Cara Mengenalkan dan Mengoperasikan Bilangan Bulat untuk Siswa Sekolah Dasar di Kurikulum Merdeka

Muhammad Izzan Aflaha, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Bilangan bulat adalah bilangan yang di tulis tanpa komponen. Tujuan belajar bilangan asli adalah agar siswa dapat menyelesaikan masalah dan membuktikan.Metode penelitian yang diterapkan adalah systematic literature review (SLR). SLR merupakan kritik dan evaluasi mendalam terhadap penelitian sebelumnya yang dilakukan secara sistematis dengan mengaplikasikan standar-standar yang berlaku.Hasil penelitian Siswa diperkenalkan dengan berbagai jenis cara untuk menyelesaikanya itu operasi hitung penjumlahan.
Kata kunci—bilangan bulat, sekolah dasar, kurikulum merdeka

abstract—Integers are full numbers that are divided into positive and negative integers. The aim of learning integers is so that students can solve problems and prove them.The research method applied was systematic literature review (SLR). SLR is an in-depth critique and evaluation of previous research carried out systematically by applying applicable standards.Research results Students were introduced to various types of ways to solve the addition calculation operation.
Keywords—integers, elementary school, independent curriculum

Keywords


integers, elementary school, independent curriculum

Full Text:

PDF

References


Amelia, M., & Ramadhan, H, Z. (2021). Implementasi pendidikan karakter sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(6), 5548. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701

Audina, S., Nahdi, S, D., & Sudianto, S. (2023). Operasi penjumlahan bilangan bulat pakai garis bilangan matematika siswa. Jurnal pendidikan matematika, 2(1), 11-17. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.305

Aulia, A, T., Nugraha, G, R., & Permana, D, F, A. (2024). Pengembangan vidio animasi tentang manfaat sekolah. Jurnal pendidikan, 6(4), 18907. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5745_

Badru, B, B. (2020). Peningkatan kompetensi dasar pola bilangan bulat siswa sekolah dasar. Jurnal sipatokkong BPSDM, 1(1), 123. http://www.ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/88

Bariyah, K, S. (2019). Peran pusat dalam membentuk kepribadian anak. Jurnal kependidikan, 7(2), 228. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3043

Bisri, H., & Ichsan, M. (2015). Penilaian dengan teknik nontes sekolah dasar. Jurnal sosial humaniora, 6(2). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=sistem+penilaian+sekolah+dasar&oq=sistem+penilaian+sek#d=gs_qabs&t=1718419077207&u=%23p%3D-itgjws4_MIJ_

Damayanti, D., Yudiantara, R., & Anars, G, M. (2020). Sistem penilaian peserta didik. Jurnal informatika dan perangkat lunak, 2(4). https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1512_

Dani, A, A., & Sukarono, S. (2022). Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik. Jurnal basicedu, 6(3), 4351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831_

Haq, N., & Setiawan, P, D. (2024). Mengkaji nilai religius pada bilangan bulat. Jurnal agama sosial,dan budaya, 3(7), 256-269. https://doi.org/10.55606/religion.v3i2.939

Junaidi, J., & Rahayu, N. (2023). Kolaborasi sekolah dasar kurikulum merdeka dunia usaha industri. Prosiding seminar Nasional USM, 4(1), 373. https://scholar.google.com/scholar?start=30&q=manfaat+kurikulum+merdeka+belajar&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1719385270546&u=%23p%3Dof61jndxI40J_

Kurniawan, I, M. (2015). Pusat pendidikan sarana karakter anak sekolah dasar. Jurnal pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Marogi, A., Karlimah, K., & Hidayat, S. (2016). Pengenalan konsep bilangan bulat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(2), 292-302. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v3i2.5160

Munawar, M. (2022). Penguatan komite pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka. https://doi.org/10.35878/tintaemas/v1.il.390._

Nada, U. (2020). Sifat operasi bilangan melalui investigasi matematika. Conference series, 5(6), 1413. https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.84744

Nugraha, A., Respati, R., & Ilmi, F. (2021). Manfaat lagu anak untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar, 8(3), 675. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i3.39237_

Pakombong, R. (2019). Guru mengatasi kesulitan dalam belajar siswa SMP topik bilangan bulat. Universitas Harapan. http://repository.uph.edu/id/eprint/5567

Rasyid, H., & Jannah, M, M. (2023). Persepsi guru pendidikan usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=manfaat+kurikulum+merdeka+belajar&oq=manfaat+kurikulum+merdeka#d=_

Sapri, S., & Harianja, M, M. (2020). Implementasi ice breaking pada siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(1), 1324. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15969_

Suryani, Y, & Ningrum, R, A. (2022). Peran penggerak dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal pendidikan dasar, 6(2). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengertian+kurikulum+merdeka&oq=pengertian+kuri#d=gs_qabs-

Tristaningrat, N, A, M., & Wiguna, W, K. (2022). Mempercepat perkembangan kurikulum merdeka. Jurnal pendidikan dasar, 3(1), 17-26. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.229_

Wati, E, C., Rahmawati, D, N., & Febrianti, F, R. (2024). Pengaruh media katak lompat pada materi pengurangan sekolah dasar kelas 1. Jurnal basicedu 8(2), 1357-1366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7259

Yanto, A., Purnamasari, I, A., Dana, D, R., Suprapti, T., & Rohmat, L, C. (2022). Peningkatan pemahaman matematika dasar materi bilangan cacah. Scientific Journal of Informatics Management and Computer6(1), 1-7. https://doi.org/10.32485/kopertip.v6i1.129

Yohanes, B., & Darmawan, P. (2024). Penalaran deduktif siswa dalam membuktikan sifat tertutup perkalian sekolah dasar. jurnal penelitian HOTS pendidikan matematika, 4(1), 406. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1259


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.