Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Etika Komunikasi pada Siswa Kelas X SMK N Dander
Kata Kunci:
gadget, etika, etika komunikasi.Abstrak
Abstract
The purpose of this study was to analyze the effect of gadget use on communication ethics at SMKN Dander, located in Sumber Tlasih Village, Dander District, Bojonegoro Regency. In this study, using a quantitative approach method with a sample of 39 class X students, Sampling was done by selecting population members randomly, namely each individual has an equal chance of being selected (simple random sampling technique). Data were collected through two questionnaires, namely a questionnaire on gadget use and a questionnaire on communication ethics, The instrument has passed the previous validity and reliability test process. Data analysis used descriptive and inferential statistical techniques. The results of the simple linear regression test showed a significant effect between the variable of gadget use (X) on communication ethics (Y), This is indicated by a significance value of 0.007, which is lower than the significance limit of 0.05, based on data processing with the SPSS program. Thus, it can be concluded that gadget use has an effect on communication ethics in class X students at SMKN Dander.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan gadget terhadap etika komunikasi di SMKN Dander, yang terletak di Desa Sumber Tlasih, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Dalam penelitian ini, menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan sampel 39 siswa kelas X, Pengambilan sampel dilakukan dengan memilih anggota populasi secara acak, yaitu setiap individu memiliki peluang yang sama untuk terpilih (teknik simple random sampling). Data dikumpulkan melalui dua kuesioner, yaitu kuesioner tentang penggunaan gadget dan kuesioner mengenai etika komunikasi, Instrumen tersebut telah melewati proses uji validitas dan reliabilitas sebelumnya. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil uji regresi linier sederhana memperlihatkan adanya pengaruh signifikan antara variabel penggunaan gadget (X) terhadap etika komunikasi (Y), Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,007, yang lebih rendah dari batas signifikansi 0,05., berdasarkan pengolahan data dengan program SPSS. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan gadget memiliki pengaruh terhadap etika komunikasi pada siswa kelas X di SMKN Dander.
Referensi
Afna, sari ftria. (2020). Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi Kepada Mahasiswa. Journal of Education and Teaching, 1.
Dan, S., & Siswa, K. (2020). PENGARUH GADGET TERHADAP POLA INTERAKSI A . PENDAHULUAN Manusia adalah makhluk sosial yang dalam kehidupan sehari-harinya tidak pernah lepas dari interaksi dengan manusia lain dan lingkungan disekitarnya .
Juwita, R., Taqiyuddin, M., Syarifah, S., Sunata, I., Chairiyah, U., Hapsari, D. C., Lusianawati, H., Pratiwi, E. A., & Hamidah, E. (2024). TEORI-TEORI Komunikasi.
Siti Mudmainah, Ernia Duwi Saputri, H. I. (2023). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Unggulan Al-Falah Pacul Bojonegoro. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(4), 340–353.