Eksperimentasi Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Canva

Heti Handayani, Rika Pristian Fitri Astuti, Dian Ratna Puspananda

Abstract


Abstract

This study aims to determine the effectiveness of implementing Project-Based Learning assisted by Canva interactive media on the academic achievement of class X students in Economics at SMA Negeri 1 Kedungadem. Using a quasi-experimental design with a pretest-posttest control group, two classes were selected through purposive sampling: X-7 as the control group and X-8 as the experimental group. Data were collected through multiple-choice tests, which were confirmed to have a normal distribution and homogeneous variance. An Independent Samples Test was conducted to ensure that the initial abilities of both groups were equivalent. The results of the independent t-test on the post-test showed a significant difference (t = 5.418, p = 0.000), indicating that Canva-assisted Project-Based Learning significantly improved students' academic achievement in Economics.

Abstrak

Tujuan Kajian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat efektivitas  model Project Based Learning yang didukung oleh media interaktif Canva terhadap hasil belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Kedungadem. Penelitian menggunakan rancangan kuasi-eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest control group. Dua kelas dipilih secara purposive sampling, yakni kelas X-7 sebagai kelompok kontrol dan kelas X-8 sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda yang telah melalui uji normalitas distribusi dan homogenitas varians untuk memastikan validitas data. Selanjutnya, uji Independent Samples Test diaplikasikan untuk mengonfirmasi kesetaraan kemampuan awal kedua kelompok sebelum perlakuan. Analisis t-test independen pada hasil post-test mengungkapkan adanya perbedaan signifikan (t = 5,418, p = 0,000), yang menandakan bahwa penggunaan Project Based Learning dengan dukungan media Canva memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan prestasi akademik siswa pada mata pelajaran Ekonomi.


Keywords


Project Based Learning, Media interaktif Canva, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2012). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning – Third Edition, 42(5), 41–43. https://doi.org/10.1002/9781118255971

Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). The Demonstration Approach as a Strategy to Enhance Student Academic Achievement. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158.

FEBY, F. Z. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Visualterhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Multimedia Pada Mata Pelajaran Prakarya Retrieved from https://repository.unpam.ac.id/8765/

Firisqina, N., Mujahidin, A., & Astuti, R. P. F. (2024). Pengaruh Model Pjbl Berbasis Tpack Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMKN Trucuk. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 2, pp. 189–200).

Irmawati, S. D., Fradani, A. C., & (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI-5 SMA Negeri 1 Balen. Prosiding Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/2747

Kamila, C., Gofur, A., & Iryani, E. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbasis Media Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X DPIB dalam Memahami Hubungan Antara Kerajaan Hindu-Budha dan Kerajaan Galuh. Jurnal Wahana Pendidikan, 11(2), 393. https://doi.org/10.25157/jwp.v11i2.15381

Kholidah, L. N., Hidayat, S., Jamaludin, U., & Leksono, S. M. (2023). Studi Kasus Sate Bandeng (Chanos chanos) untuk Penguatan Nilai Kearifan Lokal dan Pengembangan Karakter Siswa SD melalui Etnosains dalam Pembelajaran IPA Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4165–4177.

Pratama, A. (2024). Peningkatan Prestasi Akademik Siswa di Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Jambi dari Hasil Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Platform Digital Canva.

Wahyuni, P., Amaliyah, N., & Irdalisa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Dukungan Media Digital Canva terhadap Motivasi dan Kreativitas Siswa pada Materi Pelestarian Tumbuhan dan Hewan dalam Pelajaran IPA. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(3), 167–178.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.