Mengenal Konsep Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar
Abstract
abstrak—Bilangan bulat dan bilangan pecahan di sekolah dasar sangat penting dikenal oleh siswa sejak dibangku sekolah dasar. Tujuan penelitian ini yaitu agar mempermudah pemahaman siswa terhadap konsep matematika lebih kompleks di masa mendatang. Metode pada penelitian ini menerapkan metode Systematic Literature Riview (SLR) yaitu mengumpulkan dan mengevaluasi penelitian terhadap topik tertentu. Data berasal dari kata, frasa dan kalimat. Teknik pengumpulan data menerapkan teknik simak, catat dan libat. Teknik validasi data menerapkan teknik triangulasi data sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bilangan bulat di sekolah dasar mencakup 1) Jenis bilangan, jenis bilangan ini terdiri dari nilai positif, negatif, dan nol. Sedangkan bilangan pecahan di sekolah dasar mencakup 1) Jenis bilangan, jenis bilangan ini terdiri dari pecahan campuran, biasa dan desimal. 2) Operasi penjumlahan, operasi penjumlahan terdiri dari perkalian, penjumlahan, pengurangan dan pembagian. 3) Memberi contoh soal pada operasi bilangan tersebut. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat tiga bentuk cara pengenalan bilangan bulat dan bilangan pecahan di sekolah dasar agar mempermudah pemahaman siswa terhadap konsep matematika lebih kompleks di masa mendatang.
Kata kunci—bilangan bulat, bilangan pecahan, sekolah dasar
abstract—Integers and fractions in elementary school are very important for students to recognize since elementary school. The purpose of this research is to facilitate students' understanding of more complex mathematical concepts in the future. The method in this research applies the Systematic Literature Review (SLR) method, which is to collect and evaluate research on a particular topic. The data comes from words, phrases and sentences. The data collection technique applies the technique of listening, noting and engaging. Data validation techniques apply source data triangulation techniques. The results show that integers in elementary schools include 1) Types of numbers, this type of number consists of positive, negative, and zero values. While fractional numbers in elementary schools include 1) Types of numbers, this type of number consists of mixed, ordinary and decimal fractions. 2) Addition operations, addition operations consist of multiplication, addition, subtraction and division. 3) Giving examples of problems in the operation of these numbers. The conclusion of this research is that there are three forms of introducing integers and fractions in elementary schools to facilitate students' understanding of more complex mathematical concepts in the future.
Keywords—integers, fractions, elementary school
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150. https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432.
Alyona, C. (2020). Pengembangan prototype sistem ujian berbasis computer based test (CBT) pada program studi teknik informatika politeknik negeri ambon. Jurnal ekonomi, sosial & humaniora, 2(4), 51-57. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/342.
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133. https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414.
Amandha, A., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat belajar operasi hitung pada bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari. In Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1), 799-806. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1756.
Andayani, E. S. Budiyono, B. (2014). Peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat dengan media garis bilangan di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD 2(3), 1-9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/1218.
Angeline, S. M., Indrawan, M. S., & Ramadhaniar, N. (2023). Analisis penerapan sistem informasi pada proses bisnis perusahaan jasa: A systematic literature review. Jurnal ilmiah Sistem Informasi dan Ilmu Komputer, 3(2), 200-208. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.500.
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum merdeka: Pemaknaan merdeka dalam perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399-407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749.
Dahlia, A., Pranata, O. H., & Suryana, Y. (2020). Pengaruh interactive learning terhadap minat belajar siswa pada penjumlahan operasi hitung bilangan bulat. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 32-41. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.30129.
Dewi, D. P. (2022, January). Optimalisasi pemahaman memaknai kalimat pada soal cerita menuliskan bilangan pecahan dalam modul kelas III SD. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(1), 445-452. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/923.
Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas VII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61-70. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.217.
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330-345. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1714.
Karuru, P. (2014). Analisis kemampuan siswa kelas vii smp katolik rantepao dalam menyelesaikan soal-soal operasi bilangan bulat. AgroSainT, 5(3), 146-150. https://doi.org/10.47178/argo.v5i3.677.
Khotimah, D. N. (2019). Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 28-31. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.2928.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71.
Kuwayyis, D., Listyorin, T., & Supriyati, E. (2023). Game edukasi matematika bilangan pecahan berbasis android untuk siswa kelas 5 SD. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 7(1), 16-21. https://doi.org/10.26740/jieet.v7n1.p16-21.
Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan kelas v madrasah ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208-216. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.33265.
Lisman, L., & Mailili, W. H. (2019). Penggunaan alat peraga mistar bilangan bulat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 8 Labuan pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 34-40. https://doi.org/10.31970/gurutua.v2i2.37.
Maria, E., & Sediyono, E. (2017). Pengembangan model manajemen pembelajaran berbasis tik di sekolah dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 59-71. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p59-71.
Masni, H., Yuliana, E., Cahyani, F. E., Romadhoni, M. B., & Hasanudin, C. (2023). Urgensi menyimak ekstensif di kalangan mahasiswa pecinta podcast. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(2), 41-51. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i2.3812.
Meitriani, N. N. W., Dwija, I. W., & Putra, I. P. S. (2023). Penerapan game based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Karangasem tahun pelajaran 2021/2022. Lampuhyang, 14(1), 180-194. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i1.338.
Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis kesalahan siswa materi bilangan pecahan berdasarkan teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713-726. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795.
Nadya, L., & Usiono, U. (2023). Sistematik literatur review (SLR) pertolongan pertama pada luka bakar menurut tingkat keparahan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3004-3009. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5127.
Nugraha, G. D., & Aini, I. N. (2022). Deskripsi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 61-67. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.275.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.
Rosikhoh, D., & Abdussakir, A. (2020). Bilangan pecahan dan operasinya dalam hadits. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 44-53. https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i1.1800.
Septiani, A., & Setyadi, D. (2024). Pengembangan media pembelajaran e-modul bilangan bulat (EMBIBU) berbasis android. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4551-4557. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4367.
Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika: systematic literature review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110-10121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3782.
Srintin, A. S., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2019). Pengembangan media permainan kartu umino pada pembelajaran matematika operasi bilangan bulat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 126-138. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.89.
Suardi, S., Hakim, L. E., & Aziz, T. A. (2022). Kesalahan-kesalahan siswa pada materi pecahan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 418-428. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.201.
Suciati, I. (2020). Penggunaan metode “Perang Mental Matematika” dengan menggunakan media kartu pecahan pada materi penjumlahan bilangan pecahan. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.44.
Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan dialek Semarang di perantauan kajian sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253.
Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis pemahaman konsep matematika pada materi operasi bilangan bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 50-58. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10993.
Yasa, A. D., Suastika, K. K., & Zubaidah, R. S. A. N. (2020). Pengembangan e-evaluation berbasis aplikasi hot potatoes untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26-32. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987.
Zalima, E. I., Njanji, F. P., Lasmiatik, L., Agustina, L., Dela, M., & Ambarawati, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung pada bilangan pecahan campuran. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 46-54. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i2.658.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.