Kegiatan Pembelajaran Terbantukan oleh Classroom dengan Model PBL (Problem Based Learning)
Abstract
Abstract
This study aims to analyze the role of effective classroom management using Classroom in supporting and improving the effectiveness of the implementation of the Problem-Based Learning (PBL) learning model in Social Sciences (IPS) subjects for grade 9 at Junior High School (SMP) Negeri 1 Ngasem Bojonegoro East Java. PBL (Problem Based Learning), which emphasizes authentic problem solving, requires a conducive learning environment and active student participation. However, without adequate classroom management, the potential of PBL may not be optimally achieved, especially in managing group dynamics and student learning independence, especially in IPS subjects for grade 9. This study uses a quantitative approach with [research design] on students and IPS teachers of SMP Negeri 1 Ngasem East Java. The results of the study are expected to provide an in-depth understanding of classroom management strategies that are crucial for the success of PBL in the context of IPS, as well as its implications for teacher learning practices
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen kelas yang efektif yang menggunakan Classroom dalam mendukung dan meningkatkan efektivitas implementasi model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 9 di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ngasem Bojonegoro Jawa Timur. PBL )Problem Based Learning), yang menekankan pemecahan masalah otentik, menuntut lingkungan belajar yang kondusif dan partisipasi aktif siswa. Namun, tanpa manajemen kelas yang memadai, potensi PBL mungkin tidak tercapai optimal, terutama dalam pengelolaan dinamika kelompok dan kemandirian belajar siswa terutama mata pelajaran IPS kelas 9. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan [desain penelitian] pada siswa dan guru IPS SMP Negeri 1 Ngasem Jawa Timur. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang strategi manajemen kelas yang krusial untuk keberhasilan PBL dalam konteks IPS, serta implikasinya bagi praktik pembelajaran guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(2022) / Articles “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX Smp Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022”
https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JPPG/article/view/7114 “Penggunaan Aplikasi Google Calssroom Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Masa Pandemi”
https://www.gnu.org/software/pspp/
https://pe.feb.unesa.ac.id/post/pspp-perangkat-lunak-gratis-pengganti-spss
https://www.spssindonesia.com/2019/01/cara-membaca-nilai-r-tabel-product-moment.html
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.