Penerapan Teorema Pythagoras dalam Kehidupan Sehari-hari: Mengungkap Kegunaan Rumus Matematika
Abstract
Abstrak— Teorema Pythagoras merupakan konsep matematika fundamental yang menyatakan bahwa dalam segitiga siku-siku, kuadrat panjang sisi miring sama dengan jumlah kuadrat panjang kedua sisi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi aplikasi praktis Teorema Pythagoras dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah pendekatan literatur sistematik, di mana berbagai contoh penerapan teorema ini diidentifikasi dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teorema Pythagoras digunakan dalam konteks-konteks seperti pengukuran jarak, desain arsitektur, navigasi, dan perhitungan fisika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Teorema Pythagoras tidak hanya merupakan konsep matematika teoritis, tetapi juga memiliki relevansi praktis yang kuat dalam menyelesaikan masalah sehari-hari serta meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam berbagai aktivitas manusia. Penelitian ini menegaskan pentingnya memahami dan menerapkan konsep matematika dasar untuk solusi praktis dalam berbagai bidang kehidupan.
Kata kunci— Matematika, Teorema Pythagoras, Kehidupan Sehari-hari
Abstract—The Pythagorean Theorem is a fundamental mathematical concept stating that in a right triangle, the square of the length of the hypotenuse equals the sum of the squares of the lengths of the other two sides. This research aims to explore the practical applications of the Pythagorean Theorem in everyday life. The method employed is a systematic literature review approach, where various examples of the theorem's applications are identified and analyzed. The findings indicate that the Pythagorean Theorem is utilized in contexts such as distance measurement, architectural design, navigation, and physical calculations. The conclusion drawn from this research is that the Pythagorean Theorem is not only a theoretical mathematical concept but also holds strong practical relevance in solving daily problems and improving efficiency and accuracy in various human activities. This study emphasizes the importance of understanding and applying basic mathematical concepts for practical solutions in various fields of life.
Keywords— Mathematics, Pythagorean Theorem, Everyday Life
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astari, T. (2023). Pengembangan LKS metematika realistik di sekolah dasar. Jawa Barat: CV Edupedia Publisher.
Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika,1(2), 113-122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23
Fitriyani, W., & Sugiman, S. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran teorema Pythagoras dengan pendekatan ideal dengan bantuan geogebra. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika , 1(2), 269-284. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2681
Harefa, A. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Warta Dharmawangsa, 13(2). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i60.411
Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses penalaran matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga berdasarkan kemampuan siswa di sma negeri 5 kediri. Repositori Publikasi Ilmiah , 131-143. https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/repo/article/view/31
Irawan, J. D., Sumanto, S., & Prasetio, S. (2015). Pengukur Tinggi Objek Berbasis Perbandingan Piksel. Industri Inovatif: Jurnal Teknik Industri, 5(1), 40-44. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1116
Jannah, N., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Pengembangan e-book interaktif berbasis fenomena kehidupan sehari-hari tentang pemisahan campuran. Jurnal pendidikan dan pembelajaran kimia, 6(1), 186-198. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5702
Kurnia, N. F. E., & Hasanudin, C. (2022). Analisis Kata Serapan dari Berbagai Bahasa Asing dalam Kehidupan Sehari-hari. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2(1). 718-727. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1415
Marfu'ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 5, 50-54. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339
Marwanto, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Materi Teorema Pythagoras Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 26 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika , 3 , 679-691. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37874
Mubhar, M. Z. (2023). Peningkatan kualitas pengetahuan, pemahaman, pengamalan ajaran islam dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. INKAMKU: Journal of Community Service, 1(2), 19-23. https://doi.org/10.47435/inkamku.v1i2.1701
Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183-196. https://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/lainlain/Ali+Muhson+(2006)+Analisis+Kuantitatif.pdf
Nurafni, N., Miatun, A., & Khusna, H. (2018). Profil pemahaman konsep teorema pythagoras siswa berdasarkan perbedaan gaya kognitif field independen dan field. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika , 3 (2), 175-192. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp175-192
Pamungkas, AS (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis literasi pada materi bilangan untuk calon guru sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3 (2), 228-240. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2142
Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. http://repository.uin-malang.ac.id/1133/1/triangulasi.pdf
Rahmawati, Y. (2020). Pendekatan matematika realistik bernuansa Etnomatematika: Rumah gadang minangkabau pada materi teorema pythagoras. Jurnal Azimut, 3(SMAR), 22-29. https://doi.org/10.31317/jaz.v3iSMAR.636
Rakhmawati, I. (2022). Kilas Balik Teorema Pythagoras. (n.p.): CV MEDIA EDUKASI CREATIVE.
Rangkuti, A. N., & Siregar, A. I. (2019). Lintasan belajar teorema pythagoras dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(02), 149-162. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2112
Ritonga, E., & Hasibuan, L. (2022). Analisis membantu siswa dalam pembelajaran matematika materi teorema pythagoras ditinjau dari minat belajar siswa di SMP Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika , 6 (2), 1449-1460. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1341
Rosalinda, R., Hasanudin, C. (2023). Peran Matematika Dalam Membentuk Karakter Siswa. Seminar Nasional Daring Sinergi. 1(1). 1639-1645. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1884
Ruqoyyah, S., Murni,S., Linda. (2020). Kemampuan pemahaman konsep dan resiliensi matematika dengan vba Microsoft excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.
Safinah, N., & Nurfalah, E. (2021). Pengembangan media powerpoint berbasis geogebra pada pokok bahasan teorema pythagoras, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika , 3(1), 43–50. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.262
Saputra, H. (2024). Penguatan Kemampuan Peserta Didik Dalam Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Pembelajaran Matematika. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika , 2 (2), 287-302. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i2.640
Sari, M., Hasanudin, C. (2023). Manfaat ilmu matematika bagi peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Seminar Nasional Daring Sinergi, 1(1). 1906-1912. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1929
Siagian, M.D., (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). 58-67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Siswono, T. Y. E. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, (1-12). https://www.academia.edu/download/31599226/tatagyes_UINJakarta_24Nop2012.pdf
Sopiyuloh, D. M., Alam, B. R., Purwa, H. A., Herman, T., & Hasanah, A. (2024). Analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah pada materi teorema pythagoras berdasarkan langkah polya pertama. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 182-189. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4808
Stefanie Mareta Angeline, Muhammad Shafiq Indrawan, & Novanda Ramadhaniar. (2023). Analisis Penerapan Sistem Informasi Pada Proses Bisnis Perusahaan Jasa: A Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 200–208. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.500
Susanti, Y. (2020). Penggunaan strategi murder dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan sains, 2(2), 180-191. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/890
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Tinjauan Literatur Sistematis untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi Indonesia , 1(2), 63–77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Wahyudi, W., Rahman, A., & Nawawi, M. (2017). Perbandingan nilai ukur sensor load cell pada alat penyortir buah otomatis terhadap timbangan manual. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 5(2), 207. http://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/elkomika/article/view/1473
Widodo, W. (2021). Geometri fractal. Sleman: Gadjah Mada University Press.
Widyanto, E. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash professional cs 6 Pada materi teorema pythagoras untuk siswa kelas VIII. MATHEdunesa, 5(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/16679
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.