Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Pictorial Riddle terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMPN 4 Bojonegoro
Abstract
Abstract
This study aims to examine the impact of the Guided Inquiry learning model supported by Pictorial Riddle media on the social studies learning achievement of grade VII students at SMPN 4 Bojonegoro. The method applied in this study is quantitative with a one-group pretest-posttest design. Data were taken through exams and notes. The results of the study showed that student learning achievement increased after the use of the Guided Inquiry learning model supported by Pictorial Riddle media. This can be seen from the increase in students' average scores from pretest to posttest. Before the application of the model, students' scores were in the sufficient to poor category, while after the application of the model, there was an increase to the sufficient to good category. Therefore, there is a significant impact of the Guided Inquiry learning model supported by Pictorial Riddle media on student learning outcomes. This is evident from the results of the paired sample t-test statistical analysis which showed a significance value (p-value) <0.05, which indicates a significant difference between the pretest and posttest scores. In addition, the Cohend's value of 1.45 shows that in addition to being statistically significant, the applied learning model also has a very large practical impact on improving student learning achievement. In other words, the guided inquiry learning model supported by pictorial riddle media can be an efficient choice to improve the social studies learning outcomes of grade VII students at SMPN 4 Bojonegoro.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak model pembelajaran Guided Inquiry yang didukung oleh media Pictorial Riddle terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 4 Bojonegoro. Metode yang diterapkan dalam studi ini adalah kuantitatif dengan desain pretest-posttest satu kelompok. Data diambil melalui ujian dan catatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian belajar siswa meningkat setelah penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry yang didukung oleh media Pictorial Riddle. Ini terlihat dari pertambahan nilai rata-rata siswa dari pretest ke posttest. Sebelum penerapan model, nilai siswa berada di kategori cukup hingga kurang, sedangkan setelah penerapan model, terjadi peningkatan ke kategori cukup hingga baik. Oleh karena itu, ada dampak yang signifikan dari model pembelajaran Guided Inquiry yang didukung oleh media Pictorial Riddle terhadap hasil belajar siswa. Ini terbukti dari hasil analisis statistik paired sample t-test yang menunjukkan nilai signifikansi (p-value) < 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Selain itu, nilai Cohend’s yang mencapai 1,45 menunjukkan bahwa selain signifikan secara statistik, model pembelajaran yang diterapkan juga memberi dampak yang sangat besar secara praktis terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Dengan kata lain, model pembelajaran guided inquiry yang didukung media pictorial riddle dapat menjadi pilihan yang efisien untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 4 Bojonegoro.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
‘Aini, N. A., Khoiri, A., & Sugiyanto, B. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBASIS PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA MTs MAARIF TIENG, 4(1), 350–357.
Amrulloh, Aliyah, N. darajaatul, & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTS Darul HikmahLangkap Burneh Bangkalan. Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 5(1), 188–200.
Arif, S., & Asikhin, F. N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Metode Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Syaiful, 12(September), 936–944.
Azizah, N. N., Indrawati, & Ahmad, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri disertai Media Pictorial Riddle pada Materi Kalor dan Perpindahannya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 7(1), 9–18.
Cuhanazriansyah, M. R., Amin, A. K., Day, A, R., & Muna, Z. F. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Augmented Reality.
Febrian, R. R., & Darmawan, D. (2025). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SETINGKAT MENENGAH PERTAMA, 5, 1647–1666.
Fradani, A. C., Rosyida, F., & Khasanah, S. K. (2018). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING YANG DIDUKUNG METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS ABU DARRIN BOJONEGORO, 6(2), 50–56.
Habsyi, F. Y. (2020). PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NUSANTARA TAURO, 2(1), 13–22.
Haris Munandar. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Jaya Negara Makassar. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(1), 90–98.
Kusuma, A. S. H. M., & Busyairi, A. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Metakognitif Dan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Perkuliahan Pendidikan IPA SD, 5.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu., 5(5), 3(2), 524–532. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Puspitasari, R. D., & Rusmawati, R. D. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERPENGARUH TERHADAP PEMAHA
MAN DAN PENEMUAN KONSEP DALAM, 3(April 2019), 96–107.
Rukminingsih, M. P., Dr. Gunawan Adnan, MA., P. ., & Apa Prof. Mohammad Adnan Latief, M.A., P. D. (2020). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENELITIAN KUANTITATIF, PENELITIAN KUALITATIF, PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis.
Salsabilla, A., & Darmawan, D. (2024). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SETINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS The, 4, 1246–1265.
Stevani, F., Saputri, E. D., Fradani, A. C., Asror, A. G., & Estari, S. A. (2024). PERMAINAN ULAR TANGGA MODIFIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF UNTUK SISWA SDN GONDANG 3 BOJONEGORO, 2(3).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.