Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Mata Pelajaran PPKn dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP Empat Lima 2 Kalen Kedungpring

Penulis

  • Diana Tutut
  • Ayis Crusma Fradani
  • Ahmad Kholiqul Amin

Kata Kunci:

Pancasila, PPKn, Pendidikan Karakter, Nilai Kebangsaan, Budaya Sekolah

Abstrak

Abstract
This study investigates the implementation of Pancasila values in Civics Education (PPKn) and its contribution to the character formation of students at SMP 'Empat Lima' 2 Kalen Kedungpring. Using a descriptive qualitative approach, data was collected through interviews, classroom observations, and documentation review. Results show that PPKn effectively cultivates values such as responsibility, tolerance, and national identity. The learning process employs contextual, participatory, and reflective strategies. School programs like 'Jumat Berbagi' and 'Kelas Asuh' serve as practical applications of these values. The study concludes that PPKn is crucial for character building and should be strengthened through collaborative school-community efforts.

Keywords: Pancasila, Civics Education, Character Education, National Values, School Culture

Abstrak
Penelitian ini mengkaji implementasi nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) serta kontribusinya terhadap pembentukan karakter siswa di SMP 'Empat Lima' 2 Kalen Kedungpring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi kelas, dan telaah dokumen. Hasil menunjukkan bahwa PPKn efektif dalam menanamkan nilai tanggung jawab, toleransi, dan identitas kebangsaan. Proses pembelajaran menggunakan strategi kontekstual, partisipatif, dan reflektif. Program sekolah seperti 'Jumat Berbagi' dan 'Kelas Asuh' menjadi sarana penerapan nilai-nilai tersebut secara nyata. Simpulan penelitian ini adalah bahwa PPKn sangat penting untuk pembentukan karakter dan harus diperkuat melalui kerja sama antara sekolah dan masyarakat.

Referensi

Bunyamin. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud. (2017). Modul Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. California: SAGE Publications.

Nutley, S., Davies, H., & Walter, I. (2014). Using Evidence: How Research Can Inform Public Services. Bristol: Policy Press.

Somantri, M. N. (2001). Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahab, S. A. (2008). Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diterbitkan

2025-06-17

Terbitan

Bagian

Articles