Pengaruh Penggunaan Media Socrative terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi

Authors

  • Sahrul Mutjahidin
  • Rika Pristian Fitri Astuti
  • Dian Ratna Puspananda

Keywords:

Socrative, Hasil Belajar, Akuntansi

Abstract

Abstract

This study aims to examine the impact of using Socrative media on student learning outcomes in Accounting at SMK PGRI 2 Bojonegoro. The method used is descriptive quantitative with purposive sampling technique, involving an experimental class using Socrative and a control class using conventional methods. Data were collected through pretest and posttest, and analyzed using Paired Samples T-Test. The results show a significant increase in student learning outcomes in the experimental class with an average difference of 28.148 units and a significance value of < 0.001. Thus, the use of Socrative media is proven effective in improving student learning outcomes in Accounting.

Keywords: Socrative, Learning Outcomes

 

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media Socrative terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMK PGRI 2 Bojonegoro. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan kelas eksperimen yang menggunakan Socrative dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan Paired Samples T-Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan selisih rata-rata sebesar 28.148 unit dan nilai signifikansi < 0.001. Dengan demikian, penggunaan media Socrative terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi.

References

Hidayah, S. T. N. (2022). Pengaruh media pembelajaran Socrative terhadap motivasi dan hasil belajar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Budhiartini, B. N., Junaidi, E., & Anwar, Y. A. S. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Socrative untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia kelas X SMA. Chemistry Education Practice, 7(1).

Wahyuni, S., Mujiyanto, J., Rukmini, D., & Fitriati, S. W. (2019). Persepsi guru terhadap penggunaan socrative sebagai media penilaian interaktif. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 309-314).

Abdullah, A., Copriady, J., Holiwarni, B., Herdini, H., & Ardiansyah, A. (2021). Pembuatan media pembelajaran berbasis socrative untuk meningkatkan literasi digital guru di Kecamatan Pangkalan Kuras. Publ. Pendidik, 11(1), 42.

Hasan, P. A., Firman, F., Rahman, S. R., Nurdin, G. M., Ariandi, A., Sari, A. P., ... & Nursyamsi, S. Y. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Quizziz dan Socrative sebagai Alternatif Asesmen Daring. SIPAKARAYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 66-70.

Saputro, B. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Socrative Guna Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X DPIB di SMK Negeri 5 Surakarta.

Nadira, A., Wirasetiawan, M. A., Hizriani, N., & Afifah, M. (2024). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Online Menggunakan Aplikasi Socrative Pada Kelas VIII MTs At-Tarbiyah Ad-Diniyah Gersik. ARABIA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 2(02), 76-86.

Amani, A. Z. Efektivitas Kuis Socrative sebagai Media Penilaian Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

Roviqoh, L. A. (2021). The effectiveness of socrative in learning reading comprehension at ninth grade of junior high school al hidayah. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(27).

Nuriyawan, A., & Wibawa, S. C. (2020). Studi komparasi penggunaan platform socrative dan classdojo di kelas google classroom. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 262-272.

Rohman, N. A., Hidayat, T., & Novianti, D. E. (2020). Pengaruh penggunaan Google Classroom

dalam pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS-3 pada masa pandemi di SMA Negeri 1 Kedungadem.

Downloads

Published

2025-06-17

Issue

Section

Articles