Cara Mengenalkan dan Mengoperasikan Bilangan Bulat untuk Siswa Sekolah Dasar di Kurikulum Merdeka
Abstract
Kata kunci—bilangan bulat, sekolah dasar, kurikulum merdeka
abstract—Integers are full numbers that are divided into positive and negative integers. The aim of learning integers is so that students can solve problems and prove them.The research method applied was systematic literature review (SLR). SLR is an in-depth critique and evaluation of previous research carried out systematically by applying applicable standards.Research results Students were introduced to various types of ways to solve the addition calculation operation.
Keywords—integers, elementary school, independent curriculum
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, M., & Ramadhan, H, Z. (2021). Implementasi pendidikan karakter sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(6), 5548. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701
Audina, S., Nahdi, S, D., & Sudianto, S. (2023). Operasi penjumlahan bilangan bulat pakai garis bilangan matematika siswa. Jurnal pendidikan matematika, 2(1), 11-17. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.305
Aulia, A, T., Nugraha, G, R., & Permana, D, F, A. (2024). Pengembangan vidio animasi tentang manfaat sekolah. Jurnal pendidikan, 6(4), 18907. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5745_
Badru, B, B. (2020). Peningkatan kompetensi dasar pola bilangan bulat siswa sekolah dasar. Jurnal sipatokkong BPSDM, 1(1), 123. http://www.ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/88
Bariyah, K, S. (2019). Peran pusat dalam membentuk kepribadian anak. Jurnal kependidikan, 7(2), 228. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3043
Bisri, H., & Ichsan, M. (2015). Penilaian dengan teknik nontes sekolah dasar. Jurnal sosial humaniora, 6(2). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=sistem+penilaian+sekolah+dasar&oq=sistem+penilaian+sek#d=gs_qabs&t=1718419077207&u=%23p%3D-itgjws4_MIJ_
Damayanti, D., Yudiantara, R., & Anars, G, M. (2020). Sistem penilaian peserta didik. Jurnal informatika dan perangkat lunak, 2(4). https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1512_
Dani, A, A., & Sukarono, S. (2022). Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik. Jurnal basicedu, 6(3), 4351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831_
Haq, N., & Setiawan, P, D. (2024). Mengkaji nilai religius pada bilangan bulat. Jurnal agama sosial,dan budaya, 3(7), 256-269. https://doi.org/10.55606/religion.v3i2.939
Junaidi, J., & Rahayu, N. (2023). Kolaborasi sekolah dasar kurikulum merdeka dunia usaha industri. Prosiding seminar Nasional USM, 4(1), 373. https://scholar.google.com/scholar?start=30&q=manfaat+kurikulum+merdeka+belajar&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1719385270546&u=%23p%3Dof61jndxI40J_
Kurniawan, I, M. (2015). Pusat pendidikan sarana karakter anak sekolah dasar. Jurnal pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Marogi, A., Karlimah, K., & Hidayat, S. (2016). Pengenalan konsep bilangan bulat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(2), 292-302. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v3i2.5160
Munawar, M. (2022). Penguatan komite pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka. https://doi.org/10.35878/tintaemas/v1.il.390._
Nada, U. (2020). Sifat operasi bilangan melalui investigasi matematika. Conference series, 5(6), 1413. https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.84744
Nugraha, A., Respati, R., & Ilmi, F. (2021). Manfaat lagu anak untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar, 8(3), 675. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39237_
Pakombong, R. (2019). Guru mengatasi kesulitan dalam belajar siswa SMP topik bilangan bulat. Universitas Harapan. http://repository.uph.edu/id/eprint/5567
Rasyid, H., & Jannah, M, M. (2023). Persepsi guru pendidikan usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=manfaat+kurikulum+merdeka+belajar&oq=manfaat+kurikulum+merdeka#d=_
Sapri, S., & Harianja, M, M. (2020). Implementasi ice breaking pada siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(1), 1324. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15969_
Suryani, Y, & Ningrum, R, A. (2022). Peran penggerak dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal pendidikan dasar, 6(2). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+kurikulum+merdeka&oq=pengertian+kuri#d=gs_qabs-
Tristaningrat, N, A, M., & Wiguna, W, K. (2022). Mempercepat perkembangan kurikulum merdeka. Jurnal pendidikan dasar, 3(1), 17-26. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.229_
Wati, E, C., Rahmawati, D, N., & Febrianti, F, R. (2024). Pengaruh media katak lompat pada materi pengurangan sekolah dasar kelas 1. Jurnal basicedu 8(2), 1357-1366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7259
Yanto, A., Purnamasari, I, A., Dana, D, R., Suprapti, T., & Rohmat, L, C. (2022). Peningkatan pemahaman matematika dasar materi bilangan cacah. Scientific Journal of Informatics Management and Computer6(1), 1-7. https://doi.org/10.32485/kopertip.v6i1.129
Yohanes, B., & Darmawan, P. (2024). Penalaran deduktif siswa dalam membuktikan sifat tertutup perkalian sekolah dasar. jurnal penelitian HOTS pendidikan matematika, 4(1), 406. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.