Pengaruh Game Online Mobile Legends terhadap Etika Berkomunikasi Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Bojonegoro

Penulis

  • Abi Razzaq Rahmataka
  • Ernia Duwi Saputri IKIP PGRI Bojonegoro
  • Heru Ismaya

Kata Kunci:

Mobile Legends, etika komunikasi, game online, perilaku mahasiswa.

Abstrak

Abstract

This study looks at how PPKN students at IKIP PGRI Bojonegoro's communication ethics are affected by the online game Mobile Legends. The rapid development of technology and the popularity of online games, especially Mobile Legends, have raised concerns about their impact on social behavior, including communication ethics. The research aims to determine whether there is a significant correlation between playing Mobile Legends and students  communicated ethics. The studyng use a quantitative method with data collect through question distributed to 30 students select use purposive sampling techniques. The results of the linear regression analysis showed a significant negative influence (coefficient = -0.300, p = 0.004), indicating that higher intensity of playing Mobile Legends correlates with lower communication ethics among students. These findings highlight the need for awareness and self-regulation among students to mitigate the negative effects of excessive gaming on their social interactions. 

Abstrak

Penelitian ini mengkaji bagaimana etika komunikasi Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Bojonegoro dipengaruhi game online Mobile legends. Perkembangan teknologi yang pesat dan popularitas game online, khususnya Mobile Legends, menimbulkan kekhawatiran akan dampaknya terhadap perilaku sosial, termasuk etika komunikasi. Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah terjadi hubungan signifikan antara bermain Mobile Legends dengan etika berkomunikasi mahasiswa. Penelitian ini memakai metode kuantitatif  dengan data dihimpun melalui kuesioner yang ditujukan untuk 30 mahasiswa yang dipilih mengunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis regresi linier menunjukkan pengaruh negatif yang signifikan (koefisien = -0,300, p = 0,004), mengindikasikan bahwa intensitas bermain Mobile Legends yang tinggi berkorelasi dengan etika komunikasi yang lebih rendah. Temuan ini menekankan pentingnya kesadaran dan regulasi diri mahasiswa untuk mengurangi dampak negatif dari bermain game berlebihan terhadap interaksi sosial mereka

Referensi

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2009), 135.

Cornelius Hans Irawan dan Tanty Dewi Permasanty, ―Proses Penetrasi Sosial Antara Pemain Pada Game Mobile Legends.‖ Jurnal Lontar No. 2, Vol. 6, (juli-desember 2018)

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, 175.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

KM Kusuma, ED Saputri, F Zuhriah, 2024. Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap Karakter dan Prestasi Belajar PPKN Siswa Kelas VIII DI SMPN 1 Padangan. Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri). 2(2), 119-127

Amanda, R. A. (2016). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU AGRESIF REMAJA DI SAMARINDA. 4(3), 290–304.

ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI SISWA SMAN 1 X KOTO DIATAS KAB. SOLOK PROVINSI SUMATERA BARAT. 9, 356–363.

ARMA DAILY PALOGAN. (2020). ETIKA KOMUNIKASI ANTARA MAHASISWA DAN DOSEN DI MEDIA SOSIAL (Studi Analisis Wacana Pada Pesan WhatsApp).

Burmnbungin, H. M. (2013). Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. 9.

Khaidir Ali Fachreza, Mukhlis Harvian, Nasya Zahra, Muhammad Izzudin Islam, Muhammad Daffa, Miftahul Chair, & Mia Lasmi Wardiyah. (2024). Analisis Komparatif antara Probability dan Nonprobability dalam Penelitian Pemasaran. Jurnal Pajak Dan Analisis Ekonomi Syariah, 1(3), 108–120. https://doi.org/10.61132/jpaes.v1i3.248

Negatif, D., Online, G., & Legend, M. (2022). DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE MOBILE LEGEND.

Setiyono, Joko Asror, Abdul Ghoni Sholehuddin, Muhammad Rohman, Nur Ismaya, H. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1349–1358.

Diterbitkan

2025-06-17

Terbitan

Bagian

Articles