Upaya Membangun Sikap Bela Negara dan Nasionalisme di Era Digital
Abstract
abstrak—Sikap bela negara memiliki peran untuk membentuk warga negara yang bermoral. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya membangun sikap bea negara dan nasionalisme di era digital. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan SLR. Data di dalam peneitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari buku dan jurnal yang terbit secara internasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya 1) menanamkan Nilai-Nilai kebangsaaan, 2) membangun kesadaran untuk berkontribusi secara digital, 3) memperkuat keamanan siber, yang bisa diterapkan dalam membangun nasionalisme di era digital melalui sikap bela negara. Simpulan di dalam penelitian ini terdapat tiga upaya yang bisa diterapkan dalam membangun nasionalisme di era digital melalui sikap bela negara.
Kata kunci—Era digital, Nasionalisme, Sikap bela negara.
Abstract—The attitude of state defense has a role to form a moral citizen. The purpose of this research is to find out efforts to build an attitude of state duty and nationalism in the digital era. This research method uses the SLR approach. The data in this research uses secondary data taken from books and journals published internationally. The data collection technique uses the method of listening and noting. Data validation techniques using data triangulation techniques. The results showed that efforts to 1) instill national values, 2) build awareness to contribute digitally, 3) strengthen cyber security, which can be applied in building nationalism in the digital era through state defense attitudes. The conclusion in this study is that there are three efforts that can be applied in building nationalism in the digital era through state defense attitudes.
Keywords—Digital era, Nationalism, State defense attitude
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyati, A, I., & Dewi, D,A. (2021). Implementasi bela negara di era teknologi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan , 3 (3), 236-247. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.371.
Arifin, M, Z. (2023). Strategi pendidikan pancasila dalam membentuk nilai-nilai kebangsaan pada anak usia dini. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 42-50. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3007.
Ashari, N, R., & Boediono, G. (2020). Memaknai bela negara dalam praktik akuntansi. Tinjauan manajemen publik dan akuntansi , 1 (1), 10-19. https://doi.org/10.61656/pmar.v1i1.38.
Azhari, D., Alifahsyahri, L., Sinaga, R, T., Santika, S, D, B., Sipayung, V, P, B., Maulani, W, R., & Wahyu, A. (2024). Dampak positif edukasi masyarakat di era digital. Sanskara Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(02), 76–79. https://doi.org/10.58812/sish.v1i02.351.
Boiliu, F, M. (2020). Pembelajaran pendidikan agama kristen dalam keluarga di era digital. Te Deum (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) , 10 (1), 107-119. https://doi.org/10.51828/td.v10i1.17.
D-Darwanto., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah: Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381.
D-Darwanto., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah: Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Kristiani, R. N. (2022). Membangun sikap bela Negara dengan nilai pancasila dalam ruang lingkup masyarakat masa kini. Jurnal Pancasila dan Bela Negara, 2(2). https://doi.org/10.31315/jpbn.v2i2.5839.
Kusnandi, K. (2019). Mengartikulasikan perencanaan pendidikan di era digital. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.25157/wa.v6i1.2023.
Luntungan, A, Y., & Siwu, H, F, D. (2019). Program pengabdian kelompok pemuda desa tentang pendidikan bela negara di desa toure kecamatan tompaso barat kabupaten minahasa propinsi sulawesi utara. ACTA DIURNA KOMUNIKASI , 1(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25947.
Masitho, S., Paramansyah, A., Yanih, S., Sumarsih, T., Yuningsih, N., & Ramdhani, D. (2023). Pengembangan assesmen pembelajaran PAI pada lembaga pendidikan madrasah dan pondok pesantren dalam era digital. Jurnal Dirosah Islamiyah , 5 (3), 763-770. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4171.
Mursiyah, U., Zachroh, S, A., & Baharuddin. (2024). Dampak literasi digital pada generasi Z terhadap komunitas sosial di era digital. Menarik: Jurnal Pendidikan Inovatif , 6 (2), 208–215. https://doi.org/10.51278/aj.v6i2.1034.
Nugroho, I, I., Pratiwi, R., & Zahro, S, R, A. (2021). Optimalisasi penanggulangan kebocoran data melalui regulatory blockchain guna mewujudkan keamanan siber di Indonesia. Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Law Journal, 1(2), 115-129. https://doi.org/10.15294/ipmhi.v1i2.53698.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Salsabiela, B. F. (2017). Upaya bela negara untuk menggerakkan industri kecil nasional dalam lanskap global kontemporer. Jurnal Pertahanan dan Bela Negara, 7(3), 23-38. https://doi.org/10.33172/jpbh.v7i3.228.
Saputro, R., & Najicha, F, U. (2022). Penerapan rasa bela negara pada generasi muda di era globalisasi. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(2), 207-211. https://doi.org/10.37304/jpips.v14i2.7715.
Silitonga, T, B., Adriyanto, A., Taneo, M., Messakh, J., & Manesi, D. (2023). Sosialisasi membangun sumber daya manusia mahasiswa FKIP undana berbasis bela negara. Abdi Masyarakat, 5(1), 2172-2179. http://dx.doi.org/10.58258/abdi.v5i1.5587.
Sugiman, A, M, R. (2017). Penanaman niai-nilai nasionaisme dan patriotisme melalui materi sikap semangat kebangsaan dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara pada pembelajaran pkn di sman 1 pundong. Academy of Education Journal, 8(2), 174–199. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.370.
Sumiati, E., & Wijonarko, W. (2020). Manfaat literasi digital bagi masyarakat dan sektor pendidikan pada saat pandemi covid-19. Buletin Perpustakaan , 3 (2), 65–80. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799.
Tuahunse, T. (2009). Hubungan antara pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia dengan sikap terhadap bela negara. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(1). https://doi.org/10.21831/jk.v39i1.226.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf
Widiyanto, D., & Istiqomah, A. (2019). Pembinaan kesadaran bela negara melalui budaya sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 133-143. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1436.
Wiwin, W., & Firmanto, A, D. (2021). Konstruksi model spiritualitas pastoral bagi katekis di era Digital. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(2), 125-137. https://doi.org/10.52110/jppak.v1i2.31.
Wulandari, Z, R., Azzahra, N., Wulandari, P., Halimah., & Santoso, G. (2023). Memperkuat jiwa kewarganegaraan di era digital dengan pendidikan kewarganegaraan yang komprehensif. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 415-424. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i2.354
Yunita, Y. (2007). Gaya Bahasa personifikasi dalam lirik lagu album romantic rhapsody pada grup music ada band (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). https://eprints.ums.ac.id/10611/.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.