Analisis Pelaksanaan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Studi Pada Masyarakat Multireligi Desa Kolong
Kata Kunci:
Toleransi Beragama Studi Masyarakat MultireligiAbstrak
Analysis of the implementation of Religious Tolerance Values Study in Multireligious Society in Multireligious society in Kolong Village is an area inhabited by people with various different religions, so it is a relevant example to study the dynamics of tolerance between religious communities using qualitative research conducted through observation,interviews,and in-depth dockumentation and dockumentation.The results of the study indicate that the Kolong Village community is able to maintain harmony between religious communities through the practice of mutual respect for cooperation in sosial activities as well as open and harmonious communication However,there are challenges in maintaining the consistency of tolerance values,especially related to external influences interest.The study concluded that the success of the implementation of religious tolerance in Kolong Village is supported by local wisdom,the role of community leaders, and a shared commitment to living in peace in diversity.
Abstrak
Analisis Pelaksanaan Nilai Toleransi Beragama Studi Pada Masyarakat Multireligi di masyarakat mutireligi di Desa Kolong merupakan wilayah yang dihuni oleh masyarakat dengan beragam agama yang berbeda, sehingga menjadi contoh yang relevan mengkaji dinamika toleransi antarumat beragama penelitian menggunakan kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi mendalam ,dan dokumentasi.Hasil penelitian menujukan bahwa masyarakat desa Kolong mampu menjaga kerukunan antarumat beragama melalui praktik saling menghormati kerja sama dalam kegiatan sosial ,serta komunikasi yang terbuka dan harmonis.Namun demikian,terdapat tantangan dalam menjaga konsistensi nilai-nilai toleransi, terutama terkait pengaruh luar dan potensi konflik kepentingan. Penelitian menyimpulkan keberhasilan pelaksanaan toleransi beragama di Desa Kolong di dukung oleh kearifan lokal,peran tokoh masyarakat, dan komitmen bersama untuk hidup damai dalam keberagamanReferensi
Aditya, R.A. et al. (2024) “ANALISIS NILAI-NILAI PANCASILA DALAM FILM BERJUDUL BUYA HAMKA VOLUME 1,” 1.
Amir, D.R. dan Lestari, sely A. (2024) “Implementasi nilai filosofis sila pertama pancasila dalam pembelajaran pendidikan pancasila pada pendidikan teknologi informasi,” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(1), hal. 44–51.
Studi, P. et al. (2024) “MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS XI SMA PLUS AL-AMANAH BOJONEGORO MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA.”