Pengaruh Model Scramble Berbantu Kartu terhadap Pencapaian Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kedungadem
Abstract
Abstract
This study aims to identify the significant effect of using the Scramble learning model assisted by card media on student learning achievement in Economics class XI SMA Negeri 1 Kedungadem. The Scramble model is an active learning step that prioritizes the involvement of students when matching, compiling, or finding answers to randomly arranged questions. This research applies a quantitative approach and data collection techniques in the form of tests, observations, and documentation. The research subjects consisted of 36 students of class XI-7. The results of the normality test showed that the data were normally distributed, while the results of the t-test showed a significance value of 0.000 <0.05, which means that there is a significant effect of applying the Scramble model assisted by card media on increasing students' learning achievement. In conclusion, the Scramble learning model assisted by cards was successfully applied to improve students' economic learning achievement
Penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Scramble berbantu media kartu terhadap pencapaian belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Kedungadem. Model Scramble merupakan langkah pembelajaran aktif yang mengutamakan keterlibatan peserta didik ketika kegiatan mencocokkan, menyusun, atau menemukan jawaban dari soal-soal yang disusun secara acak. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif serta teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas XI-7. Data dianalisis menerapkan uji normalitas dan uji hipotesis (uji-t) serta bantuan software SPSS versi 26. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sementara hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model Scramble berbantu media kartu terhadap peningkatan pencapaian belajar peserta didik. Kesimpulannya, model pembelajaran Scramble berbantu kartu berhasil diterapkan guna meningkatkan pencapaian belajar ekonomi peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, R. P. F. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU MEDIA PLOTAGON TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI SIKAP KREATIF SISWA. Journal of Technology, http://dx.doi.org/10.30734/j'thoms.v3i1.3253.
Badriyah, I. R., Akhwani, A., Nafiah, N., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis model pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3651-3659. http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10593.
Hasri, A. P., Gimin, G., & Supentri, S. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS VIII SMP NEGERI 23 PEKANBARU. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (2), 2829-2839. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13517.
Jongu, A., & Bano, V. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Anda Luri Waingapu. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 10(1), 25-36. https://doi.org/10.29407/jbp.v10i1.19584.
Nehru, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Woja. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(3), 10-14.
https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol3.Iss3.1164.
Riana, R., & Gulo, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scramble. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 537-543. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.74.
Syaadah, R, Ary, M. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S.F. (2022). Pendidikan Formal, Pendidikan non formal Dan Pendidikan informal. PEMA,2(2), 125-131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298.
Wahyudah, W. A., Fradani, A. C., & Stevani, F. (2024, July). Strategi Guru Meningkatkan Kompetensi 4C Mata Pelajaran Ekonomi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Kedungadem. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol.2,No.2,pp.19-26). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/KPDI/article/view/2751.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.