Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Blooket tehadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi
Abstract
Abstract
Developments in industrial technology have had a major impact on changes in school learning. The purpose of the study was to determine the impact of Blooket educational game learning media on the results of economics lessons for students in class X-6 at SMA Negeri 1 Parengan Tuban. The researcher used a quantitative approach with a sample consisting of 33 students of class X-6. Data was collected using observation, tests, and documentation. The results showed an increase in student interest in learning after using Blooket media proved to work well with the value of t count> t table (20.450> 2.036) and significance 0.000 <0.05. The average score increased from 56.12 to 84.36. These results indicate that the Blooket educational game media is proven to work well in improving student learning outcomes.
Abstrak
Perkembangan yang terjadi pada teknologi industri telah memberikan dampak besar terhadap perubahan pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian guna mengetahui dampak media pembelajaran game edukasi Blooket terhadap hasil pelajaran ekonomi siswa kelas X-6 di SMA Negeri 1 Parengan Tuban. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel terdiri dari 33 siswa kelas X-6. Data dikumpulkan dengan observasi, tes, serta dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan minat pelajaran siswa setelah menggunakan media Blooket terbukti berjalan dengan baik dengan nilai t hitung > t tabel (20,450 > 2,036) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Rata-rata nilai terjadi peningkatan dari 56,12 menjadi 84,36. Hasil ini menunjukkan bahwa media game edukasi Blooket terbukti berjalan dengan baik dalam peningkatan hasil pembelajaran siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barokah, I., Gumelar, R. E., & Munawaroh, T. (2024). The effect of blooket game towards students’ vocabulary mastery at the seventh-grade students of SMP-IT Mathla’ul Anwar Malingping in Academic Year 2023/2024. Journal of Contemporary Issues in Primary Education, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.61476/76s5tb80
Fradani, A. C. (2024). Eksperimentasi Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro. Journal Of Social Science Research, Volume 4 Nomor 3 Tahun 2024 Page 10812-10821.
Hasanah, H., & Harisantoso, J. (2020). PENGARUH KINERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI MTS NEGERI 1 SITUBONDO. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 7(2), 55–65. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i2.33
Nainggolan, M., Haryati, F., & Lubis, Z. H. (2024). PENERAPAN MEDIA GAMES BLOOKET PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 066050 MEDAN. 10.
Stevani, F., Faradani, A. C., & Laizim, A. (2023). Permainan Ular Tangga Modifikasi sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Siswa SDN Gondang 3 Bojonegoro. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(2), 235. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.3667
Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (Cetakan ke-2). Alfabeta Bandung.
Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530
Tirtanawati, M. R., Astuti, R. P. F., Ika R, O., Mujahidin, A., & Budiyono, S. C. (2024). Penggunaan Web Wordwall Sebagai Bentuk Adaptasi Teknologi Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa Kelas 4 SDN Ledok Kulon 1 Bojonegoro. Jurnal PADI – Pengabdian mAsyarakat Dosen Indonesia, Volume 7 Nomor 1, Mei 2024.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.