Peran Literasi Digital terhadap Kemampuan Menyimak di kalangan Gen Z
Abstract
Kata kunci—Gen-Z, Literasi digital, Menyimak.
Abstract—Listening is one of the activities of listening carefully through what is being heard. This research is important to do because to find out how the role of digital literacy on listening skills among Gen-Z. The method in this study uses the SLR method. The data in this study uses secondary data in the form of words, phrases, or clauses taken from journals and books nationally. The data collection technique uses listening and recording techniques, while the validation technique uses theoretical triangulation. The results of this study are 1. Ability to convey information. 2. Ability to think critically about content. 3. Ability to use digital platforms for listening. 4. Interacting in Online Discussions. 5. Increased ability to multitask. The conclusion in this study is that there are 5 roles of digital literacy on listening skills among Gen-Z.
Keywords—Gen-Z, Digital Literacy, Listening.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170.
Abdillah, A., & Hasiholan, A. (2021). 'Beri aku Air Hidup, Tuhan!': Seru Perempuan Samaria dan Gen-Z (Suatu Tafsir Kontrapuntal Yohanes 4:14 sebagai Laku Spiritualitas Generasi Z Indonesia Era Postmodern). Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 5 (2), 176-191. https://doi.org/10.37368/ja.v5i2.291.
Ana Laila M, AK (2023). Mengenal lebih dekat Generasi Z. Tajdid Al-Athfal , 3 (1), 27–34. Diambil dari http://journal.mbunivpress.or.id/index.php/athfal/article/view/751.
Arini, DP (2020). Multitasking sebagai gaya hidup, apakah dapat meningkatkan kinerja: Sebuah Kajian Literatur. JURNAL PSIKOLOGI MANDALA, 4 (1). https://doi.org/10.36002/jpm.v4i1.1620.
Dinata, K. B. (2021). Literasi digital dalam pembelajaran berani. Eksponen , 11 (1), 20–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368.
Fitriyani, F., & Teguh Nugroho, A. (2022). Literasi digital di era pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 307-314. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416.
Hamid, A. (2015). Strategi pembelajaran menyimak, Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. 7(2), 1-27 https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/index.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 110-119. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669.
Irawan, D., & Setiawan, Y. (2021). Analisis Interaksi Pembelajaran Online Siswa dan Guru Melalui Google Classroom: English for Learner. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1 (02), 74-80. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i2.1167.
Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran keterampilan menyimak di Sekolah Dasar. Lampuhyang, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132.
Khoiriyah, S. (2023). Urgensi penanaman sikap toleransi pada Gen Z. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2197.
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menyimak dongeng di Era Digital. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 78-84. https://www.academia.edu/download/70566439/pdf.pdf.
Nabila, L. N, Utama, F. P, Habibi, A. A, & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi literasi pada Gen-Z untuk menyiapkan generasi progresif Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113.
Natania, AT, & Dwijayanti, R. (2024). Pemanfaatan platform digital sebagai sarana pemasaran bagi UMKM. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12 (1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n3.p343-351.
Pane, A. (2020). Menyimak sebagai keterampilan berkomunikasi. Thariqah Ilmiah: Jurnal ilmu-ilmu kependidikan & Bahasa Arab, 6(2), 89-102. doi:https://doi.org/10.24952/f.
Pambudi, M. A. (2022). Strategi guru dalam meningkatkan literasi digital pada Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(03), 636-646. https://core.ac.uk/download/pdf/539837644.pdf.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rianto, P. (2019). Literasi digital dan etika media sosial di era post-truth. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 24. https://www.academia.edu/download/78644666/16308.pdf.
Sofiah Aryani, Roni Rodiyana, & Mahpudin. (2021). Media audio visual untuk keterampilan menyimak siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(3), 266-270. Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/605.
Susanto, H. (2020). Menumbuhkan budaya literasi menyimak pada Siswa dengan model pembelajaran Cooperative Tipe Script. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 1(1), 1–11. Retrieved from http://www.journal.umuslim.ac.
Setiawati, L. (2014). Hakikat menyimak. Modul. Universitas Terbuka.
Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis kebijakan terkait kebijakan literasi digital di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176-180. https://core.ac.uk/download/pdf/327691746.pdf.
Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis kebijakan terkait kebijakan literasi digital di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176-180. https://core.ac.uk/download/pdf/327691746.pdf.
Sabrina, A. R. (2019). Literasi digital sebagai upaya pencegahan menanggulangi hoax. Communicare: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 31–46. https://doi.org/10.37535/101005220183.
Sagita, D. (2024). Analisis deskriptif perilaku prososial pada GEN Z (Disertasi Doktor, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/34517/.
Saptawuni, E. (2021). Penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan Menyampaikan Informasi hasil pengamatan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1958-1964.
Teddy Setiawan, Dwinanto Priyo Susetyo, & Eka Pranajaya. (2021). Edukasi literasi digital: Pendampingan transformasi digital pelaku UMKM Sukabumi Pakidulan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (7), 1599–1606. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i7.692.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Wati, I., Ernita, M., Ristiliana, R., & Lubis, M. I. (2023). Peran literasi digital dalam pembelajaran di era Society 5.0 pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UIN Suska Riau. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 6(1), 21-33. http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v6i1.22723.
Yunita, Y. (2007). Gaya bahasa personifikasi dalam lirik lagu album romantic Rhapsody pada grup musik ada Band (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10611.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.