Pengaruh Pemahaman Standar Akuntansi Keuangan Entitas tanpa Akuntabilitas Publik ( SAK ETAP ) terhadap Kualitas Laporan Keuangan Koperasi Kareb
Kata Kunci:
Koperasi, SAK ETAP, Kualitas Laporan Keuangan.Abstrak
Abstract
Cooperatives are one of the business entities whose members are people or legal entities. In a cooperative to produce good and correct financial reports, you must understand accounting that is comparable to the accounting standards that have been determined. The research aims to determine the effect of understanding the financial accounting standards of entities without public accountability on the quality of the financial statements of the Kareb cooperative in Bojonegoro. The method used in this research is quantitative using questionnaire and documentation methods. The result of this study is that there is a positive and significant influence between understanding (SAK ETAP) on the quality of the financial statements of the Bojonegoro kareb cooperative.
Keywords: Cooperatives, SAK ETAP, Quality of Financial Reports
Abstrak
Koperasi merupakan salah satu bentuk badan usaha yang anggotanya terdiri atas individu maupun badan hukum. Dalam pengelolaan koperasi, penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar memerlukan pemahaman akuntansi yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman terhadap Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) terhadap kualitas laporan keuangan pada Koperasi Kareb yang berlokasi di Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman terhadap SAK ETAP dengan kualitas laporan keuangan Koperasi Kareb di Bojonegoro.
Referensi
Ariati, N., & Kurniawan, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterlibatan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 123-130.
Bayu, A. (2015). Penggunaan Mind Mapping dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Dian Ratna Puspananda. (2021). Pemetaan Pikiran dalam Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jurnal Pendidikan, 8(1), 45-52.
Hamzah, M., dkk. (2022). Media Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(3), 67-75.
Jannah, S. (2022). Tantangan Pendidikan di Abad ke-21. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 15-22.
Pratiwi, D., Sukmawati, R., & Fatimah, N. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Keterampilan Praktis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 89-97.
Shafira Nur, dkk. (2024). Implementasi Model Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 78-85.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiran. (2021). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 34-40.
Taufiq Hidayat. (2021). Pengembangan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis literasi pada mata pelajaran Usul Fiqih di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 123-134
Tutik, S. (2020). Penerapan Model CTL dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 7(2), 101-110.
Zuyyina Hasdillah Putri. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Islam Bawari Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 55-60