Analisis Kualitas Produk dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Tiktok Live pada Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro

Authors

  • Riska Fitriyani
  • Taufiq Hidayat IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ali Noerdin

Keywords:

Kualitas Produk, Diskon, Keputusan Pembelian

Abstract

This study aims to determine whether there is an influence between product quality and discounts on purchasing decisions through TikTok Live, or vice versa, there is no influence. This study applies a quantitative approach. Sample selection was carried out using a non-probability sampling technique, namely the purposive sampling method, with a total of 68 respondents. Data collection was carried out by distributing questionnaires to respondents, namely students of economics education at IKIP PGRI Bojonegoro. Data processing was carried out using multiple linear regression, and hypothesis testing through the T Test and F Test. Based on the results of partial hypothesis testing, the product quality variable has a significance value of 0.162 which is greater than 0.05 so that it does not affect purchasing decisions through TikTok Live, so it cannot be stated that it has a significant influence, and discounts on purchasing decisions through TikTok Live have an influence of 26.8%. From this statement, it can be concluded that the product quality variable does not have a significant effect on purchasing decisions through TikTok Live while Discounts have a significant effect on purchasing decisions through TikTok Live. Based on the results of multiple regression analysis, it can be concluded that the product quality variable (X1) does not have a positive influence on purchasing decisions via TikTok Live, and Discount (X2) has a positive influence on purchasing decisions via TikTok Live.

Keywords: Product Quality, Discount, Purchase Decision

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas produk dan diskon terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live, atau sebaliknya, tidak terdapat pengaruh. Dalam Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling, yaitu metode purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 68 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap responden, yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis melalui Uji T dan Uji F. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara persial variabel kualitas produk memiliki nilai signifikansi sebesar 0,162 yang lebih besar dari 0,05 sehingga  tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live, maka tidak dapat dinyatakan memiliki pengaruh secara signifikan, dan diskon terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live memiliki pengaruh sebesar 26,8%. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live sedangkan Diskon berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk (X1) tidak memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live, dan Diskon (X2) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian melalui TikTok Live.

References

alghifari yuisuif & rahayui muiji. (2021). PEiNGARUiH DISKON, KUiALITAS WEiBSITEi, PEiRSEiPSI RISIKO DAN KEiPEiRCAYAAN TEiRHADAP KEiPUiTUiSAN PEiMBEiLIAN PADA ONLINEi SHOP SHOPEiEi: STUiDI PADA MAHASISWA UiNIVEiRSITAS MUiHAMMADIYAH PUiRWOKEiRTO.

Astuiti fitri pristian. (2022). Peingaruih Citra Meireik Dan Kuialitas Peilayanan Ei-Commeircei Shopeiei Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Pada Mahasiswa Peindidikan Eikonomi. Juirnal Peindidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(2), 439–448. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.546

Ameilisa Lisa. (2016). ANALISIS PEiNGARUiH KUiALITAS PRODUiK DAN HARGA TEiRHADAP KEiPUiTUiSAN PEiMBEiLIAN GUiLA TEiBUi.

Muijahidin, A., & Eirna Novianti, D. (2023). Prosiding Nasional Peindidikan: LPPM IKIP PGRI Bojoneigoro 15 Aguistuis 2023 Prosiding Nasional Peindidikan: LPPM IKIP PGRI Bojoneigoro Teima: Peiluiang dan Tantangan Artificial Intteileigeint (AI) dalam Duinia Peindidikan.

Muintamah, Eikonomi, F., Tinggi, S., Eikonomi, I., & Bojoneigoro, C. (2024). Analisis Peingaruih Kuialitas Produik Dan Harga Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Meilaluii Shopeiei Livei Pada Mahasiswa Manajeimein Stiei Ceindeikia Bojoneigoro.

Rahma Yuini. (2023). Juirnal Mirai Manageimeint Peingaruih Discouint, Kuialitas Produik, Gratis Ongkir Dan Livei Streiaming Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Peingguina Tiktok Shop. Juirnal Manageimeint, 8(3).

Sitanggang, A. S. dkk, Soleihin, F., Rafi, R. D., & Wirasoeimantri, H. (2024). Inovasi Eikonomi dan Bisnis PEiNGARUiH DISKON PADA LIVEi STREiAMING TIKTOK SHOP TEiRHADAP MINAT BEiLI KONSUiMEiN. https://jouirnalpeidia.com/1/indeix.php/ieib

Tauifiq, I., & Rahmadani, B. (2023). Peingaruih Peingguinaan Tiktok Livei teirhadap Sikap Peircaya Diri Mahasiswa Uiniveirsitas Islam Riaui. 10(7). https://doi.org/10.36418/syntax-liteiratei.v6i6

Downloads

Published

2025-06-17

Issue

Section

Articles