Pengaruh Model Pembelajaran Ricosre terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA N 1 Soko
Abstract
Abstract
This research aims to determine the effect of the RICOSRE learning model on the learning outcomes of students in the Economics subject in class XI-F7 at SMA N 1 Soko. A quantitative approach was used with pretest and posttest methods as data collection instruments. The analysis results indicate a significant improvement between the scores before and after the implementation of the RICOSRE model. This model encourages students to actively read, identify problems, formulate solutions, and reflect on the learning process, thereby enhancing understanding and critical thinking skills. The application of RICOSRE has also been shown to increase student participation and self-confidence during the learning process. However, time constraints have been identified as one of the challenges in its implementation. The findings of this study are supported by previous research that demonstrates the effectiveness of the RICOSRE model in improving learning outcomes. Therefore, the RICOSRE learning model can be considered an alternative for creating more interactive and meaningful learning experiences in the classroom.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi di kelas XI-F7 SMA N 1 Soko. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode pretest dan posttest sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan antara nilai sebelum dan sesudah penerapan model RICOSRE. Model ini mendorong siswa untuk aktif membaca, mengidentifikasi masalah, menyusun solusi, dan merefleksi proses pembelajaran, sehingga meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis. Penerapan RICOSRE juga terbukti meningkatkan partisipasi dan rasa percaya diri siswa selama proses belajar. Kendati demikian, keterbatasan waktu menjadi salah satu tantangan dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian ini diperkuat oleh studi sebelumnya yang menunjukkan efektivitas model RICOSRE dalam meningkatkan capaian belajar. Dengan demikian, model pembelajaran RICOSRE dapat dijadikan alternatif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan bermakna di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fradani, A. C., & Astuti, R. P. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Komik untuk siswa di SMK Negeri 1 Bojonegoro. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 8 (2), 111
Fradani, A, C., Rosyida, F., Khasanah, S. K. (2018) Eksperimentasi Model Pembelajaran Probing Promting yang didukung Metode Resitasi Terhadap Hasil belajar Pada Mata Pelajaran IPS di MTS ABU DARRIN Bojonegoro,6(2). 50-56
Haka, N. B., dkk. (2023). Model Pembelajaran RICOSRE Berbantuan Podcast Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi dan Berpikir Analisis pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI. Journal of Hypermedia & Technology-Enhanced Learning, Vol. 1, No. 1, Hal: 15-22.
Khasanah, M., dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Ricosre Berbantuan Videoscribe dan Quizziz terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 8 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 5(1): 1-9.
Mahanal, S., dan Zubaidah, S. (2020). Model pembelajaran Ricosre yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5): 676-685.
Putri, Prianka Delvina Putri (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Ricosre Secara Online Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Pada Materi Virus Dan Bakteri Siswa Kelas X SMA 3 Malang. Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) departemen biologi.
Rini, T. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Ricosre Terhadap Literasi Sains Dan Self Esteem Peserta Didik Kelas X Di Sma Negeri 14 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumiati, I. D., dkk. (2018). Potensi Pembelajaran RICOSRE pada Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10): 1319-1322.
Sumiati, I. D., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2021). Potensi Pembelajaran RICOSRE pada Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(10), 1319-1322
Sundari, P. D., dan Sarkity, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2): 149-161.
Zahra, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE terhadap Keterampilan Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Reproduksi (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 16 Garut Tahun Ajaran 2023/2024) (Disertasi Doktor). Universitas Siliwangi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.