Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Media Poster terhadap Prestasi Belajar

Penulis

  • Moch Riski Ramadhani
  • fruri stevani
  • Sujiran Sujiran

Kata Kunci:

Discovery Learning, media poster, prestasi belajar, IPS, pembelajaran ekonomi

Abstrak

Abstract

The study aims to determine the effect of using the Discovery Learning learning model assisted by poster media on the learning achievement of students in class VII-A SMPN 4 Bojonegoro. The approach used is quantitative with experimental methods. The research sample amounted to 35 students selected through cluster random sampling technique. The data collection instrument is a 20-item multiple choice test, the test used is validity, reliability, difficulty level, and differentiating power. Data analysis was carried out using the Shapiro-Wilk normality test and the Paired Sample t-Test hypothesis test. The test results showed that all questions were valid and reliable (Cronbach's Alpha = 0.840), the level of difficulty was in the medium to easy category, and the differentiating power was good to very good. The pretest and posttest results showed normal distribution, and the t-test analysis indicated that there was a significant difference between students' scores on the pretest and posttest with a value of (Sig. 0.000 <0.05). Thus, the application of the Discovery Learning model supported by poster media has a significant positive effect on student learning achievement.

Keywords: Discovery Learning, poster media, learning outcomes, social studies, economic learning.

 

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media poster terhadap prestasi belajar siswa kelas VII-A SMPN 4 Bojonegoro. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 35 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda 20 butir, uji yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis Paired Sample t-Test. Hasil uji menunjukkan bahwa semua soal valid dan reliabel (Cronbach's Alpha = 0,840), tingkat kesukaran berada pada kategori sedang hingga mudah, serta daya pembeda baik hingga sangat baik. Hasil pretest dan posttest menunjukkan distribusi normal, dan analisis t-test mengindikasikan ada perbedaan signifikan antara nilai siswa pada pretest dan posttest dengan nilai (Sig. 0,000 < 0,05). Dengan demikian, penerapan model Discovery Learning yang didukung media poster memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa

Referensi

Ashar, Nurfadilah, Nur Syam, and Rahmawati Rahmawati. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas Iii Sd Inpres Antang.” ALENA : Journal of Elementary Education 2(1):85–100. doi: 10.59638/jee.v2i1.102.

Febrian, Agita Firda Romadhona, Sintowati Rini Utami, and Suhartini. 2024. “Penggunaan Metode Discovery Lerning Berbantuan Media Poster Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Di Kelas Viic Smp Negeri 7 Jakarta.” KLITIKA Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 6(1):7–13. doi: 10.32585/klitika.v6i1.4580.

Forester, Brayen Jodi, Amna Idris, Abdallah Khater, Muhammad Win Afgani, Muhammad Isnaini, Universitas Islam, Negeri Raden, and Fatah Palembang. 2024. “Penelitian Kuantitatif : Uji Reliabilitas Quantitative Research : Data Reliability Test.” 4(3):1812–20.

Fradani, Ayis Crusma. 2021. “Krida Cendekia –.” 01(05):30–34.

Fradani, Ayis Crusma. 2024. “Eksperimentasi Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4(3):10812–21. doi: 10.31004/innovative.v4i3.11792.

Indayati, Tatik, Prodi Pendidikan, and Ilmu Pengetahuan. 2019. “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada.” UIN Sunan Ampel 01(2).

Muara, Kecamatan, and Satu Kota. 2021. “Krida Cendekia –.” 01(05):30–34.

Rahmayani, April Lia. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik) 4(1):59. doi: 10.26740/jp.v4n1.p59-62.

Wibowo, Anggun Wulandari Aini, and Sani Safitri. 2024. “Pentingnya Pendidikan Ips Dalam Membentuk Warga Negara Yang Berbudaya.” Jipis 33(1):63–71. doi: 10.33592/jipis.v33i1.4705.

Diterbitkan

2025-06-17

Terbitan

Bagian

Articles