Pengaruh Model TGT-Quizizz terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa SMK
Keywords:
Teams Games Tournament (TGT), Quizizz, Hasil Belajar, IPS, Pembelajaran KooperatifAbstract
Abstract
This research aimed to examine the effectiveness of the Teams Games Tournament (TGT) learning model combined with Quizizz media in improving the learning outcomes of tenth-grade students in Social Sciences at SMK Al-Kyai Sukosewu. Using a quantitative approach with a One Group Pretest-Posttest design, the study found that the learning outcome data were normally distributed. Furthermore, the t-test analysis revealed a significant difference between pretest and posttest scores (significance 0.00 < 0.05). This result indicates that implementing the TGT learning model, assisted by Quizizz, significantly enhances student learning outcomes. Beyond the academic gains, it also fosters student motivation and engagement by creating a more enjoyable and competitive learning environment, while facilitating the understanding of Social Sciences concepts through team collaboration and interactive media.
Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Quizizz, Learning Outcomes, Social Studies, Cooperative Learning.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang dipadukan dengan media Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Al-Kyai Sukosewu pada mata pelajaran IPS. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest, studi ini menemukan bahwa data hasil belajar terdistribusi normal, dan analisis uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest (signifikansi 0,00 < 0,05). Hasil ini mengindikasikan bahwa penerapan model pembelajaran TGT berbantuan Quizizz efektif secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, tidak hanya dalam peningkatan nilai akademik tetapi juga dalam menumbuhkan motivasi dan keterlibatan siswa melalui suasana belajar yang lebih menyenangkan dan kompetitif, serta membantu pemahaman konsep IPS melalui kolaborasi tim dan penggunaan media interaktif.
References
Abdullah, K., Saputra, N., & Zaini, M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Al Wahida, S. Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Quizizz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta].
Amala, Y. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Ips Kelas Viii Di Smpn 1 Kalitidu. Skripsi Sarjana, Ikip Pgri Bojonegoro.
Amin, K. A., Fadilah, N., & Garancang, S. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 42–43.
Aris, M., Kasiyun, S., & Setianingsih, A. (2023). Penıngkatan Hasıl Belajar Sıswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( Tgt ) Di Sdn Bulak Rukem I / 258 Surabaya Ppg Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Sdn Bulak Rukem I / 258 Surabaya Sdn Bulak Rukem I / 258 Surabaya. 01, 332–337.
Asba. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di SDN 3 Dadakitan, Kabupaten Tolitoli. Jurnal Ideas Publishing, 5(1).
Sutiah, D., & Pd, M. (2020). Konsep Dasar Teori Belajar dan Proses Pembelajaran. NLC.
Dayanti, R. N., dkk. (2020). Dampak Penerapan Metode Ceramah dengan Bantuan PowerPoint dan Quizizz terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Psikomotorik pada Mata Pelajaran Desain Grafis di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 4(4), 1190–1192. Diakses dari http://jptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7164
Destriani, S. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS di Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 2(9), 1568–1574.
Dhakar, R. A., & Andaryani, E. T. (2024). Efektivitas Model TGT yang Dipadukan dengan "Quizizz Paper Mode" terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Petompon 02 Kota Semarang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3). https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.14776
Hariati, I. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Questions Card Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Kelas Vii Smp Plus Al-Amanah Tahun Pelajaran 2023/2024. Repository Ikip Pgri Bojonegoro. Repository.Ikippgribojonegoro.Ac.Id
Ilham Ramadhan. (2023). Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) yang Didukung Media Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Argopuro 1 Tahun Ajaran 2022/2023.
Indrawati, MTEFL. (2016). Modul Pelatihan Widyaiswara Inpassing Berbasis E-Learning (hlm. 6–8).
Istiadah, F. N. (2020). Ragam Teori Belajar dalam Dunia Pendidikan. Edu Publisher.
Rasul, A. (2022). Statistika dalam Pendidikan Matematika. Jawa Timur: Creator Cerdas Indonesia.
Mawarni, P. Y., dkk. (2023). Implementasi Model Teams Games Tournament berbantuan Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6325–6326.
Nurul Audie. (2019). Kontribusi Media Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, 1, 594.
Rosihin. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe TGT pada Mata Pelajaran PAI. Universitas Muhammadiyah Magelang. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v16i1.4952
Aris, M., Kasiyun, S., & Setianingsih, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif TGT di SDN Bulak Rukem I/258 Surabaya. Laporan PPG Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, 01, 332–337.
Pendidikan, S. (2024). Naskah Akademik Sebagai Pemenuhan Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan.
Rohmatin, Ali Mujahiddi, M.M., & Rika Pristian Fitri A., M.P. (2024). Penggunaan Model Kooperatif Tipe TGT di Kelas VII-H SMP Negeri 1 Kalitidu.
Sari, D. (2021). Infrastruktur sebagai Faktor Pendukung Kualitas Pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembangunan, 15(3), 125–138.
Sari, D. (2021). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slavin, R. E. (2015). Pembelajaran Kooperatif: Teori, Riset, dan Praktik (Edisi ke-3). Pearson.
Sri & Damayanti, M. T. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Tipe TGT terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 236. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. Purbalingga: Eureka Media Aksara
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 55. Https://Doi.Org/10.31869/Ip.V7i1.2281
Wahyuni, D. T., & Arisona, R. D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 4(1), 82.
Widyawati, A. S. (2024). The Influence Of The Teams Games Tournament (Tgt) Type Learning Model Assisted By Quizizz On The Social Sciences Learning Outcomes Of Class Vii Students At Mts Muhammadiyah 2 Jenangan [Thesis, Ponorogo State Islamic Institute].
Yusuf, M. (2021). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Pendidikan Abad 21. Rajawali Pers.