Penerapan Strategi Debat Aktif pada Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa
Kata Kunci:
Strategi Debat Aktif, Kemampuan Komunikasi, Pendidikan PancasilaAbstrak
Abstract
This study aims to describe the application of active debate learning strategies in the Pancasila Education subject to improve students' communication skills. The research method used was a qualitative descriptive approach with data collection techniques including observation, questionnaires, interviews, and documentation. The results show that the active debate strategy effectively enhances students' ability to deliver clear messages, use verbal and non-verbal language, understand context, and respond to arguments. This finding is supported by observations showing that students became more confident, structured in speaking, and critical in thinking. Therefore, the active debate learning strategy can be an effective alternative to improve communication skills in the context of Pancasila Education learning.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran debat aktif pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi debat aktif efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan pesan dengan jelas, penggunaan bahasa verbal dan non-verbal, pemahaman konteks, serta kemampuan mendengarkan dan merespon argumen. Temuan ini diperkuat melalui observasi yang menunjukkan siswa menjadi lebih percaya diri, terstruktur dalam berbicara, dan kritis dalam berpikir. Dengan demikian, strategi pembelajaran debat aktif dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Referensi
Amalia, N. R., Hidayah, N., & Irwandani, I. (2020). Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Sekolah Dasar Menggunakan Strategi Debat Aktif. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8043
Lailatul Hanifah, Neneng Rika Jazilatul Kholiah, H. I. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Debat Aktif Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Prosiding Seminar Nasional IKIP PGRI Bojonegoro.
M. Nugroho Adi Saputro, P. L. P. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Kontruktivisme Dalam Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 24–39.
Silberman. (2019). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif (Edisi Revi). Bandung: Alfabeta.
Siti Mudmainah, Ernia Duwi Saputri, H. I. (2023). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PPKn Kelas VII SMP Unggulan Al-Falah Pacul Bojonegoro. Jurnal Pendidikan : SEROJA, 2(4), 340–353.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (25th ed.). Bandung: Alfabeta.