Analisis Unsur Intrinsik Puisi Tuhan Adalah Penolong karya Linda Rahma Dhani Saputri
Abstract
Kata kunci— Puisi, Unsur intrinsik, Tuhan adalah Penolong
abstract— Intrinsic elements are elements that make up the poem and provide meaning that becomes a physical element. The purpose of the research is to know and analyze the intrinsic elements of the poem Tuhan adalah Penolong by Linda Rahma Dhani Saputri. The method used is qualitative research type method. The techniques of listening, noting and engaging are techniques applied in collecting data in this study, then the data analysis technique in the study uses content analysis content from Milles and Huberman. The analysis of the intrinsic elements in the poem God is Helper by Linda Rahma Dhani Saputri is 1) themed on trust and God's help, 2) has a personification style, 3) applies connotative diction, 4) applies free rhyme, 5) has a mandate to believe in God's power, 6) applies a third person point of view, and 7) has typography in the form of a birthday cake.
Keywords— Poetry, Intrinsic elements, Tuhan adalah Penolong
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A., Djou, D. N., & Masie, S. R. (2020). Afiks infleksi dan derivasi dalam bahasa gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 6(4), 397-414. https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/305.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Aloysia, D. A. M. L., & Utami, S. (2022). Majas dalam puisi dan lagu karya Fiersa Besari. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(2), 86-107. http://doi.org/10.25273/linguista.v6i2.12580.
Amaliah, F. N. (2020). Peran pengelola bank sampah ramah lingkungan (RAMLI) dalam pemberdayaan masyarakat di perumahan graha indah Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 18-22. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.430.
Amin, K., & Muliadi, M. (2016). Asonansi dalam puisi “membaca untuk mengetahui” karya Udin Palisuri. Tamaddun, 15(1), 1-4. https://doi.org/10.33096/tamaddun.v15i1.31.
Andalas, E. F., & Prihatini, A. (2018). Representasi perempuan dalam tulisan dan gambar bak belakang truk: Analisis wacana kritis multimodal terhadap bahasa seksis. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 2(1), 1-19. https://doi.org/10.22219/satwika.v2i1.7018.
Asyari, M. M., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi apitan masyarakat singocandi Kudus. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 34-40. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5764.
Aziza Aulia Azzahra. (2022). Analisis struktural puisi Sendiri karya Abdul Hadi W.M. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(3), 39–47. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i3.395.
Batubara, J. (2017). Paradigma penelitian kualitatif dan filsafat ilmu pengetahuan dalam konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95-107. https://doi.org/10.52657/jfk.v3i2.387.
Dau, J. G., Kely, J. S., & Kurniawan, E. D. (2023). Analisis gaya bahasa dalam puisi Aku Tulis Pamplet Ini karya WS Rendra. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 135-140. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1323.
Dewi, B. J. P. R., Karma, I. N., & Musaddat, S. (2021). Analisis kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 43 Ampenan tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 776-784. Retrieved from https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/340.
Dirman, R. (2022). Analisis struktur puisi dalam kumpulan puisi “aku ini binatang jalang” karya chairil anwar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(11), 1635-1646. https://doi.org/10.53625/joel.v1i11.2704.
Domina, C. C., Surastina, S., & Maryova, F. (2021). Pengaruh model pembelajaran kuasai terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Xaverius 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 1-12. Retrieved from https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/warahan/article/view/109.
Febrianti, A., Destiana, S. C., & Nugraha, M. I. (2022). Analisis majas dan citraan pada puisi “Bawa Saja Aku” karya Heri Isnaini dengan pendekatan stilistika. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 28-34. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.132.
Fitriyyah, S. M. (2022). Analisis makna majas metafora yang diungkapkan pengarang pada puisi “Aku Ingin Melukismu” karya Nenden Lilis Aisyah. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 52-60. https://doi.org/10.58192/insdun.v1i3.216.
Fransiska, Y., & Yenita, R. (2021). Penggunaan media loose parts dalam pembelajaran di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5454-5462. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1852.
Hanafi, S. R. A., & Puspita, N. D. (2023). Analisis objektif dan mimetik pada cerpen “Pelajaran Mengarang” karya Seno Gumira Ajidarma. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 1(5), 262-273. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i5.312.
Handiani, M. P. (2023). Analisis strukturalisme puisi modern “Enam” mengunakan pendekatan objektif karya Putu Wijaya. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 99-107. Retrieved from https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/aksentuasi/article/view/944.
Hasibuan, S., & Ilyas, S. B. N. (2021). Pesan moral dalam puisi “Lastu Mitsla Al-Nȃsi” karya Faruq Juwaidah (Analisis Konten). An-Nahdah Al-'Arabiyah, 1(2), 211-229. https://doi.org/10.22373/nahdah.v1i2.1230.
Hidayatusholikah, N., Hasanudin, C., & Rohman, N. (2023). Analisis keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning. Jurnal Sastra dan Pendidikan, 1 (1), 9–18. Retrieved from https://jurnal.hiskikaltim.org/index.php/jle/article/view/7.
Jayakandi, J., Arifin, E. Z., & Sumadyo, B. (2021). Rima dan makna pantun dalam tradisi lisan gambang rancag dengan pendekatan hermeneutik. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(2), 124-137. http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9436.
