Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama Siswa Kelas Xi TKJ Di SMK Pelita Harapan Padangan

Authors

  • Jelita Tri Kusuma Wardani
  • Neneng Rika Jazilatul Kholidah
  • fifi Zuhriah

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Guru, Sikap Toleransi, Siswa.

Abstract

Abstract

This study aims to implement each student in the subject of Citizenship Education class XI TKJ SMK Pelita Harapan Padangan. This study aims for Education in particular, teachers have an active role in building an attitude of tolerance towards others without distinguishing ethnicity, religion, race, culture, and so on. Through a descriptive approach, the data in the study were generated by applying three main techniques, namely observation, interviews, and documentation. In order to see and increase students' awareness of moral values, community life skills. The results show that students do not feel isolated in the school environment because of religious differences and can socialize with friends of different religions and foster an attitude of mutual respect, respect, and tolerance. With this approach, it effectively helps students to maintain friendships with each other.

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan mengimplementasi setiap siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI TKJ SMK Pelita Harapan Padangan. Penenelitian ini bertujuan untuk Pendidikan khususnya, guru meiliki peran aktif untuk membangun sikap toleransi kepada sesama tanpa membedakan suku, agama, ras, budaya, dan sebagainya. Melalui pendekatan deskriptif, data dalam penelitian tersebut dihasilkan dengan menerapkan tiga teknik utama, yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi. Guna melihat dan meningkatkan kesadaran siswa terhadap nilai -nilai moral, kecakapan hidup bermasayarakat. Hasilnya menunjukkan agar siswa tidak merasa terkucilkan di lingkuangan sekolah  karena perbedaan agama dan bisa bersosialisasi bersama teman beda agama serta menumbuhkan sikap saling menghargai, menghormati, dan tenggang rasa. Dengan pendekatan ini secara efektif membantu siswa agar saling menjaga pertemanan.

References

Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 103-109.

Ahmad, H.A., & Najicha, F.U. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Sikap Toleransi Beragama Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 56-65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v10u1.y2023.p56-65.

Akbal, M. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pembangunan Karakter Bangsa, Seminar Nasional : Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global, 485-493.

Asyari, D. & Anggraeni Dewi, D. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi.

Bakar, A. (2015). Konsep Toleransi dan Kebebasan Beragam, Jurnal Media Komunikasi Umat Beragama. UIN Syarif Kasim Riau, 7(2), 123–131.

Casram, C. (2016). Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 1(2), 187–198. https://doi.org/10.15575/jw.v1i2.588

Dewi, Y. A., & Mardiana, M. (2023). Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Multikultural Pada Siswa Sekolah Dasar. PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 3(1), 100. https://doi.org/10.20527/pakis.v3i1.7535

Febriani, N. (2022). Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Siswa di SD My Little Island Malang. Skripsi oleh. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 3).

Fifi Zuhriah, dkk (2020), ANALISIS FAKTOR DAN DAMPAK PELANGGARAN TATA TERTIB TERHADAP KEBIJAKAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 GONDANG.

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419 84–92.

Madiong, B. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education. Makasar: Celebes Media Perkasa.

Moleong, L. J. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

NRJ Kholidah, ED Saputri, (2019). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. Jakarta. Rajawali Pers.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705.

Praharani, D. A., & Sukmayadi, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membentuk Kepribadian Gen Z di Era 5.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 66-74, https://doi.org/10.32493/jpkn.v.10i2.y2023.p66-74.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 33-45. http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Saidurrahman. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan NKRI Harga Mati. Jakarta: KENCANA.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat eksploratif, enterpreatif, interaktif dan kontruktif. Bandung : Alfabet a.

Syam, N. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar Melalui Model Pengajaran Bermain Peran. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(3), 108–112

Tohri, A. dkk. 2021. “Indeks Toleransi Antarumat Beragama di Kabupaten Lombok Timur”. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 10 (3). Diakses: Maret 2022.

Ulfatun Nikmah, “Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA di SDN Karangan Balong Ponorogo”, Skripsi, Istitut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2018, hlm. 30

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widhayat, W., & Jatiningsih, O. (2018). Sikap Toleransi Antarumat Beragama pada SMA Muhammadiyah 4 Porong. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 6(2), 596–610.

Widiatmaka, P., & Purwoko, A. A. (2017). Civic Education as a Vehicle to Build Student Tolerance Character. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(2), 171–186. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.02.8

Zulyadain, Z. (2018). Penanaman Nilai-nilai Toleransi Beragama pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 10(1), 123–149. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v10i1.146

Downloads

Published

2025-07-10

Issue

Section

Articles