Canva sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur

George Simanjutak, Sandri Sinaga, Dea Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan tentang media belajar yang lebih intensif terhadap guru untuk peserta didiknya. Media pembelajaran tersebut yaitu Canva yang dapat membantu dalam pembuatan teks prosedur, serta upaya yang dilakukan untuk mengembangkan media canva ini sebagai alat bantu pembelajaran teks prosedur pada tingkat sekolah. aplikasi canva ini dipakai untuk menumbuhkan minat siswa dalam proses belajar mengajar dimana siswa diharapkan mudah mengerti tentang materi pembelajaran yang sedang dipelajarinya. Aplikasi canva ini diharapkan dapatsss menjadi solusi terhadap proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru terhadap siswanya, agar pembelajaran dapat berkesinambungan dengan teknologi yang telah berkembang pesat saat ini, dimana siswa juga mampu menerima ilmu pembelajaran yang telah diberikan oleh guru.
Kata kunci— Canva, media pembelajaran, teks prosedur


abstract— This study was conducted with the aim of providing a view of more intensive learning media to teachers for their students. The learning media is Canva which can help in making procedural texts, as well as efforts made to develop this Canva media as a learning aid for procedural texts at the school level. This Canva application is used to increase student interest in the teaching and learning process where students are expected to more easily understand the learning material they are studying. This Canva application is expected to be a solution to be teaching and learning process caried out by teachers to their students, so that learning can be continous with the technology that has develoed rapidly today, where students are also able to receive the learning knowledge that has been given by the teacher.
Keywords— Canva, learning media, text procedur

Keywords


Canva, learning media, text procedur

Full Text:

PDF

References


Hapsari, T, dkk. (2020). Analisis kelayakan buku ajar milenial berbasis augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran teks prosedur di Magelang. s. 3(4), 351-364. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i4.125.

Kusuma, E. (2018). Model pembelajaran CIPRO (Citizen Prosedur) sebagai alternatif pengajaran teks prosedur dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. 7(2), 44-47. http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo.

Nurhayati, N, dkk. (2022). Pelantikan dan pendampingan desain dan produksi media pembelajaran berbasis aplikasi canva for education bagi guru bahasa di Kota Palembang. DINAMISIA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 6(1), 171-180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340.

Rahayu, T, dkk. (2022). Pengembangan media pembelajaran scrapbook dalam materi menulis teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kersana. Jurnal Teks Ilmiah Wahana Pendidikan. 8(19), 378-391. https://doi.org/10.5281/zenodo.7175617.

Wardana, M, dkk. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi canva dengan model microblogging sebagai pembelajaran teks prosedur tingkat SMP. Lingua Franca Jurnal Bahasa dan Sastra. 1(1), 53-64. https://doi.org/10.37680/linguafranca.v1i1.1220.

Wijayanti, W, dkk. (2015). Pengembangan bahan ajar interaktif kompetensi memproduksi memproduksi teks prosedur kompleks yang bermuatan kesantunan bagi peserta didik kelas X SMA/MA. SELOKA: jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 4(2), 94-101. http://journal.unnes.ac.id./sju/index.php./seloka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.