Analisis Pemanfaatan Google Maps (My Bussines) sebagai Media Promosi Digital dalam Meningkatkan Penjualan Usaha Ternak Bibit Lele di “Al Kaff” Desa.Pungpungan Kec.Kalitidu Kab.Bojonegoro
Abstract
Abstract
This study aims to explain efforts to increase sales in catfish seed farming businesses in "al kaff" pungpungan village, Kalitidu district, Bojonegoro regency through registering business locations on Google Maps. The main problems faced by "al kaff" UMKM pungpungan village are the limited reach of product marketing and limitations in the use of digital technology in business activities. The research method used in this study is the qualitative phenomenological method. The results of this study indicate that registering a business location on Google Maps is the most effective step to expand market reach in an effort to increase sales of UMKM in "al kaff" pungpungan village. Businesses that have been registered will have a greater chance of being found by potential customers, which in the end can increase product sales and the profits obtained by UMKM actors will increase. In addition, UMKM actors can also gain new knowledge about the use of digital technology to promote their businesses by registering UMKM locations on Google Maps.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya peningkatan penjualan pada usaha ternak bibit lele di “al kaff” desa pungpungan kec. kalitidu kab. bojonegoro melalui pendaftaran lokasi usaha di Google Maps. Permasalahan utama yang dihadapi oleh UMKM “al kaff” desa pungpungan yaitu kurang luasnya jangkauan pemasaran produk dan keterbatasan terhadap penggunaan teknologi digital dalam kegiatan usaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendaftaran lokasi usaha di Google Maps adalah langkah yang paling efektif untuk memperluas jangkauan pasar dalam upaya peningkatan penjualan UMKM yang ada di “al kaff” desa pungpungan. Usaha yang telah didaftarkan akan memiliki peluang yang lebih besar untuk ditemukan oleh para calon pelanggan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk dan keuntungan yang didapat oleh para pelaku UMKM akan semakin bertambah. Selain itu, para pelaku UMKM juga dapat menambah pengetahuan baru mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk melakukan promosi usahanya melalui pendaftaran lokasi UMKM di Google Maps.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahya, B. T., Widyarani, E., Rohmah, F., & Islamiah, M. H. (2022). Urgensi E-Marketing Berbasis Google Maps pada Keberlangsungan Usaha Entrepreneur Muslim (Studi pada Kabupaten Demak). Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 20(1), 126-142.
Fradani, A. C., & Rika Pristian FA, R. P. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta (Studi Pada IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Gici, 8(1), 37-46.
Haq, F. U. (2020). Penggunaan Google Review Sebagai Penilaian Kepuasan Pengunjung Dalam Pariwisata. Tornare: Journal of Sustainable and Research, 2(1), 10-12.
Hermawansyah, A., Nirmala, S., Putri, N. B. A. M. R., Zakaria, A., Marwan, A., Parapat, F. R. Z., & Malik, S. (2023). PEMASANGAN TITIK GOOGLE MAPS DAN SPANDUK SEBAGAI ALAT PROMOSI DALAM PERLUASAN JARINGAN PENJUALAN UMKM DI RT. 17 KELURAHAN KARANG JOANG. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(9), 989-994.
Ikerismawati, S., Sholiha, I., & Hardiyanti, S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Google Maps dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1294-1302.
Kulsum, U., & Rizal, L. F. (2023). Upaya Peningkatan Penjualan Pada UMKM Dusun 3 Desa Pamanukan Melalui Pendaftaran Lokasi Usaha Di Google Maps. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(5).
Mujahidin, A., & Aminah, S. (2021). Peningkatan Kapasitas Digital Marketing Berbasis Google My Business bagi Pelaku UMKM Bojonegoro. Jurnal Abdimas IKIP PGRI Bojonegoro, 3(2), 98-107.
Pambudi, M. S., Wiska, M., Purwanto, K., & Gusteti, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Google Maps Sebagai Sarana Promosi Terhadap Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Nagari Koto Padang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1562-1571.
Rohim, R., Erlinda, I., Sholihah, E. L., Firmansyah, F. R., & Andriani, F. (2022). Digitalisasi UMKM Melalui Pelatihan Google Maps dan Pemasaran Online. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 5(2), 14-29.
Setyawan, D. H., Cahyati, A. D., & Putra, P. (2024). UPAYA PENINGKATAN BISNIS DENGAN DIGITAL BRANDING PEMBUATAN LOKASI UMKM MELALUI APLIKASI GOOGLE MAPS DI DESA SIRNAJAYA. An-Nizam, 3(2), 67-74.
Utomo, F. C., Harri, M., Surya, N., Firdaus, R., Elviana, E., Rahayu, N. D., ... & Sulthoni, A. (2024). APLIKASI GOOGLE MAPS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DI DESA TUGU UTARA. SIKAMA: Sinergi Akademisi dan Masyarakat, 2(2), 45-49.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.