Tantangan Modernisasi dan Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi: Menjaga Keaslian Ajaran Agama dalam Era Kemajuan Teknologi dan Globalisasi

Joko Setiyono, M Nuril Rohman Al Wahid, Shonia Qonita Syarkhan, Lisa Nur Asmi, Muhammad Khozinatur Asror

Abstract


abstrak— Modernisasi merupakan proses perubahan menjadi leih baik. Tujuan penelitian ini adalah dapat membantu menjaga esensi pendidikan agama dalam era modernisasi dan kemajuan teknologi serta globalisasi zaman sekarang. Penelitian ini menggunakan metode library research, data yamng di dapatkan merupakan data sekunder, teknik penelitian ini adalah simak, catat, libat dan validasi penilitian ini berupa triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) perguruan tinggi dalam menghadapi tantangan modernisasi, 2) menjaga keaslian agama di tengah kemajuan teknologi, 3) strategi membangun nilai nilai toleransi antar umat beragama di Indonesia. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat 3 hal penting dalam menjaga keaslian agama dalam era kemajuan teknologi dan globalisasi. Kata kunci— Modernisasi, Pendidikan Agama, Perguruan Tinggi abstract— Modernization is a process of change for the better. The aim of this research is to help maintain the essence of religious education in the current era of modernization and technological progress and globalization. This research uses the library research method, the data obtained is secondary data, the research technique is listening, taking notes, getting involved and validating this research in the form of triangulation. The results of this research are 1) universities in facing the challenges of modernization, 2) maintaining religious authenticity amidst technological advances, 3)strategies for building values of tolerance between religious communities in Indonesia. The conclusion of this research is that there are 3 important things in maintaining religious authenticity in the era of technological progress and globalization Keywords— Modernization, Religious Education, Higher Education.

Keywords


Modernization, Religious Education, Higher Education.

Full Text:

PDF

References


Aziz, A., dan Dirgahayu, T. (2015). Pengembangan model e-office dan purwarupa institut perguruan tinggi di Indonesia. JUITA: Jurnal Informatika, 3(3), 129-142. https://doi.org/10.30595/juita.v3i3.869.

Fanreza, R. (2017). Pendidikan keluarga islam dalam keluarga dosen tetap Al-Islam kemuhamaadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(1), 141-161. https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i2.1386.

Firdaus, F. dan Husni, H. (2021). Desain kurikulum perguruan tinggi pesantren dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Tsamratul Fikri Jurnal Studi Islam, 15(1), 83-102. https://doi.org/10.36667/tf.v15i1.703.

Haluti, F., Ali, N., Jumahir, J., & Saleh, S. K. (2023). Peran Guru dalam membentuk karakter siswa di era modernisasi. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 211-216. Retrieved from https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/glasser/article/view/2467.

Husaini, H. (2021). Hakikat tujuan pendidikan agama islam dalam berbagai perspektif. Cross-border, 4(1), 114-126. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Crosss-Border/article/view/525.

Irianto, S. (2012). Otonomi Perguruan Tinggi suatu Keniscayaan. Depok: Gerakan Universitas Indonesia Bersih.

Matondang, A. (2019). Dampak modernisasi terhadap kehidupan sosial masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188-194. Retrieved from https://jurnaltest.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/2389.

Matondang, A. (2019). Dampak modernisasi terhadap kehidupan sosial masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188-194. Retrieved from https://jurnaltest.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/2389.

Maulani, F. A. G. dan Hamdani, A. N. (2024). Strategi manajemen perguruan tinggi swasta: menggunakan model strategic flexibility dan learning organization capability. Majalengka: PT. Pusat Literasi Dunia.

Nasution, Z. (2019). Dasar dan tujuan pendidikan Islam dalam konsep Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 9(2), 64-71. https://doi.org/10.18592/jtipai.v9i2.3366.

Pihar, A. (2022). Modernisasi pendidikan agama islam di era society 5.0. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 1-12. Retrieved from https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/1.

Prihatin, E. (2023). Srtategi sukses CRM di perguruan tinggi: membangun kepuasan dan loyalitas pelanggan untuk pertumbuhan perguruan tinggi berkualitas. Bandung: Indonesia Emas Group.

Rahmadania, S., Sitika, A. J., dan Darmayanti, A. (2021). Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Edumapsul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 221-226. https://doi.org/10.33487/edumapsul.v5i2.1978.

Ramadanti, L. (2023). Evolusi metode pembelajaran pendidikan agama islam. Guau: jurnal pendidikan profesi guru agama islam, 3(5), 231-242. Retrieved from https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/1175.

Ridwan, A., Asmita, D., & Wulandari, N. (2023). Fungsi dan peran guru pendidikan agama islam untuk peningkatkan kedisiplinan pelaksanakan sholat berjamaah siswa. Jurnal Pendidikan, 5(4), 12026-12042. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2164.

Rodli, A. F. dan Yucha, N. (2022). Manajemen kinerja instutisi perguruan tinggi. Batam: CV Rey Media Grafika.

Rosana, E. (2011). Modernisasi dan perubahan sosial. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 7(1), 46-62. http://dx.doi.org/10.24042/tps.v7i1.1529.

Setiawan, F., Hutami, A. S., Riyadi, D. S., Arista, V. A dan Al Dani, Y. H. (2021). Kebijakan penguatan pendidikan karakter melalui pendidikan agama islam. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 1-22. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809.

Setiawati, L. (2024). Srategi membangun kinerja unggul universitas swasta: peran tata kelola, orientasi layanan dan kepemimpinan stratejik. Sumedang: Mega Press Nusantara.

Sopwandin, I. (2021). Manajemen perpustakaan perguruan tinggi. Bogor: Guepedia.

Wafi, A. (2017). Konsep dasar kurikulum pendidikan agama islam. RDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133-139. https://doi.og/10.33650/edureligia.v1i2.741.

Wati, E., Sari, W., Ibrahim, I., Rezeki, S., Maemunah, M., dan Saddam, S. (2023). Dampak modernisasi terhadap sopan santun generasi Milenial. In Seminar Nasional Paedagoria 3, 66-72. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16300.

Yahdi, M. (2010). Fungsi pendidikan islam dalam kehidupan manusia. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 211-225. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a7.

Zulkarnaen. (2024). Urgensi Peran Tokoh Agama dalam Pembinaan Moderasi Beragama. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.