Kamal, M., Hariadi, J., & Effendi, D. I. (2023). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam naskah drama komunitas seni rajut "Bertahan" karya Ardiansyah Abdullah. Jurnal Samudra Bahasa, 6(2), 30-46. https://doi.org/10.33059/jsb.v6i2.8990.
Khairunisa, R. (2017). Penggunaan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas III B SDN 005 Awang Long Samarinda. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 100-107. Retrieved from https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/95.
Khatimah, H., & Dewi, D. W. C. (2004). Analisis struktur puisi" Tak Bermaksud" karya Prilly Latuconsina. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 2(3), 90-100. https://doi.org/10.6734/argopuro.v2i3.3130.
Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika guru dalam melaksanakan program literasi di kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31-37.
https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p31-37.
Kusmanto, H., Sabardila, A., & Al-Ma'ruf, A. I. (2021). Diksi dalam wacana humor Indonesia di media sosial (Diction in Indonesia Humor Discourse on Sosial Media). Kandai, 17(1), 45-59. https://doi.org/10.26499/jk.v17i1.2186.
Lestari, Q. Y., Jannah, K. R., Rahayu, S. Y., & Damariswara, R. (2023). Analisis unsur intrinsik pada puisi “Kepada Orang Yang Baru Patah Hati” karya Raditya Dika. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 154-161. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.244.
Mardilah, M. (2022). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode location technic siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Panjatan. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2), 107-121. https://doi.org/10.51878/language.v2i2.1215.
Meliyawati, M., & Sahrudin, A. (2018). Pengaruh model talking stick terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik puisi ODE pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cigeulis. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 157-162. https://doi.org/10.30653/003.201842.58.
Mentari, L., Idham, M., & Herman, R. (2021). Analisis rima dan ritma dalam Syair Lagu Apache 13. Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(2), 59-64. https://doi.org/10.24815/jbs.v15i2.22903.
Noviyanti, S., Ansoriyah, S., & Tajuddin, S. (2023). Peran gaya bahasa dalam membangun wacana pada novel Rasa karya Tere Liye: Kajian Stilistika. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 1226-1244. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2993.
Nurhalimah, S., & Maryana, R. (2023). Analisis puisi “Aku Tidak Akan Berhenti Mencarimu” karya Heri Isnaini dengan pendekatan struktural. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(2), 21-28. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i2.179.
Nursalamah, R., Hasim, A., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2023). Korelasi minat membaca dengan keterampilan menulis puisi. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(3), 283-288. https://doi.org/10.36312/jcm.v4i3.1783.
Nurulanningsih, N., & Senja, A. (2024). Sudut pandang dalam kumpulan cerpen Kabut di Teras Senja karya Sutini dan implikasi terhadap pembelajaran sastra di SMA. Pena Literasi, 7(1), 51-60. https://doi.org/10.24853/pl.7.1.51-60.
Oktavia, W. (2019). Analisis kesulitan menulis puisi bebas. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 4(2), 70-75. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/4031.
Prasetyo, R., & Suryani, I. (2018). Kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 296-312. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6763.
Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Saifudin, M. F. (2021). Menggali nilai karakter dalam ungkapan hikmah di sekolah dasar se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 241-255. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4795.
Priasmoro, B., Saptomo, S. W., & Kusumaningsih, D. (2023). Tindak tutur asertif dalam video podcast deddy corbuzier episode menteri keuangan. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 8(2), 300-306. Retrieved from https://bastra.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/184.
Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728.
Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan membaca dan menulis puisi pada peserta didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 89-96. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.552.
Rahmawati, D. L. (2013). Penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran menulis karya sastra (Cerpen). Anterior Jurnal, 13(1), 43-51. https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.290.
Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Rodiulloh, M. A., & Rifaldi, M. (2023). Analisis semiotika puisi “Kesabaran” karya Chairil Anwar. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 92-100. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i3.186.
Sandy, W. K., & Mulyantomo, E. (2021). Analisis minat kunjung pemustaka di dinas arsip dan perpustakaan daerah Kota Semarang. Information Science and Library, 2(1), 29-36. http://dx.doi.org/10.26623/jisl.v2i1.3203.
Sauri, S. S. (2019). Nilai-nilai sosial dalam novel hujan karya Tere Liye sebagai bahan pembelajaran kajian prosa pada mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Jurnal Konfiks, 6(2), 1-8. https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i2.2687.
Sellavia, R., & Fradana, A. N. (2024). Pengaruh metode role playing terhadap keterampilan membaca puisi di sekolah dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1762-1768. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3606.
Simarmata, M. Y. (2014). Kajian puisi kontemporer parsiak na bagi karya Thomson HS dengan pendekatan hermeneutik. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(1), 146-160. https://doi.org/10.31571/bahasa.v3i1.181.
Suryani, S., Hayati, M., Sari, J., & Rahmayanti, W. S. (2024). Pendampingan penulisan antologi puisi siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Sukaraja berbasis kearifan lokal dengan tema hati santri. Community Education Engagement Journal, 5(2), 84-95. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/ecej/article/view/16310.
Trinanda, T., Elmustian, E., & Septyanti, E. (2022). Tipografi pada kumpulan sajak Doa Langit Mekar Cinta Laut karya Abdul Kadir Ibrahim. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7922-7931. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3647.
Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan Dialek Semarang di Perantauan Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11393-11402. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253.
Wirawan, G. (2017). Analisis struktural antologi puisi Hujan Lolos di Sela Jari karya Yudhiswara. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(2), 39-44. https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.89.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.