Pengaruh Model Index Card Match terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa
Abstract
Abstract
The study is based on the use of the lecture method repeatedly which in the reaching of suboptimal learner cognitive learning ac hievements in Economics course, making students not optimally inolved in learning. The purpose of this study is to analyze the effect of the Index Card Match learning model on improving student’s cognitive learning outcones, especially on the material of money supply and demand. This research at hand applies a quantitative approach with the design used a pretest-posttest design. Students of class XI SMA Negeri 1 Kedungadem became the research subject. The number of randomly selected students was 36. Data collection techniques included observation, documentation, and tests. The average score of the students increased significantly according to the results, from 57,33 in the pretest to 87.56 in the posttest. The significance value of 0.000 which is < 0.05 from the paired sample t-test statistical test proves that the implementation of the ICM model has a real effect on the achievement of student learning outcomes. The Index Card Match model is proven to be effective in creating active and participatory learning, and is also able to strengthen students' mastery of economic concepts based on these findings
Abstrak
Studi di latarbelakangi olh penggunaan metode ceramah secara berulang-ulang yang mengakibatkan capaian hasil belajar kognitif siswa yang belum optimal di dalam mata pelajaran ekonomi, membuat siswa tidak terlibat secara optimal dalam pelajaran. Studi ini memiliki tujuan guna menganalisis pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap peneingkatan hasil belajar kognitif siswa, terutama pada materi permintaan dan penawaran uang. Studi ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan yang dipakai menggunakan desain pretest-posttest. Siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Kedungadem menjadi subjek penelitian. Jumlah dsri siswa yang dipilih secara acak adalah 36. Teknik mengumpulkan data meliputi observasi, test, dan dokumentasi. Nilai rata-rata dari siswa meningkat secara signifikan menurut hasil penelitian yang ada, dari 57,33 pada pretest hingga 87,56 pada posttest. Nilai signifikansi 0,000 yang mana < 0,05 dari uji statistik paired sample t-test membuktikan bahwa pelaksanaan dari model ICM berpengaruh nyata terhadap pencapaian hasil belajar siswa model tersebut terbukti efektif menciptakan pembelajaran aktif lalu partisipasif, juga mampu memperkuat penguasaan konsep ekonomi siswa berdasarkan temuan ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, W. F. (2022). Paradigma Penelitian Kuantitatif. Ilmiah Metodologi .
Astuti, R. P. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Plotagon Terhadap Hasil Belajar di Tinjau Dari Sikap Kreatif Siswa. Jurnal Of Technology.
Bima Saputra, E. &. (2023). The Effect Applying Index Card Match (ICM) Active Learning Strategy on Student Learning Outcomes in Informaton and Communicataion Technology Subjects in Class IX of SMP Negeri 19 Padang. Siber International Journal of Education Technology.
larasati, S. K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi SMAN 8 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 32873-32880.
Wahyuda, W. A. (2024). Strategi Guru Meningkatkan Kompetensi 4C Mata pelajaran Ekonomi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kedungadem. Ikip Pgri Bojonegoro.
Widodo, A. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N egeri 1 Pacing Wedi Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora.
Yuliana, Y. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Index Card Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Jurnal Kajian Biologi, 53-61.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.