Eksperimentasi Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Endang Sri Wahyuni
  • Ayis Crusma Fradani
  • Ahmad Kholiqul Amin

Keywords:

contextual teaching and learning, mind mapping, hasil belajar

Abstract

Abstract

This study aims to assess the impact of the use of the contextual teaching and learning (CTL) learning model equipped with mind mapping tools on the learning outcomes of class X student in the business economics subject at SMK Al-Fattah Kalitidu. The method used is quai-experimental involving two groups, namely the experimental group that applies CTL based learning with the help of mind mapping, and the control group that uses conventional learning methods. Data were collected through an initial test (pre-test) and a final test (post-test) consisting of ten essay questions. The average pre-test, score of the experimental group was 65.00, which increased to 85.00 on the post-test. Based on the independent t-test, the significance value was 0.000, indicating a significant difference between the two groups. The findings of this study suggest that the use of the CTL model, which emphasizes active and contextual learning, particularly when supported by mind mapping media, can significantly enhance students’ understanding and academic performance. Therefore, it is recommended that educators consider implementing this strategy in the learning process and conduct further research to explore its effectiveness in different educational contexts.

 

Keywords:contextual teaching and learning, mind mapping, learning outcomes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak pemanfaatan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dilengkapi dengan alat bantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Al-Fattah Kalitidu. Metode yang digunakan adalah quasi-experimental dengan melibatkan dua kelompok, yakni kelompok eksperimen yang menerapkan pembelajaran berbasis CTL dengan bantuan mind mapping, serta kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) yang terdiri dari sepuluh soal esai. Rata-rata hasil pre-test pada kelompok eksperimen adalah 65,00 dan meningkat menjadi 85,00 pada post-test. Berdasarkan uji-t independen, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model CTL yang bersifat aktif dan kontekstual, terutama ketika didukung oleh media mind mapping, dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa secara signifikan. Dengan demikian, disarankan agar pendidik mulai mempertimbangkan penggunaan strategi ini dalam proses pembelajaran, serta melakukan penelitian lanjutan guna menelusuri efektivitas model ini dalam konteks yang berbeda.

References

Ariati, N., & Kurniawan, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterlibatan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 123-130.

Bayu, A. (2015). Penggunaan Mind Mapping dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Dian Ratna Puspananda. (2021). Pemetaan Pikiran dalam Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jurnal Pendidikan, 8(1), 45-52.

Hamzah, M., dkk. (2022). Media Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(3), 67-75.

Jannah, S. (2022). Tantangan Pendidikan di Abad ke-21. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 15-22.

Pratiwi, D., Sukmawati, R., & Fatimah, N. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Keterampilan Praktis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(2), 89-97.

Shafira Nur, dkk. (2024). Implementasi Model Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 78-85.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiran. (2021). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 34-40.

Taufiq Hidayat. (2021). Pengembangan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbasis literasi pada mata pelajaran Usul Fiqih di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 123-134

Tutik, S. (2020). Penerapan Model CTL dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 7(2), 101-110.

Zuyyina Hasdillah Putri. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Islam Bawari Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 55-60

Downloads

Published

2025-06-17

Issue

Section

Articles