Kekerasan di Sekolah dan Kualitas Pendidikan: Analisis Pengaruhnya terhadap Prestasi Akademik Siswa
Abstract
Abstrak—Penelitian ini mengkaji dampak kekerasan di sekolah terhadap kualitas pembelajaran dan prestasi akademik siswa di Indonesia. Kekerasan di sekolah, baik dalam bentuk fisik, verbal, maupun psikologis, sering kali menjadi penghalang signifikan bagi lingkungan belajar yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengevaluasi hubungan antara kekerasan di sekolah dan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan di sekolah berdampak negatif pada kualitas pembelajaran, mengakibatkan penurunan motivasi belajar, gangguan konsentrasi, dan peningkatan stres di kalangan siswa. Dampak ini berujung pada penurunan prestasi akademik yang signifikan dalam mata pelajaran inti dan keterampilan akademik lainnya. Selain itu, penelitian ini mengevaluasi efektivitas kebijakan dan program anti-kekerasan yang diterapkan di sekolah, menunjukkan bahwa meskipun beberapa program telah berhasil mengurangi kekerasan, tantangan tetap ada dalam implementasinya. Temuan ini menyoroti pentingnya perbaikan kebijakan dan program anti-kekerasan, serta perlunya dukungan tambahan bagi siswa yang terdampak. Penelitian ini merekomendasikan penguatan strategi pencegahan kekerasan dan penyediaan sumber daya yang memadai untuk mendukung siswa dalam mencapai hasil akademik yang optimal. Temuan ini juga membuka jalan untuk penelitian lebih lanjut tentang mekanisme dan intervensi yang dapat lebih efektif dalam mengatasi kekerasan di sekolah.
Kata kunci—Kekerasan di Sekolah, Kualitas Pembelajaran, Prestasi Akademik, Intervensi Anti-Kekerasan, Pendidikan Indonesia
Abstract—This study examines the impact of school violence on the quality of learning and academic achievement of students in Indonesia. School violence, whether physical, verbal, or psychological, is often a significant barrier to an effective learning environment. This study used qualitative methods to evaluate the relationship between school violence and the quality of learning. The results showed that school violence negatively impacts the quality of learning, resulting in decreased motivation to learn, impaired concentration, and increased stress among students. These impacts lead to significant declines in academic achievement in core subjects and other academic skills. In addition, this study evaluated the effectiveness of anti-violence policies and programs implemented in schools, showing that although some programs have been successful in reducing violence, challenges remain in their implementation. These findings highlight the importance of improving anti-violence policies and programs, as well as the need for additional support for students affected. This study recommends strengthening violence prevention strategies and providing adequate resources to support students in achieving optimal academic outcomes. These findings also pave the way for further research on mechanisms and interventions that can be more effective in addressing school violence.
Keywords—School Violence, Learning Quality, Academic Achievement, Anti-Violence Intervention, Indonesian Education
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Davies, P., Smith, J., & Jones, L. (2022). Kekerasan di sekolah dan prestasi akademik: Tinjauan bukti terbaru. Jurnal Psikologi Pendidikan, 115(2), 305-320.
Harris, S., & Jenkins, A. (2019). Peran kekerasan di sekolah: Dampaknya terhadap pembelajaran dan kesuksesan akademik. Jurnal Internasional Keselamatan Sekolah, 8(1), 23-37.
Kemendikbud. (2023). Laporan tahunan kasus kekerasan di sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Smith, P., Cowie, H., & Blades, M. (2020). Memahami kekerasan di sekolah dan dampaknya. Tinjauan Psikologi Pendidikan, 32(1), 51-67.
Sari, L. (2021). Dampak faktor sosial-ekonomi terhadap kekerasan di sekolah di Indonesia. Jakarta: Jurnal Ilmu Sosial Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.