Pengaruh Wawasan Kebangsaan Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa SMPN 2 Gondang, Bojonegoro

Penulis

  • Sutjiek Rangga Rahmalah
  • Neneng Rika Jazilatul Kholidah
  • Fifi Zuhriah

Kata Kunci:

wawasan kebangsaan, sikap nasionalisme, siswa, pendidikan kewarganegaraan

Abstrak

Abstract

This study aims to determine the influence of national insight on students' nationalism attitudes at SMPN 2 Gondang, Bojonegoro. The background of the research is the importance of strengthening national values among students as an effort to build national character in the era of globalization. This research uses a quantitative approach with a simple linear regression analysis technique. The sample consisted of 20 students from class VII-B. The results showed a positive and significant influence of national insight on students’ nationalism attitudes, with a regression coefficient of 0.715 and a significance value of 0.000 (p < 0.05). These findings indicate that the higher the students’ national insight, the stronger their sense of nationalism. Therefore, strengthening national awareness in schools is crucial to shaping a young generation that loves their homeland and is committed to the unity of the Republic of Indonesia 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh wawasan kebangsaan terhadap sikap nasionalisme siswa di SMPN 2 Gondang, Bojonegoro. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penguatan nilai-nilai kebangsaan di kalangan pelajar sebagai upaya membangun karakter nasionalisme di era globalisasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa dari kelas VII-B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara wawasan kebangsaan terhadap sikap nasionalisme siswa, dengan koefisien regresi sebesar 0,715 dan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Temuan ini menegaskan bahwa semakin tinggi wawasan kebangsaan siswa, maka semakin tinggi pula sikap nasionalisme mereka. Oleh karena itu, penguatan wawasan kebangsaan di lingkungan sekolah sangat penting untuk membentuk generasi muda yang cinta tanah air dan berkomitmen terhadap keutuhan NKRI.

Referensi

Kholidah, N. R. (2019). EKSISTENSI BUDAYA LOKAL SEBAGAI PENGUAT NASIONALISME. Jurnal Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, Hal 168-174.

Nadiyah A, P. L. (2022). PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP NASIONALISME. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (2022) 1(1) 21-31, 10.18860/dsjpips.v1i1.1019.

Rahman, A. M. ((2022) ). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam , 2 (1), 1–8., Jurnal Ilmiah Terapan: 2775-4855.

Zuhriah, F. (2021). Pengaruh Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan Edutama (2021), 8 (2), 133.

Aisy, D. R., & Santoso, G. (2022). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam membangun jiwa kebangsaan bagi generasi muda milenial. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), 164-172.

Diterbitkan

2025-07-10

Terbitan

Bagian

Articles