Efektivitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Membentuk Sikap Toleransi Siswa di SMP Negeri 1 Sugihwaras

Penulis

  • Muntaha Muntaha
  • Neneng Rika Jazilatul Kholidah
  • Sely Ayu Lestari

Kata Kunci:

Pendidikan Pancasila, metode diskusi, toleransi, pembelajaran karakter, studi fenomenologi

Abstrak

Abstract

This study aims to analyze the effectiveness of the discussion method in Pancasila Education to foster students' tolerance attitudes at SMP Negeri 1 Sugihwaras. Using a qualitative approach with a phenomenological study, data were collected through observation, semi-structured interviews, and documentation, then analyzed thematically. The results show that the discussion method enhances students’ understanding of tolerance, builds empathy, and promotes cooperation, despite challenges such as unequal participation and dominance by certain students. These issues were addressed through role distribution in discussions. Overall, the discussion method is effective in instilling tolerance values and offers practical guidance for teachers to implement more interactive and inclusive character education.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk membentuk sikap toleransi siswa di SMP Negeri 1 Sugihwaras. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi mampu meningkatkan pemahaman siswa tentang toleransi, membangun empati, dan mendorong kerja sama, meskipun terdapat tantangan seperti partisipasi yang tidak merata dan dominasi siswa tertentu. Kendala tersebut berhasil diatasi dengan pembagian peran dalam diskusi. Secara keseluruhan, metode diskusi efektif dalam menanamkan nilai toleransi dan dapat menjadi panduan praktis bagi guru dalam pembelajaran karakter yang lebih interaktif dan inklusif.

Referensi

Banks, J. A. (2006). Cultural Diversity and Education: Foundations, Curriculum, and Teaching

(5th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Banks, J. A. (2019). Education for tolerance. Journal of Multicultural Education, 13(2), 123- 140.

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom.

ASHE-ERIC Higher Education Report No. 1.

Braun, V., & Clarke, V. (2019). Thematic analysis: A practical guide. Thousand Oaks, CA: Sage. Brinkmann, S., & Kvale, S. (2018). Doing interviews. Thousand Oaks, CA: Sage.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Denzin, N. K. (2018). The research act: A theoretical introduction to sociological methods.

New York, NY: Routledge.

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. New York: Bantam Books.

Hidayat, N., & Widodo, D. (2022). Implementasi pendidikan toleransi di sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter, 5(1), 233–245.

Hidayati, R., & Purwanto, T. (2020). Metode diskusi dalam pembelajaran aktif. Jurnal

Pendidikan Karakter, 9(2), 67-82.

Hidayati, S., & Purwanto, A. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(3), 45–57.

KOSP SMPN 1 Sugihwaras. (2024). Kurikulum Operasional SMP Negeri 1 Sugihwaras Tahun Pelajaran 2024/2025. Bojonegoro: SMPN 1 Sugihwaras.

Kemendikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Beverly Hills, CA: Sage.

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative research: A guide to design and implementation (4th ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Neubauer, B. E., Witkop, C. T., & Varpio, L. (2019). How phenomenology can help us learn from the experiences of others. Perspectives on Medical Education, 8(2), 90-97.

Rahmat, A. (2019). Pengaruh metode diskusi terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila.

Jurnal Pendidikan Pancasila, 11(2), 123-134.

Rogers, C. (1983). Freedom to Learn for the 80s. Columbus, OH: Merrill Publishing. Saputra, A., & Widodo, A. (2021). Pendidikan Pancasila dalam Konteks Multikultural. Jurnal

Pendidikan Karakter, 11(1), 1–14.

Setyawan, H. (2021). Efektivitas metode diskusi dalam pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 45–56.

Sari, M. (2020). Pengaruh metode diskusi terhadap sikap toleransi siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sosial, 8(3), 78–90.

Slavin, R. E. (2015). Educational Psychology: Theory and Practice (11th ed.). Boston: Pearson. Spradley, J. P. (2016). Participant observation. New York, NY: Holt, Rinehart, and Winston.

Tilaar, H. A. R. (2014). Pendidikan pancasila: Pendekatan multikultural. Jakarta: PT Gramedia. Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.).

Thousand Oaks, CA: Sage.

Yusuf, M., & Anwar, R. (2020). Pendidikan Karakter dan Toleransi Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 101–115.

Yusuf, S., & Anwar, C. (2020). Pendidikan karakter berbasis nilai lokal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(3), 143-157.

Diterbitkan

2025-07-25

Terbitan

Bagian

Articles