Analisis Tindak Tutur Pada Cerpen Sumur Karya Eka Kurniawan

Authors

  • Muhammad Alfi Niam Universitas Islam Sultan Agung
  • Aida Azizah Universitas Islam Sultan Agung

Keywords:

short stories and speech acts.

Abstract

AbstrakCerpen adalah karya sastra yang berbentuk prosa dengan pengemasan cerita secara singkat. Dalam cerpen sendiri pasti mempunyai makna tersembunyi yang akan disampaikan oleh penulis. Makna-makna tersembunyi tersebut bisa kita ketahui melauli kajian pragmatik khususnya tindak tutur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan dan menafsirkan sebuah objek penelitian dengan terstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 13 jenis tindak tutur dalam cerpen “sumur” karya Eka Kurniawan. Penelitian ini bermanfaat bagi mereka yang ingin mengetahui lebih mendalam khususnya tindak tutur yang ada dalam cerpen “sumur” karya Eka Kurniawan.
Kata kuncicerpen dan tindak tutur. 

Abstract Short story is a literary work in the form of prose with a short story packaging. In the short story itself, there must be a hidden meaning that will be conveyed by the author. We can know these hidden meanings through pragmatic studies, especially speech acts. This study uses a qualitative descriptive method, namely by describing and interpreting a research object in a structured manner. The result of this study is the discovery of 13 types of speech acts in the short story "sumur" by Eka Kurniawan. This research is useful for those who want to know more deeply, especially the speech acts in the short story "sumur" by Eka Kurniawan.

Keywords— short stories and speech acts.

References

Nuroh, E. Z. (2011). Analisis Stilistika dalam Cerpen. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 21-34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.30

Yuliana, R., Rohmadi, M., & Suhita, R. (2013). Daya pragmatik tindak tutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa sekolah menengah pertama. Basastra, 1(2), 280-293. Retrieved from file:///C:/Users/Aam/Downloads/2146-4831-1-SM.pdf

Pangesti, N. I., & Rosita, F. Y. (2019). Tindak Tutur Ekspresif di Akun Instagram@ kampuszone. Hasta Wiyata, 2(2), 98-106. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2019.002.02.04

Tiswarni, T. (2019). Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP N 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu utara). At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 261. https://doi.org/10.31289/jipikom.v1i2.159

Utomo, A. P. Y., Haryadi, H., Fahmy, Z., & Indramayu, A. (2019). Kesalahan bahasa pada manuskrip artikel mahasiswa di Jurnal Sastra Indonesia. Jurnal Sastra Indonesia, 8(3), 234-241. Retrieved from file:///C:/Users/asus/Downloads/36028-Article%20Text-86670-1-10-20191210.pdf

Downloads

Published

2023-11-29

Issue

Section

Articles