Teori Bilangan: Mengenalkan Jenis-Jenis Bilangan pada Anak Usia Dasar

Choirum Umaroh, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Teori Bilangan adalah salah satu mata perkuliahan wajib untuk mahasiswa yang   mangkaji mengenai pembelajaran pembuktian, sifat-sifat, hubungan, serta jenis-jenis bilangan. Teori Bilangan menjelaskan tentang sifat dan hubungan suatu bilangan dalam kehidupan sehari-hari,dalam teori bilangan juga menjelaskan dasar-dasar dari bilangan itu sendiri tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa tingkat sekolah dasar melalui pengenalan Teori Bilangan.  Metode yang digunakan untuk pembelajaran ini yaitu menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Sistem Literature Review (SLR) adalah pendekatan metodologis yang sistematis untuk menyusun dan menganalisis literatur yang ada tentang suatu topik penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dari data sekunder. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari artikel yang diperoleh dari ber bagai jurnal nasional . Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori bilangan membahas tentang konsep dasar bilangan, operasi matematika dasar, sifat-sifat bilangan, dan operasi matematika lanjutan.

Kata kunci—Teori Bilangan, Bilangan, dan Sekolah Dasar

 

Abstract—Number Theory is one of the compulsory subjects for students who study about learning proof, properties, relationships, and types of numbers. Number Theory explains the nature and relationship of a number in everyday life, in number theory also explains the basics of the number itself.The purpose of this study is to improve the math skills of elementary school students through the introduction of Number Theory.  The method used for this learning is using the Systematic Literature Review (SLR) method. Systematic Literature Review (SLR) is a systematic methodological approach to compiling and analyzing existing literature on a research topic. The data used in this research is from secondary data. Secondary data in this study were obtained from articles obtained from various national journals. The results showed that number theory discusses the basic concepts of basic concepts, basic mathematical operations, properties of numbers, and advanced mathematical operations. advanced math operations.

Keywords—Number Theory, Number, and Elementary School


Keywords


Number Theory, Number, and Elementary School

Full Text:

PDF

References


Apriliani, N. W., Agung, A. G., & Kristiantari, M. R. (2013). Penerapan Model Number Head Together dengan Media Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1044

Damayanti, D., Yudiantara, R., & An’ars, M. G. (2021). Sistem Penilaian Rapor Peserta Didik Berbasis Web Secara Multiuser. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(4), 447-453.. https://doi.org/10.33365/jatika.v2i4.1512

Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran produktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 119-123. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2720

Devi, N. M. I. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416-426. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331

Farida, N., & Ferdiani, R. D. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengkonstruksi materi teori bilangan. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(3), 219-232.. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6054

Fatahanik, U. (2020). Pengembagan bahan ajar Teori Bilangan berbasis Macromedia flash. PT. Mathematics Journal, 3(2). 100-107. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i2.4828

Hardini, W. E. & Sopiany H. N. (2019). Konsep kehidupan beragama dalam sifat trikotomi bilangan riil. Prosidingsosesiomadika. 1(1A). 1-8. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2122

Kartini, D., & Dewi, D. (2021). Implementasi pancasila dalam pendidikan sekolah dasar. Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 3(1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1304

Kurniasi, E. R., & Juwita, I. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa ditinjau dari kemampuan tinggi, sedang, rendah. Edutainment, 7(1), 21-34. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.160

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71

Mahmudah, W. & Triana, I. W. 2018). Pengembangan Buku Ajar untuk Mendukung Pembelajaran Model Think-Pair-Share pada Mata Kuliah Teori Bilangan. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 77-83. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/709831

Mendrova, N., Fauzi, K., & Sitompul, P. (2023). Analisis hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan matematika, 7(3), 2922-2931. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2553

Mubarak, R. (2013). Pengembangan kurikulum sekolah dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 24. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3295

Muliani, B. N. (2019). Peningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan melalui Media Model Kereta Api. Pandawa, 1(1), 20-39. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/314

Musi, M. A., Sadaruddin, S., & Mulyadi, M. (2018). Implementasi permainan edukatif berbasis budaya lokal untuk mengenal konsep bilangan pada anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117-128. https://doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128

Novianty, E. (2023). Analisis kema pemahaman matematis mahasiswa STKIP Paris Barantai pada mata kuliah teori bilangan . Cendekia: Jurnal ilmiah pendidikan, 11(1), 139-149. https://doi.org/10.33659/cip.v11i1.273

Nuraeni, Z. (2019). Penerapan teori bilangan dalam perhitungan kalender tradisional. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 24-30. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.530

Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2020). Number sense siswa pada materi bilangan. Prosiding Sesiomadika, 2(1). 1-9. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2949

Ratnasari, S., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi himpunan. Journal On Education, 1(2), 473-479. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.94

Rizkiya, I., Syamsuar, S., Masrun, M., & Bahtra, R. (2023). Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Android Melalui Aplikasi Sakola Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga, dan Kesehatan Sekolah Dasar Se Kota Padang. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1627-1637. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5550

Rulviana, V. (2018). Implementasi Media Edmodo Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2361

Sari, I. W. (2020). Analisis kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan di tahun akademik 2019/2020. Widyaloka 7(1). 1-11 https://jurnal.ikipwidyadarmasurabaya.ac.id/index.php/widyaloka/article/view/37

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(2). http://dx.doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Yazidah Nok I., Yuni S., Era Dwi K., (2022). Analisis kesalahan dalam pembuktian teorema bilangan bulat pada mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Fachtur M.,4(2) 1-10 https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3903

Yuliyanti, Y., Damayanti, E., & Nulhakim, L. (2022). Perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia dan perbedaan dengan kurikulum di beberapa negara. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 95-106. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7271


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.