Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi: Systematic Literature Review
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kolaboratif, Hasil Belajar, Ekonomi, SLR, PRISMAAbstrak
Abstract
This research is a Systematic Literature Review (SLR) that aims to analyze the effect of collaborative learning models on students’ learning outcomes in Economics subjects. The background of this activity is the need to improve learning effectiveness through strategies that encourage active participation and collaboration among students. The implementation method refers to the PRISMA protocol, involving identification, screening, eligibility, and inclusion stages, which resulted in 10 selected articles published between 2020–2025. The findings show that collaborative learning models such as Jigsaw, Think Pair Share, Project-Based Learning, and Problem-Based Learning significantly improve students' academic performance. Additionally, these models positively impact the development of 21st-century skills, including critical thinking, collaboration, and communication. These findings support the relevance of applying collaborative learning models in Economics learning at the secondary education level.
Keywords: Collaborative Learning Model, Learning Outcomes, Economics, SLR, PRISMA
Abstrak
Penelitian ini merupakan kajian Systematic Literature Review (SLR) yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui strategi yang mendorong partisipasi aktif dan kolaborasi antarsiswa. Metode pelaksanaan mengacu pada protokol PRISMA dengan tahapan identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan inklusi, yang menghasilkan 10 artikel terpilih terbitan tahun 2020–2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif seperti Jigsaw, Think Pair Share, Project-Based Learning, dan Problem-Based Learning terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Selain itu, model tersebut juga berdampak positif terhadap pengembangan keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi. Temuan ini memberikan bukti bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran Ekonomi di sekolah menengahReferensi
Najamudin, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Ilmu Ekonomi Melalui Kemampuan Komunikasi. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(2), 262-267.
Rohmat, A., Lestari, N. D., & Pratiwi, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 8(1), 1-11.
Rahmawati, D., Marsia, Y., & Prakoso, A. F. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Peningkatan Hail Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Peserta didik Kelas X-4 SMA Negeri 17 Surabaya. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 145-153.
Ratnawati, E. R. (2021). META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN (SMA/SMK): META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN (SMA/SMK). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(1), 24-32.
Murniarti, E. (2021). Penerapan metode project based learning dalam pembelajaran. Journal of Education, 3(1), 1-18.
Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 5(1), 22-30.
Suriyanto, B., Prakoso, A. F., & Shobah, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kolaboratif pada Siswa Kelas X-2 Mata Pelajaran Ekonomi Tentang Alat Pembayaran Tunai dan Non Tunai di SMA Negeri 1 Baureno. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9343-9347.
Adawiyah, R. (2021). Pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar ekonomi. Research and Development Journal of Education, 7(1), 158-171.
Nugraha, C. P., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Role Card Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 70-75.
Solihati, E. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Metode Two Stay Two Stray (TSTS) pada Kelas X di SMAN 19 Garut. Syntax Idea, 7(4), 677-682.
Winata, K. A. (2020). Model pembelajaran kolaboratif dan kreatif untuk menghadapi tuntutan era revolusi industri 4.0. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 12-24.
Rifa'i, M. N., Ismail, K., Rohmah, M., & Rusmiati, R. (2021). Metode: Membalik Kelas, Kolaboratif, Kreativitas Siswa (Moderasi) Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(2), 115-126.
Afriani, A. P., Prameswary, I., Sihotang, S. R., Azzahra, T. A., & Azrai, E. P. (2025). Penerapan Teori Belajar Kolaboratif Luring dalam Pembelajaran Kelompok di SMA melalui Kajian Literatur. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 162-168.