Pemanfaatan Video Pembelajaran pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Atas
Abstract
abstrak—Video pembelajaran dapat menyajikan gambar dan suara dalam bentuk yang menarik. Tujuan dari penlitian ini merupakan meningkatkan minat belajar, dan meningkatkan ide-ide kreatif siswa. Metode yang dipakai dalam Penelitian ini merupakan SLR (Systematic Literature Review). Data yang digunakan berupa data sekunder dari jurnal yang terbit secara nasional dan internasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teori konstruktivisme. Teknik validasi data yang dipakai pada Penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil dari Penelitian ini menunjukan pembuatan video Pembelajaran yang mencakup 1) menentukan materi, 2) unduh aplikasi canva, 3) login email 4) klik ikon video, 5) pilih template, 6) edit template, 7) unduh template video Pembelajaran, 8) tambah music dan suara di capcut, 9) upload di youtube. Simpulan penelitian ini adalah terdapat sembilan cara yang bisa dilakukan untuk membuat video pembelajaran.
abstract—Learning videos can present images and sound in an interesting form. The purpose of this research is to increase interest in learning, and increase students' creative ideas. The method used in this research is SLR (Systematic Literature Review). The data used is secondary data from journals published nationally and internationally. The data collection technique uses constructivism theory. The data validation technique used in this research is source triangulation. The results of this study show the making of a Learning video which includes 1) determining the material, 2) download the canva application, 3) login email 4) click the video icon, 5) select a template, 6) edit the template, 7) download the Learning video template, 8) add music and sound in the capcut, 9) upload on youtube. The conclusion of this research is that there are nine ways that can be done to create a Learning video.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar ipa melalui penggunaan media video pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034.
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis: systematic literature review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61-75. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5745.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 123-140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57.
Cahyono, H. (2021). Penggunaan video pembelajaran berbasis aplikasi bandicam pada mata kuliah teori graf untuk meningkatkan kemampuan abstraksi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2), 114-119. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.205.
Eliza, N., & Pujiastuti, H. (2022). Studi etnomatematika: Penentuan tanggal Masyarakat baduy dan hubungannya dengan konsep Aljabar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 90-99. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4270.
Fakhriyana, D., & Riayah, S. (2021). Optimalisasi pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan media pembelajaran video interaktif terhadap pemahaman matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19-30. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561.
Febriana, L. Z., & Masykur, A. M. (2022). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan efikasi diri pengambilan keputusan karir pada siswa kelas xi sma negeri 1 sayung demak. Jurnal Empati, 10(6), 390-396. https://doi.org/10.14710/empati.2021.33217.
Hasanah, H. (2019). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar. Jurnal Intent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu, 1(2), 76-84. https://doi.org/10.47080/intent.v2i1.520.
Herawati, E., & Kadarisma, G. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan soal operasi aljabar Pembelajaran Matematika In. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 355-364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p.
Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2017). Analisis kelayakan isi materi dari komponen materi pendukung pembelajaran dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas xi sma negeri di kota bandung. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1). 341-345. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10347.
Kuntaro, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis manfaat penggunaan aplikasi zoom dalam pembelajaran daring bagi guru dan siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 49-62. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15742.
Lestari, D., E., & Suryadi, D. (2020). Analisis kesulitan operasi hitung bentuk aljabar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 247-258. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.9737.
Mardiana, S., & Sumiyatun, S. (2017). Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Metro. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 1(5), 45-54. http://dx.doi.org/10.24127/hj.v5i1.732.
Nisa, W. A., Damayanti, D., & Sulistyawati, A. (2023). Pengembangan sistem pembelajaran berbasis komputer pada SMAN 2 Negeri Katon. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 1(4), 49-53. https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i1.2438.
Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika materi bentuk aljabar pada siswa smp kelas vii. Jurnal On Education, 2(1). 323-334. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.72.
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48-64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430.
Nurlatifah, A., Rachman, K. F., Arani, N., Rahmatullah, M. A., & Dzakwan, R. (2023). Efektifitas penggunaan media video animasi dengan media bacaan dalam materi aljabar di SMAN 1 CISARUA. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 231-243. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.906.
Octaviyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika kelas iv sd. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66-74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.
Pangalo, E. G. (2020). Pembelajaran mobile learning untuk siswa sma. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(5), 38-56. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2851.
Pritandhari, M. (2016). Penerapan komik strip sebagai media pembelajaran mata kuliah manajemen keuangan mahasiswa universitas muhammadiyah metro. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 2(4). 1-7. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.631.
Puspasari, G. H. L., Anggraeni, L. P., Al-Farizqi, M. A. S., Febriani, N. S., Juliana, S., & Fuadin, A. (2023). Peran aljabar di kalangan pedagang. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 87-97. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.410.
Puspitasari, N., & Mayrohmah, S. H. (2023). Peran aljabar boolean dalam ilmu komputer dan perancangan rangkaian logika. Jurnal Informa: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 9(2), 26-33. https://doi.org/10.46808/informa.v9i2.258.
Rahayu, A. M., Badruzzaman, F. H., & Harahap, E. (2021). Pembelajaran aljabar melalui aplikasi wolfram alpa. Jurnal Matematika : Teori dan Terapan Matematika, 1(20). 51-58. https://journals.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/1548.
Rahman, A., & Khoirunnisa, R. N. (2019). Hubungan antara regulasi emosi dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas xi SMA Negeri 22 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(6), 1-6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/26983.
Rahmawati, F., & Atmojo, I., R., W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran ipa. Jurnal Basicedu, 8(6), 6271-6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717.
Rohmawati, O., Poniyah, P., Rahayuningtias, Z. D., Adiyono, A. (2021). Penerapan Model Pengembangan Kurikulum PAI SMA Negeri 1 Batu Engau. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 72-80. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i2.1171.
Sari, M., Anggoro, B. S., & Sugiharta, I. (2020). Analisis peningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar dampak flipped classroom berbantuan video pembelajaran. Nabla Dewantara, 5(2), 94-106. https://doi.org/10.51517/nd.v5i2.228.
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 79-88. http://dx.doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208.
Tamu, S. D., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan modul dan video pembelajaran matematika persiapan ujian nasional pada materi dimensi tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 21-31. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4558.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 2(1), 63-77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916.
Vinci, A. S., Bachtiar, A., & Parahita, I. G. (2022). Efektivitas edukasi mengenai pencegahan stunting kepada kader: Systematic literature review. Jurnal Endurance, 7(1), 66-73. https://doi.org/10.22216/jen.v7i1.822.
Wahyuni, R., Herman, T., Fatimah, S., Muntazhimah, M., & Anwar, A. Mengenal peran huruf-huruf aljabar dari interpretasi siswa smp. SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 130-140. https://doi.org/10.17509/sigmadidaktika.v10i2.53065.
Wijaya, F., & Rachman, A. (2017). Ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMA Negeri Kabupaten Sumenep. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(5), 232-235. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/21247.
Yuantha, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91-100. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.
Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat media pembelajaran youtube terhadap capaian kompetensi mahasiswa. Journal Of Telenursing (JOTING), 3(2), 538-545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.