening, increase read and write, elementary school students

Full Text:

PDF

References


Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.

Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.

Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.

Ariani, F., Dawud, D., &Basuki, IA (2019). Korelasi Kemampuan Bernalar dengan Kemampuan Menyimak Kritis Debat pada Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan , 4 (2), 230. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.1200

Setyaningsih, D. (2019). Keterampilan Berbahasa Menyimak Kritis Ceramah dengan Metode Kontekstual. https://doi.org/10.31227/osf.io/yv9km

Siregar, MRB, &dkk (2023). Peran literasi baca tulis dalam menumbuhkan minat membaca siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 3 (2), 149–159. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.237

Harefa, H. S. A., Sari, S. N., &Hia, N. (2022). Sosialisasi Literasi Informasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Di Kalangan Anak-Anak Pada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Literasi Informasi. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 181-187.

Rafida, Hasna, et al. "Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Mengembangkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar."Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, 2022, pp. 4745-4755, doi:10.31004/basicedu.v6i3.2884

Ifadah, AS (2020). Literasi : Pemahaman literasi membaca dan menulis siswa PAUD PIAUD semester 4 Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Zaman Keemasan, 4(02), 290-296.

Tandoko, M., Siu, O. C., &Selwen, P. (2020). Pengaruh Minat Baca Terhadap Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Stab Bodhi Dharma Medan. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 2(2), 106-14.

Sari, K. S. Y., &Romadhon, S. (2022). Pengembangan gerakan Gubuk Literasi untuk meningkatkan minat baca tulis anak di desa Pademawu Timur Pamekasan Madura. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 4(2), 73-84. https://doi.org/10.19105/pjce.v4i2.6261

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2).

Wijaya, I. K. W. B. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(02), 147-154. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.568

Oktasari, A., &Kasanova, R. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Sastra Anak. Jurnal Pendidikan,5(4), 12017-12025. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2163

Sianturi, Y. R. (2021). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 276-284 https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430

Zulvira, R. ., Neviyarni, N., &Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5 (1), 1846–1851. Diperoleh dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1187

Ansori, YZ. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Mellui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma , 6 (1), 177–186. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308

Mundziroh, S., Sumarwati, S., &Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Basastra, 2(1).

Fahmi, M. N., &Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 85-89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1592

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan intensitas pemanfaatan gadget dengan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722-731. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4821

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problembased learning. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (Vol. 2015, pp. 597-602).

Muliyana, M., & Wardhana, K. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dengan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. BOCAH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Kemanusiaan Kalimantan , 1 (2), 115-124. Diambil dari https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bocah/article/view/5704

Nursalina, A. I., & Budiningsih, T. E. (2014). Hubungan motivasi berprestasi dengan minat membaca pada anak. Educational Psychology Journal, 3(1)

Mustika, I., & Lestari, R. D. (2016). Hubunganminat baca dan kebiasaan membaca karya sastra terhadap kemampuan menulis puisi. Semantik, 5(2).https://doi.org/10.22460/semantik.v5i2.p%25p

Saputri, R. (2020). Analisis Interpretasi Bahasa Matematika Siswa Kelas V Sdn Malinau (Loksado, Kal-Sel). Theta: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 20-26. Diambil dari https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/497


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.