Menggabungkan Seni dan Matematika untuk Menciptakan Imajinasi

Ricka Emilya Sari, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Artikel ini membahas pentingnya menggabungkan seni dan matematika sebagai pendekatan interdisipliner untuk menciptakan fantasi. Seni yang merupakan hasil pemikiran, kemampuan fisik, dan keahlian berfungsi sebagai sarana ekspresi yang dapat menimbulkan kesan keindahan dan keselarasan. Matematika, seperti ilmu logika yang mempelajari struktur, kuantitas dan bentuk, memberikan dasar bagi pemikiran yang sistematis dan logis. Kedua disiplin ilmu tersebut memainkan peran penting dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari, dengan seni membantu mengurangi kebosanan dan kesedihan, dan matematika meningkatkan pemahaman konseptual dan pemikiran kritis. Menggabungkan seni dan matematika dapat mengembangkan berbagai keterampilan, seperti kreativitas, keterampilan analitis, dan pemecahan masalah. Dengan mengintegrasikan seni dan matematika ke dalam kurikulum, siswa memiliki pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Pendekatan ini mendukung pengembangan kompetensi secara menyeluruh dan membuka peluang inovasi dan penemuan baru. Artikel ini berpendapat bahwa menggabungkan seni dan matematika merupakan cara ampuh untuk menciptakan imajinasi yang pada akhirnya memperkaya pengalaman manusia dan memperluas batas pengetahuan dan kreativitas.

Kata kunci—Seni, Matematika, Imajinasi

 

abstract—This article discusses the importance of combining art and mathematics as an interdisciplinary approach to creating fantasy. Art, which is the result of thought, physical ability and expertise, functions as a means of expression that can create an impression of beauty and harmony. Mathematics, like the science of logic which studies structure, quantity and form, provides the basis for systematic and logical thinking. Both disciplines play an important role in education and everyday life, with art helping reduce boredom and sadness, and mathematics improving conceptual understanding and critical thinking. Combining art and mathematics can develop a variety of skills, such as creativity, analytical skills, and problem solving . By integrating art and mathematics into the curriculum, students have a more interactive and enjoyable learning experience. This approach supports overall competency development and opens up opportunities for innovation and new discoveries. This article argues that combining art and mathematics is a powerful way to create imagination that ultimately enriches the human experience and expands the boundaries of knowledge and creativity.

Keywords—Art, Mathematics, Imagination


Keywords


Art, Mathematics, Imagination

Full Text:

PDF

References


Amalia, N., Sari, N. A. P., & Noviani, R. T. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Sugesti Imajinasi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 48 Jakarta. _Jurnal Metamorfosa, 8_ (1), 1-12. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i1.333

Arrohman, M.L. (2022). Kompetensi kognitif geografi. Bogor: Guepedia.

Awaludin, A.A.R., Rawa, N.R., Narpila, S.D., Yuliani, A.M., Wewe, M.,Gradini, G., Julyanti, E., Haryanti, S., Bhoke, W., Resi, B.B.F. (2021). Teori dan aplikasi pembelajaran matematika di SD/MI. Pidie: Muhammad Zaini.

Efendy, A. (2021). Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring Dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts Guppi Pagar Alam. _Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2_ (1), 47-56. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.1070

Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Felix, J. (2012). Pengertian seni sebagai pengantar kuliah Sejarah Seni Rupa. Humaniora, 3(2), 614-621. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3405.

Firmansyah, M. A. (2017). Peran kemampuan awal matematika dan belief matematika terhadap hasil belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 55-68. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.255

Gunantra, I. M. W. P., Candrayana, I. B., & Octaviano, A. L. (2021). Imajinasi potret wajah wanita dalam fotografi ekspresi dengan teknik photogram. _Retina Jurnal Fotografi, 1_ (1), 20-28. https://doi.org/10.59997/rjf.v1i1.326

Nurcahyono, N. A., & Novarina, E. (2020). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Berdasarkan Indikator Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa. _JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6_ (1), 121-130. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.1070

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI, 3(2), 289-298.

Nurwita, S. (2020). Meningkatkan perkembangan seni anak menggunakan media smart hafiz di paud aiza kabupaten kepahiang. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 34-37. https://dx.doi.org/10.33258/ecrp.v1i01.1070.

Paradigma, I. (2018). Unlimited energy untuk produktivitas tanpa batas. Jakarta: Zikrul Hakim.

Popo, F.R, (2022). Tuhan: Ilusi atau Idea? Tinjauan filsafat ketuhanan Immanuel Kant dalam kritik der reinen Vernunft. DI Yogyakarta: PT Kanisius.

Rafanani, B. (2022). THE SECRET OF IMAGINATION: Rahasia melatih imajinasi agar selalu berpikir dan bertindak positif setiap hari. Yogyakarta: Araska.

Rahmawati, S.T., Wijayama, B., Rahmawati, N., dan Utami, C. P. C. (2023). Media pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar era digital. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Rosdini, D., Sari, P.Y., Amrania, G.K.P., Salatin, F. (2022). Bentuk penyajian informasi keuangan dalam pengambilan keputusan. Jakarta: Kencana.

Surajiyo, S. (2015). Keindahan Seni Dalam Perspektif Filsafat. Jurnal Desain, 2(03), 157-168. https://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v2i03.581.

Wattimena, R.A.A. (2020). Mendidik manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, M. (2018). Seni Sebagai Media Dakwah. Ath-Thariq: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 2(1), 237-258. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v2i1.1079


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.