Tantangan Modernisasi dan Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi: Menjaga Keaslian Ajaran Agama dalam Era Kemajuan Teknologi dan Globalisasi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aziz, A., dan Dirgahayu, T. (2015). Pengembangan model e-office dan purwarupa institut perguruan tinggi di Indonesia. JUITA: Jurnal Informatika, 3(3), 129-142. https://doi.org/10.30595/juita.v3i3.869.
Fanreza, R. (2017). Pendidikan keluarga islam dalam keluarga dosen tetap Al-Islam kemuhamaadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(1), 141-161. https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i2.1386.
Firdaus, F. dan Husni, H. (2021). Desain kurikulum perguruan tinggi pesantren dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Tsamratul Fikri Jurnal Studi Islam, 15(1), 83-102. https://doi.org/10.36667/tf.v15i1.703.
Haluti, F., Ali, N., Jumahir, J., & Saleh, S. K. (2023). Peran Guru dalam membentuk karakter siswa di era modernisasi. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 211-216. Retrieved from https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/glasser/article/view/2467.
Husaini, H. (2021). Hakikat tujuan pendidikan agama islam dalam berbagai perspektif. Cross-border, 4(1), 114-126. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Crosss-Border/article/view/525.
Irianto, S. (2012). Otonomi Perguruan Tinggi suatu Keniscayaan. Depok: Gerakan Universitas Indonesia Bersih.
Matondang, A. (2019). Dampak modernisasi terhadap kehidupan sosial masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188-194. Retrieved from https://jurnaltest.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/2389.
Matondang, A. (2019). Dampak modernisasi terhadap kehidupan sosial masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188-194. Retrieved from https://jurnaltest.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/2389.
Maulani, F. A. G. dan Hamdani, A. N. (2024). Strategi manajemen perguruan tinggi swasta: menggunakan model strategic flexibility dan learning organization capability. Majalengka: PT. Pusat Literasi Dunia.
Nasution, Z. (2019). Dasar dan tujuan pendidikan Islam dalam konsep Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 9(2), 64-71. https://doi.org/10.18592/jtipai.v9i2.3366.
Pihar, A. (2022). Modernisasi pendidikan agama islam di era society 5.0. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 1-12. Retrieved from https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/1.
Prihatin, E. (2023). Srtategi sukses CRM di perguruan tinggi: membangun kepuasan dan loyalitas pelanggan untuk pertumbuhan perguruan tinggi berkualitas. Bandung: Indonesia Emas Group.
Rahmadania, S., Sitika, A. J., dan Darmayanti, A. (2021). Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Edumapsul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221-226. https://doi.org/10.33487/edumapsul.v5i2.1978.
Ramadanti, L. (2023). Evolusi metode pembelajaran pendidikan agama islam. Guau: jurnal pendidikan profesi guru agama islam, 3(5), 231-242. Retrieved from https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/1175.
Ridwan, A., Asmita, D., & Wulandari, N. (2023). Fungsi dan peran guru pendidikan agama islam untuk peningkatkan kedisiplinan pelaksanakan sholat berjamaah siswa. Jurnal Pendidikan, 5(4), 12026-12042. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2164.
Rodli, A. F. dan Yucha, N. (2022). Manajemen kinerja instutisi perguruan tinggi. Batam: CV Rey Media Grafika.
Rosana, E. (2011). Modernisasi dan perubahan sosial. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 7(1), 46-62. http://dx.doi.org/10.24042/tps.v7i1.1529.
Setiawan, F., Hutami, A. S., Riyadi, D. S., Arista, V. A dan Al Dani, Y. H. (2021). Kebijakan penguatan pendidikan karakter melalui pendidikan agama islam. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 1-22. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809.
Setiawati, L. (2024). Srategi membangun kinerja unggul universitas swasta: peran tata kelola, orientasi layanan dan kepemimpinan stratejik. Sumedang: Mega Press Nusantara.
Sopwandin, I. (2021). Manajemen perpustakaan perguruan tinggi. Bogor: Guepedia.
Wafi, A. (2017). Konsep dasar kurikulum pendidikan agama islam. RDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133-139. https://doi.og/10.33650/edureligia.v1i2.741.
Wati, E., Sari, W., Ibrahim, I., Rezeki, S., Maemunah, M., dan Saddam, S. (2023). Dampak modernisasi terhadap sopan santun generasi Milenial. In Seminar Nasional Paedagoria 3, 66-72. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16300.
Yahdi, M. (2010). Fungsi pendidikan islam dalam kehidupan manusia. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 211-225. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a7.
Zulkarnaen. (2024). Urgensi Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Moderasi Beragama. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.