Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Picture and Picture, berpikir kritis, model pembelajaranAbstrak
Abstract
This study examines the influence of the Picture and Picture learn model on students' critical thinking skills in the Indonesian Political System course at the PPKn Study Program, IKIP PGRI Bojonegoro. Education plays a vital role in shaping critical thinking, which is essential for analyzing complex political phenomena. This study uses a quantitative approach with a sample of 50 students, use questionnaires and regression analysis to measure the model's effectiveness. Results indicated a significant positive impact, with a regression coefficient of 0.978, demonstrating that the Picture and Picture model enhances critical thinking by fostering visual analysis, logical sequencing, and active discussion. The findings support the using of visual-based learning strategies to improve high order thinking skills in political education.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam mata kuliah Sistem Politik Indonesia di Program Studi PPKn IKIP PGRI Bojonegoro. Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk keterampilan berpikir kritis, yang diperlukan untuk menganalisis fenomena politik yang kompleks. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 50 mahasiswa, menggunakan angket dan analisis regresi untuk mengukur efektivitas model. Hasil menunjukkan dampak positif yang signifikan, dengan koefisien regresi 0,978, membuktikan bahwa model pembelajaran Picture and Picture meningkatkan berpikir kritis melalui analisis visual, penyusunan logis, dan diskusi aktif. Temuan ini mendukung penggunaan strategi pembelajaran berbasis visual untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pendidikan politik.
Referensi
Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitatif, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Dwyer, C. P., Hogan, M. J., & Stewart, I. (2017). An Integrated Critical Thinking Framework for the 21st Century. Thinking Skills and Creativity, 23, 124–139. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.10.004
Paul, R., & Elder, L. (2019). The Miniature Guide to Critical Thinking Concepts and Tools (8th ed.). Foundation for Critical Thinking
Rika, N., Kholidah, J., & Saputri, E. D. (n.d.). (2019). Pandangan mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap profesi pendidik. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (1).
Rohman, N., Ismaya, H., & Agustiani, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Online Group Whatsapp dalam Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Metode Untuk Mencapai Hasil Belajar Siswa. Jems, 9(2), 393–408. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10675